Tag Archives: resep

Oseng Kerang Dara Rasa Nano-nano

Siapa yang suka kerang dara, angkat tangaaaaannn !!!!

Kerang dara adalah salah satu bahan masakan yang cukup direbus pake garam aja udah enak. Tapi sebagai penggemar kerang dara, saya suka coba-coba resep mengolah kerang dara, biar lebih maknyusss !.

Kalo orang di kampung saya (daerah Sumut), kerang dara yang gemuk-gemuk sering dijadikan sate dengan bumbu sejenis rendang. Makan pake nasi putih, udah enak banget !. Makan 10 tusuk pun gak bakalan cukup memuaskan lidah dan perut.

Beberapa minggu yang lalu orangtua saya berkunjung ke Pekanbaru, kangen sama saya gitu ceritanya. Berhubung bapak juga sangat sangat suka kerang dara, maka saya putuskan untuk mengolah kerang dara untuk menu makan siang. Dan jadilah oseng-oseng kerang dara rasa nano-nano. Kenapa saya bilang nano-nano, karena rame rasanya. Ada gurih, asem, asin, manis, dan pedes. Komplit !.

IMG_20160325_131039

Buat saya pribadi, ini enak !. Gampang dibuat, cuma proses menyikat kerang dara-nya aja yang bikin lama. Kerang dara kalo gak disikat, susah hilang lumpurnya. Walaupun udah dicuci berkali-kali. Ga usah panjang-panjang saya share aja ya resepnya. Continue reading

(Resep) Sapo Tahu ala aku

sapo tahu2

Sapo tahu

Sebenarnya saya itu ga suka masak. Eh masaknya sih suka… tapi proses potong-potong, ulek-ulek bumbu, dan nyuci-nyucinya yang saya ga suka. Hehehe. Tapi, ya demi perut suami dan dompet aman terjaga hingga akhir bulan ya harus masaklaaahhh… Ga ada pilihan sih :D.

Alhamdulillah suami orangnya gak ribet untuk urusan makanan, hampir apa aja mau dimakan. Paling kalo nggak cocok sama selera beliau, porsi makannya jadi berkurang. Mungkin karena saya masak sendiri yang pastinya bisa makan banyak dan sepuasanya tanpa takut kantong jebol, saya dan suami tiba-tiba menjadi ‘berisi’. Hahahahahha. Alhamdulillah.

Nah salah satu menu andalan kalo lagi males buat sayur dan lauk pauk, adalah sapo tahu karena makanan ini udah mencakup sayur dan lauk (protein). Yang saya suka dari masakan ala chinese food adalah proses masaknya yg ga ribet tinggal dicemplung-cemplungin, oseng-oseng dan -mudah-mudahan- nutrisinya bisa diserap tubuh lebih banyak karena proses masaknya yg ga terlalu lama.

Resep untuk 4 porsi :

  • 4 bungkus tahu telur (egg tofu) rasa udang. Iris sekitar 1 cm, goreng.
  • dada ayam fillet (terserah mau berapa banyak, bisa diganti dg seafood ex : udang/cumi/kerang
  • 300 gr sawi putih, iris besar-besar
  • jamur  (terserah banyak dan jenis jamur-nya, saya pake jamur kuping kering yg direndam air panas, terus diiris sesuka hati 😛
  • 1 buah wortel ukuran besar, iris tipis.
  • 5 siung bawang putih, geprek dan iris kasar
  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 buah daun bawang, rajang kasar
  • 3 sdm saos tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt minya wijen (kalo ada)
  • 400 ml air untuk kuah (kira-kira seberapa banyak yg kamu mau)
  • 3 sdt tepung maizena (larutkan dg air sedikit)

Continue reading

Uji Coba : Jamur Tiram Crispy

Beberapa hari yang lalu aku pergi ke warung harian untuk beli sayur mayur, dkk. Waktu itu mamak minta dibuatkan gulai pucuk ubi tumbuk ala Sumut dan sambel teri main bola (teri + tempe kering + kacang tanah). Pas milih-milih bahan masakan, ibu warung nawarin sebungkus jamur tiram yang lebar-lebar dan segar. Langsung ngiler ngeliatnya. Aku suka jamur tiram karena teksturnya kenyal dan rasanya mirip daging ayam.

tiram-6

Ini loh jamur tiram itu, kalo bule bilang Oyster Mushroom. Sumber : eopelatihanbudidayajamurcianjur.wordpress.com

Biasanya jamur tiram aku olah jadi pelengkap sayur oseng-oseng atau campuran capcay. Berhubung gulai pucuk ubi tumbuk adalah special request yang gak bisa dielakkan, aku mikir gimana kalo jamur tiram digoreng aja sebagai cemilan.

Karena belum pernah bikin jamur crispy, aku bingung… haruskah pake tepung bumbu instan serbaguna atau bikin adonan tepung cair sendiri seperti tepung untuk bikin tempe mendoan. Awalnya pengen praktis aja pake tepung bumbu serbaguna, tapi tepungnya gak ada di kulkas. Iya sih, kami jarang nyetok tepung bumbu. Mau ke warung lagi untuk beli tepung bumbu juga udah kadung males, males ganti baju lagi, pasang jilbab lagi, dan jalan kaki lagi. Akhirnya, kuputuskan untuk bikin adonan bumbu sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dengan menggunakan metode takaran kira-kira (pakai feeling). So let’s make it !.

Bahan utama : Jamur Tiram.

Bahan adonan tepung cair :

  • Tepung terigu (kira-kira setengah gelas belimbing)
  • Tepung beras (kira-kira tiga sendok makan)
  • Telur sebutir
  • Bumbu >> merica sejumput, ketumbar sejumput, bawang putih tiga siung, garam dikit aja (setengah sendok teh), dan kaldu ayam serbaguna sedikit (optional).
  • Air untuk mencampur adonan.

Cara membuat :

  • Rendam jamur tiram dalam air panas agar aroma kayu-nya hilang.
  • Haluskan bumbu, terserah maudiulek atau diblender.
  • Kocok telur.
  • Campurkan semua bahan.
  • Masukkan air untuk mencairkan adonan, masukkan perlahan-lahan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Takaran airnya dikira-kira aja sesuai dengan kekentalan yang pas menurut selera kamu.
  • Sesekali bolehlah di-icip adonan tepungnya biar pas asin gurih-nya sesuai dengan yg kamu mau.
  • Celupkan jamur tiram ke tepung adonanan hingga rata dan cakep.
  • Goreng hingga warnanya kecoklatan.
  • Siap disajikan.
jamur tiram crispy

Tararrararrara !!!

Bentuknya boleh lah nggak menarik dan tidak menggiurkan. Tapi rasanya enak beeeebbb !!!. Beneran enak, bukan muji makanan sendiri tapi memang enak, serius !. Enak dimakan panas-panas pakai sambel botol. Sepiring jamur krispy tandas licin dalam waktu kurang dari 10 menit saja. Huahahah. Ish ish, aku yang nggoreng cuman kebagian beberapa potong. Padahal kan aku yg tadi ngiler makan jamur, tapi senang juga sih bapak-mamak-adek suka. Alhamdulillah. Continue reading

Puding Goguma

Siapa yang suka goguma alias ubi jalar a.k.a  sweet potato ???.

Aku sekeluarga penggemar ubi, mau digoreng, direbus, dibuat kolak, dibuat keripik, semuanya enak. Nah, sekarang keluargaku punya variasi baru untuk menikmati ubi, yaitu diolah menjadi puding. Jadi aku mau berbagi resep puding favorit keluargaku ini, resep ini aku dapat dari temanku, Anita. Pertama kali  aku lihat puding ini udah bikin aku penasaran, kok warnanya cantik sekali, rasanya juga ubi banget, dan mengenyangkan. Dari tanya-tanya resep, aku praktekan di rumah dan keluargaku suka. Jadilah ini snack favorit keluarga, terus cara bikinnya gimana ???

Pertama, siapkan 2 buah ubi ukuran sedang, cuci bersih, dan potong-potong.

ubi1

Kedua, rebus sampai ubi empuk.  Continue reading