After a long hiatus

Assalamu’alaikum, Ola…

Selamat Ramadhan.

Sekarang di hapeku pukul 2.12 am. Abis nidurkan anakku yang bolak balik kebangun dan nangis-nangis. Mataku masih ON bgt efek minum teh tarik sepertinya. Harusnya aku segera tidur. karena besok bakal jadi hari yang panjang. Tapi jari ini kangen nulis-nulis. Whatever it is… Tepatnya disini. I miss nge-blog. Yang udh lama banget kutinggalkan, tak kusentuh. Walau ya sesekali ada jugalah mampir, baca postingan manteman narablog yg ku follow.

Yaudahlah, mumpung hening mari kita nulis. Kalo besok pusing karena kurang tidur, ya bikin kopi dong. Aku tim ibu menyusui ga puasa. Ga kuat, udah coba puasa tapi jam 10 udah haus, tremor, pusing keringat dingin gembrojos. Ya udah motel deh.

Tadinya aku mau ngeblog lewat PC, tapi pas hidupin PCku yg udh uzur di kegelapan kamar. Iya nulisnya sambil gelap-gelapan. Kalo idupin lampu takutnya anakku bangun lagi. Ealah dalah, PC-nya super lelet, efek berbulan-bulan ga pernah dinyalain kali ya. Ada kali 10 menitan ditungguin loadingnya. Pas klik firefox malah blue screen. Ih kzl.

Yaudah deh nulis pake wp android ajaaaa.

Where I have to start ya ?

Let me tell about my baby, Hamzah already 7 month. He grows so well, MasyaAllah. I love him to the bits. Ya iyalah. Hamzah lagi lucu-lucunya, lagi suka ngoceh-ngoceh dan nyengir, nunjukin deretan gusi pinknya yang selalu basah. Gemes banget tau. Aku paling suka endus-endus aroma mulutnya yang mbleweh ituuu. Wangiii. Padahal ga pernah sikat gigi.

Hamzah udah bisa merangkak, tapi malesan. Mesti dipancing pake mainan. Haha. Sukanya merambat, cari pegangan untuk berdiri. Kalo udh berdiri suka lepas tangan, gaya amat. Abis itu jatuh keduduk.

Lg suka tepuk tangan. Ngerengek manja kalo minta digendong.

Makin pinter udh ngerti kalo dimarahin. Hihi. Akunya aja yang galak (jujur). Anak bayi udah bisa romantis ya. Dia lg suka nyentuh wajahku, dijilatin, dendus-endus, dielus-elus, kadang ditabok juga sih. Gapapa aku rela.

Hamzah, dia bikin hidupku jadi banyak macam ragamnya. Banyakan pelajaran dan bahagianya sih.

Hamzah yang bikin aku literally begadang tiap harinya. Paling cepat dia tidur jam 12 lewat. Pernah baru bisa tidur jam 9 pagi. Sampe kami berdua akhirnya tepar, teler…

Kenapa yaaa ? Padahal aku udah menerapkan bedtime routine. Lampu diredupkan, AC dibuat nyaman, baju dan popok diganti, dielus, dikelonin, digendong… Tetep aja klo mau tidur malam, HARUS pake drama nangis sekuatnya kayak HALILINTAR. Kalo nangisnya bentar sih gapapa, ini bisa setengah jam. Satu jam kalo dia lagi bener-bener ga mau tidur. Suaranya itu loooh ber-API. Bikin hati dan telinga kontan panas. Tp ya gimana, namanya juga anak bayi, mana ngerti jaga perasaan orang lain kan. Maunya dia aja yg dimengerti.

Hamzah, kebetulan cucu pertama di keluargaku, dan dikeluarga suamiku. Jelas, dia jadi primadona. Semua sayang dia. Semua berlomba mencurahkan cinta untuknya.

Berhubung aku tinggal berjauhan dengan keluarga. Beberapa bulan sekali aku berkunjung dan nginap ke rumah orang tuaku. Momen nidurkan Hamzah dimalam hari bisa bikin perang antara aku dan ortuku.

Aku tau, emakku sayang banget sama Hamzah. Ga tega dengar Hamzah nangis pilu kayak disiksa kalo mau tidur. Emak pengen cucunya tenang, bobo enak. Dan, dimata emak aku selalu salah. Masa aku bisa nyantai, ngeliat anak nangis, ga buru-buru nolongin anak yang nangis parah gitu. Mulailah emak melempar omelan yang bikin aku naik spaneng.

“Duh ga kuat sama suaranya, kasian lo… Disusuin lah. Nyusuinnya jgn tiduran, duduk !”.

“Gendong pake kain jarik lah, digendong pake tangan ga nyaman dia !”.

“Masuk angin mungkin, kipas nya matikan. Kasih minyak telon !”. (Padahal anakku itu paling ga bisa kegerahan, mana mungkin dia bakal tenang klo kipasnya dimatikan).

“Aduh pik, cepet ditenangkan, anak laki klo nangis kelamaan nanti TELOR-nya besar loh, sakit !”.

“Pik, ya Alloh kok dibiarkan aja sih anaknya nangis. Kamu ini anak susah dapatnya kok ga disayang ?”.

