Jalan-jalan musim dingin ke Jepang

Apa yang dilakukan seorang mahmuda alias mamah muda setelah semua kerjaan domestik-nya selesai. Ada yang leyeh-leyeh nyantai nonton acara gocip, ada yang baca buku, ngerjain hobby kerajinan tangan, pergi ke pengajian (Subhanallah!), ngeblog/blogwalking, atau nonton drama Asia. Kalo aku sih yang terakhir lah ya, cintaku pada drama Asia pantang surut kayaknya ahahahhahahakss *jujur. Kemarin aku ber-nostalgia nonton dorama-nya Takuya Kimura dan Takako Matsu zaman muda duluuuu. Hayyoooo tebak, ayolaaaaah tebaaaakk, tebaaakk dooooonggg. Ah, yang suka nonton dorama Jepun mesti taulah ya, aku nonton ulang dorama LOVE GENERATION. Kyaaaaakkkkkk. Itu dorama emang favoritku, dan duo pairing itu kenapa sih ga kewong aja di dunia nyata, secara udah klop banget gitu chemistry-nya *ngotot.

love_generation_TCARD

Jadi di dorama Love Generation itu cinta bersemi di musim dingin. Terus banyaklah scene yang menggambarkan suasana dan pemandangan Jepang pas lagi musim dingin. Dan, aku naksiiiiirrrr. Kok indah banget ya, suasanyanya tuh putih bersih, dan syahdu, MasyaAllah. Aku kan jadi pengen ngerasain suasana romantis di musim dingin sama suami. Biar bisa kejar-kejaran ala-ala film India di lahan yang saljunya udah numpuk, terus nanti lempar-lemparan salju, terus suamiku terpana ngeliat pipiku yg merona merah kedinginan, terus… teruusss…. teruusssss…. *imajinasi harus dihentikan sebelum makin liar. Wakakkaka. Ya gitu deh, kayaknya musim dingin di Jepang itu enak banget suasananya, walaupun dingin banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Kalo boleh ngimpi nih yaaa, seandainya aku liburan musim dingin di Jepang hal pertama yang aku lakukan adalah jalan-jalan ke Sapporo dan Otaru. Setiap tahunnya di musim dingin selalu diadakan Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri). Festival ini udah ada sejak tahun 1950. Asal mulanya sih ada sekelompok anak SMA yang membuat patung-patung salju. Lama kelamaan kebisaan membuat patung dari salju tersebut diperbesar dan dijadikan event komersil sehingga menarik banyak turis dan wisatawan. Yang pastinya festival ga boleh dilewatkan karena kita bakalan menyaksikan kreativitas seniman patung salju Jepang yang jempolan.

130

Ini nih karakter Luffy dari One Piece favoritnya suami.

Sapporoedt672

Kalo ini karakter favoritku, bocah ceriwis Maruko-chan.

Satu lagi festival musim dingin yang ga boleh dilewatkan adalah The Otaru Snow Light Path Festival (Otaru Yuki Akari no Michi) yang juga diadakan setiap bulan Februari, di festival itu kita disuguhi keindahan kota berselimut salju yang dihiasi biasan cahaya lampu dan patung-patung salju kecil. Festival Salju Sapporo dan  The Otaru Snow Light Path Festival diadakan di waktu yang sama dan lokasinya lumayan dekat, jadi ini memudahkan kita untuk mengunjungi dua festival ini dalam satu kali perjalanan. Transportasinya juga ga ribet karena bisa naik Japan-Rail yang dikelola oleh East Japan Railways Company (JR East).

dsc008201

Suasanana The OtaruSnow Light Festival, romantis kan kan kan. Sumber : https://mypastinrandom.files.wordpress.com

snow_light_path_fes

Lampu-lampu yang kiyuuuttt. Sumber : www.travelsnow.com.au

Selanjutnya ngapain ?. Mmmm, karena di Indonesia gak ada salju jadi bakalan dipuas-puasin deh main-main salju dengan cara MAIN SKI DAN SNOWBOARDING. Eciiieeeeh gaya bener, kaya bisa aja. Kan namanya ngimpi, sah-sah aja dong. Katanya di Jepang tempat main ski yang enak itu di Gala Yuzawa Resort. Gala Yuzawa Resort adalah wisata untuk bermain dan berolahraga ski. Letaknya ada di gunung daerah Echigo, Perfektur Niigata, 200 km kearah utara Tokyo. Makan waktu perjalanan sekitar 77 menit dari Tokyo dengan Shinkansen. Wuaaaaahhh ngebayangin betapa noraknya diriku kalo bisa ngerasain naik Shinkansen si kereta super cepatnya Jepang itu.

max_shinkansen3

Max-Tanigawa, The Double Dekker Shinkansen. Sumber : jprail.com

Dengan naik Shinkansen ini kita nggak perlu ribet karena perjalanan ini nggak pake transfer atau ganti kereta, jadi udah langsung menuju ke Gala Yuzawa Resort, udah gitu jarak stasiun ke Resort-nya juga dekat. Nih tampilan pemandangan Gala Yuzawa Resort “The Snowy Wonderland” keceeee kan… Asik bener deh kalo bisa ngerasain main ski di sana.

Gala Yuzawa

image_main_02

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Gala Yuzawa dari tanggal 10 January 2015 – 30 April 2015. Fasilitas yang ditawarkan Gala Yuzawa juga lengkap, mulai penyewaan alat dan perlengkapan main ski. Terus, buat kita-kita yang nggak pernah/nggak bisa main ski, ada pelatih profesional yang siap membantu kita. Pssst… mereka menguasai bahasa Inggris kok, jadi nggak perlu bingung karena nggak bisa Nihongo. Terus area ski juga terbagi beberapa tempat, ada Central area, Southern area, Northern area dan Downhill Course. Pilihan area bermain ini sih tergantung dengan tingkat kemahiran kita bermain ski dan snowboarding. Kalo aku bakalan milih main di snow sliding slope dan melody, secara awam dalam dunia permainan ski.

Ngomong-ngomong saat ini, Tokyo Rail Days Indonesia sedang menawarkan paket wisata ke Gala Yuzawa dengan promo Buy 1 get 1 Free. Adududuh ini pas banget buatku yang belum sempat berbulan madu. Bisa jalan-jalan berdua bareng suami cukup dengan membayar untuk satu orang saja. Ngirit gitu ceritanyaaaa… *lagi-lagi bermimpi.

poster+1

poster+2

poster+3(2)

Untuk informasi lebih lanjut, temen-temen yang tertarik dengan promo ini bisa langsuk cek ke website resminyan yakkkk http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/.

Udah puas main ski, terus mau ngapain lagi ?. Mau jalan-jalan ke desa ah, ada satu desa di Jepang yang menarik perhatianku, namanya desa Shirakawa yang menjadi salah satu warisan dunia. Desa ini terletak di lembah sungai Shokawa yang berlokasi di Prefektur Gifu. Pada jaman dahulu Shirakawa-go merupakan daerah yang terisolasi, karena lokasinya dikelilingi pegunungan dan sulit dijangkau.  Desa ini terkenal dengan gasshō-zukuri yaitu rumah- rumah kecil tradisional Jepang. Istilah gassho-zukuri memiliki arti “hand made’ atau buatan tangan dengan kata lain dibuat secara tradisional. Rumah ini bisa terdiri dari 3-5 tingkat.

ss_shirakawago

Desa berselimut salju.

Shirakawa-go adalah wilayah dengan curah hujan salju yang sangat tinggi bahkan tertinggi di Jepang pada musim dingin, dan karena iklim inilah Gassho-zukuri (rumah tradisional) diciptakan. Gassho-zukuri dibangun sangat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, tanah liat, bamboo, dan berbagai jenis rumput serta jerami. Ciri khas Gassho-Zukuri adalah bentuk atap yang meruncing, dan ukurannya dibuat sangat besar dengan tiga hingga empat tingkat dibawah atap yang sangat rendah. Pada musim dingin, akses jalan menuju daerah ini tertutup salju dengan ketebalan hingga 5 meter.

SONY DSC

Desa Shirakawa di musim semi, cantik yah.

Nah, setelah puas dingin-dinginan bermain salju, kayanya yang paling pas beristirahat sambil gegoleran di dalam kotatsu. Gara-gara nonton dorama Nodame Cantabille aku jadi penasaran banget pengen nyobain Kotatsu. Konon kotatsu si meja penghangat itu luar biasa nyaman digunakan saat musim dingin tiba. Akibatnya kita jadi ga pengen ngapa-ngapain, maunya ngendon distu muluk. Sambil ngendon menghangatkan badan, kita makan-makanan yang berkuah semacam olahan hot pot, seperti Yosenabe dan Oden. Menyeruput kuahnya di udara dingin mesti rasanya syeeeddapp banget. Wah itu emang bener-bener yah, nikmat Allah yang nggak bisa didustakan !.

nodame-chiaki-kotatsu

Ngendon di kotatsu sambil main masak-masakan.

Oden

Oden

yosenabe

Yosenabe

Sebagai orang yang tinggal di daerah tropis, aku tau pasti nanti tubuhku bakalan rada kaget dengan udara musim dingin, jadi memang harus mempersiapkan amunisi yang cukup biar acara liburan di musim dingin nggak jadi berantakan. Karena aku punya alergi udara yaitu urtikaria alias biduren, maka aku harus siap sedia bawa obat anti-histamin. Obat-obatan lain seperti vitamin, obat demam, sakit kepala, minya gosok, jangan sampe lupa. Terus siap sedia baju hangat, pakaian tebal, dan kawan-kawannya seperti kaos kaki, syal topi, boots, earmuff, dll. Biar kulit gak kering, bawa minyak zaitun di botol kecil dan lotion.

Ahhhhh rasanya jadi bener-bener pengen liburan. Mudah-mudahan ya aku dapat rezeki nomplok biar bisa bulan madu ke Jepang. Yuk, yang mau liburan ke Gala Yuzawa Resort “The Snowy Wonderland” secara GRATIS, bisa ikutan ini : My Ideal Winter Japanes Vacation Blog Competition

my-ideal-japanese-winter-vacation

Informasi selengkapnya mengenai My Ideal Japanese Winter Vacation Blog Competition ini bisa dibaca pada poster diatas atau langsung kunjungi :

 

***

activate javascript

Sumber :

http://www.jp-rail-id.com/

http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/

http://www.galaresort.jp/winter/english/piste/central_area.html

http://www.galaresort.jp/winter/english/index.html

http://jprail.com/travel-informations/basic-informations/network-of-jr-trains/what-is-shinkansen.html

http://www.japan-rail-pass.com/japan-by-rail/travel-tips/holiday-trains

http://www.japan-guide.com/e/e5311.html

http://www.travelsnow.com.au/sapporosnowfestival10days2015

http://j-cul.com/mari-bermain-salju-di-sapporo/

https://mypastinrahttp://www.travelsnow.com.au/sapporosnowfestival10days2015ndom.files.wordpress.com/2014/02/dsc008201.jpg

http://arioiriantoro.blogspot.com/2011/12/love-generation-episode-3-paginya-riko.html

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/suasana-pedesaan-jepang.html

http://j-cul.com/desa-terisolasi-yang-menjadi-warisan-dunia-jepang/

http://www.crunchyroll.com/forumtopic-759535/anyone-like-kotatsu?pg=1

http://halojepang.blogspot.com/2012/12/menghangatkan-diri-pada-musim-dingin-di.html

 

 

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

24 thoughts on “Jalan-jalan musim dingin ke Jepang

  1. bukanbocahbiasa February 12, 2015 at 7:50 am Reply

    Wohoooo… Dukung mba Eka ke Jepuuun yeee yeeee **bawa pompom** ajak personel AKB48 utk yel2**

    • Eka Novita February 12, 2015 at 10:24 am Reply

      Yeeaaaayyyyy, makasih loh mbak 😀

  2. Ryan February 12, 2015 at 10:43 am Reply

    Moga menang ya…
    Jadi pengen hot pot gitu.

    • Eka Novita February 12, 2015 at 10:45 am Reply

      Makasiiih Mas Ryan, iya nih lg musim hujan jg soalnya, menghangatkan badan

      • Ryan February 12, 2015 at 11:02 am

        Iya. Palagi kalau lg sakit. Hmmm. Asik kayaknya

  3. ichasyahfa February 12, 2015 at 1:08 pm Reply

    Wah Mba, baca ini jadi makin pengen ke Jepang. Haha Maruko Chan, nyebelin tapi enak juga ditonton kartunnya 😀

    • Eka Novita February 12, 2015 at 11:43 pm Reply

      iya, gemes sama kelakuannya Maruko-chan…

  4. jampang February 12, 2015 at 6:55 pm Reply

    semoga menang, mbak. bisa honeymoon ke jepang 😀

    • Eka Novita February 12, 2015 at 11:44 pm Reply

      Aamiin, doain ya bang, ahahhaakks 😀

  5. Ca Ya February 12, 2015 at 7:48 pm Reply

    coba yang festival sapporo itu ada detektif conan yaaaaaa hahahhah 😀
    sesama peserta lomba kita, mampir jg yaaaaaaa 😀

    sukses 😀 😀

    • Eka Novita February 12, 2015 at 11:46 pm Reply

      Wah samaan ya kita, good luck juga buat kamu 🙂

  6. Happy Fibi February 13, 2015 at 11:15 am Reply

    Argh, jadi lebih lebih lebih pengen ke Jepang, mbak :3 Lagi musim salju ya di Jepang ^^ Semoga menang ya, mbak. Kalau ada tiket lebih, boleh ajak saya juga kok :p

    • Eka Novita February 13, 2015 at 12:30 pm Reply

      Kekkekekke… makasih Fibii 🙂

  7. Sandy Eggi February 13, 2015 at 11:06 pm Reply

    Musim dingin ya enak nya ke Indonesia mbak 🙂 Niigata dan Nagano juga bagus buat Ski dan Snowboarding. Bagi yan suka nginep dan berendam di onsen sih.

    Saya juga suka nabe ala Nodame dan Chiaki senpai 🙂

    • Sandy Eggi February 13, 2015 at 11:07 pm Reply

      Lupa, salam kenal …

      • Eka Novita February 16, 2015 at 6:12 am

        Salam kenal lembali Eggi 🙂

    • Eka Novita February 16, 2015 at 6:11 am Reply

      Iya katanya musim dingin enaknya berendam di Onsen, cuma aku ga siap klo musti mandi campur-campur sama orang lain *tutup muka. Nabe itu keliatan menggiurkan yah 😀

      • Sandy Eggi February 16, 2015 at 6:14 am

        btul sekali. saya juga pengen kabur ke onsen tiap hari.

        mandi nya kan sesama cewek.

        nabe enak rasanya macem macem. saya suka kimchi nabe.

      • Eka Novita February 16, 2015 at 6:18 am

        Eh eh eh niatnya udh ga bener nih Egiiii >,<. Aku malah belum pernah nyobain Nabe, tapi bakal suka deh kalo dikasih kesempatan nyobain.

      • Sandy Eggi February 16, 2015 at 6:21 am

        maksud saya buat Mbak Eka kalo mandi ke onsen itu kan bakal sesama gender gitu. jadi harusnya ndak perlu siap2 🙂

        Tapi dulu saya awal awal mandi di onsen juga risih si ngeliat dan diliat orang kkk

      • Eka Novita February 16, 2015 at 6:23 am

        Ohhh gituuu, aha gomen ne… salah pengertian aku-nya. Iya sihhh bakal risih lah, secara kita di endonesia ga pernah mandi bareng-barengan.

      • Sandy Eggi February 16, 2015 at 6:25 am

        sejak kecil orang Jepang dah ada budaya mandi bareng sama ayah ibunya di rumah. trus sejak kecil juga sering dibawa ke onsen dan sento (pemandian umum). jadinya mereka dah terbiasa sepertinya.

  8. eviindrawanto March 10, 2015 at 7:11 am Reply

    Duh itu yang main masak2an di Nodame Cantabile, jadi pengen ikutan masaknya. Sukses ya Mbak 🙂

    • Eka Novita March 14, 2015 at 1:53 am Reply

      Iya, seru bener main masak-masakannya. Sayangnya tulisan ini ga sukses mbak 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.