Entah kenapa kalo urusan anak, aku jadi sensitif. Komentar emak, bikin aku ngerasa dipojokkan. Aku ga suka, marah. Tapi ga bisa ngelawan juga. Who can beat our mother’s command ?.

Pernah saking kesalnya, aku khilaf. Kuayun Hamzah kuat-kuat, terus ku tabok pantatnya. Then, we cried together. Dia nangis kaget, aku nangis frustasi.

Posisi bobo favoritnya Hamzah

Setelah Hamzah tidur, nyesallllll banget. Kenapa sampe kelepasan ngasarin dia. Ya Alloh. Kemana hilangnya kewarasan yang kujaga ?. Aku dibesarkan dengan didikan keras bapak dan emakku. Aku berusaha gak akan melakukan hal yang sama kepada anakku, but for the first time. I did it. Kelepasan.Β  Kecewa rasanya sama diri sendiri. Padahal setiap kali kutatap mata bening Hamzah, selalu kurapalkan doa mohon kesabaran. Ku rapalkan kata-kata, “Pik, ini anakmu rawat dan besarkanlah dg lembut dan kasih sayang, jangan dikasari, jangan disia-siakan”.

Makanya, sesayang dan serindu apapun aku sama emakku. Aku ga bisa sering-sering nginap dirumah mamak. Aku menghindar dari komennya yg bikin aku merasa terpojokkan itu. Nanti kalo aku sakit hati, aku jadi ga sabar menghadapi perangai Hamzah.

Kalo dirumah sendiri, kejadian nabok Hamzah malah ga pernah. Mungkin karena aku rileks, mau dia nangis sekuat apa, ga ada yg nyalahin aku. Aku ga perlu khawatir ada yang terganggu sama jeritannya Hamzah. Karena aku dan suami udah hafal betul kelakuannya si Hamzah ini kalo malam. Dan Abinya Hamzah itu tidur pules banget, anaknya mau nangis kencang kayak gimana… Abi-nya ga pernah kebangun. Luar biasa *clap clap clap.

Dirumah sendiri, aku lebih sabar indung-indung dia. Lebih tabah menahan amukan dan badannya yang ga bisa berhenti menggeliat. Aku bisa lebih tenang mikir cara apa yang bisa aku lakukan untuk menenangkan anakku.

Dirumah sendiri, aku bisa narik nafas. Diam sejenak untuk merilekskan pikiran. Istighfar untuk mengembalikan kewarasan dan kesegaran otakku yang kalut ditengah tangisan Hamzah dan rasa ngantuk plus lelah seharian.

Dirumah sendiri, ga ada yang protes, ga ada yang bilang aku lelet, ga ada yang bilang aku ga sayang anakku.

Mungkin dimata emakku, aku ini anak yang anti kritik, susah dibilangin, ga mau terima nasehat. Tapi aku tau, apa yang terbaik untuk anakku. Aku nggak suka dianggap ga becus ngurus anak. Karena, every single day I tried my best to raise my son. Dari bangun sampe tidur lagi, aku untuk anakku.

Well, warna-warni ngurus anak ya… Ini baru satu, perihal nidurkan anak. Belom yg lain. Wah nyerah.

Semenjak punya anak, aku jarang keluar. Berhubung udah resign, jadi memang full aja dirumah seharian. Ga ada tu agenda ngumpul sama teman-teman. Ya gimana mau ngumpul, kalo tiap hari begadang. Belum apa-apa udah lelah duluan. Daripada ngumpul mending tidur lah beb !.

Nothing can compare the pleasure of a short nap when you have baby. Tidur bentar aja bikin badan dan otak segar lagi.

Btw, sambil aku ngetik tulisan ini. Aku bolak-balik shut down – turn on PC-ku yg blue screen. Eh pas udh bisa masuk wp. Malah aku lupa password. Trus nge-reset passwordnya.

Tau-tau udh jam 3.44 am.

Udah waktunya bangunin suami sahur. Haha.

Kapan-kapan nulis lagi ah. InsyaAllah. Bye !

Advertisements

Tagged: , , , ,

7 thoughts on “After a long hiatus

  1. ndu.t.yke May 20, 2019 at 6:27 am Reply

    Welcome back!

    • Eka Novita May 20, 2019 at 7:35 am Reply

      Yeayyy, moga Istiqomah nulis seperti mbak 😘

  2. mrs muhandoko May 20, 2019 at 8:29 am Reply

    assalamualaikum mas Hamzah πŸ˜€

    • Eka Novita May 20, 2019 at 3:41 pm Reply

      Waalaikumsalam tantee. Salam buat mas M 😘

  3. Anita May 29, 2019 at 9:06 am Reply

    Hahahahahahhahaha ngakak baca tulisan mamak, btw apa aku bakal kek kmu jg ya kalo ntar punya baby wkwkwk secara kita kan mirip temperamenny pikkkk

    • Eka Novita May 30, 2019 at 10:36 am Reply

      Hahahaha, ga lah. Ini lebih ke masalah mental kali An, aku mentalnya lemah. Diuji dikit langsung kalut. InsyaAllah mental kamu lebih kuat dr aku πŸ‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: