Tag Archives: jamur crispy

Uji Coba : Jamur Tiram Crispy

Beberapa hari yang lalu aku pergi ke warung harian untuk beli sayur mayur, dkk. Waktu itu mamak minta dibuatkan gulai pucuk ubi tumbuk ala Sumut dan sambel teri main bola (teri + tempe kering + kacang tanah). Pas milih-milih bahan masakan, ibu warung nawarin sebungkus jamur tiram yang lebar-lebar dan segar. Langsung ngiler ngeliatnya. Aku suka jamur tiram karena teksturnya kenyal dan rasanya mirip daging ayam.

tiram-6

Ini loh jamur tiram itu, kalo bule bilang Oyster Mushroom. Sumber : eopelatihanbudidayajamurcianjur.wordpress.com

Biasanya jamur tiram aku olah jadi pelengkap sayur oseng-oseng atau campuran capcay. Berhubung gulai pucuk ubi tumbuk adalah special request yang gak bisa dielakkan, aku mikir gimana kalo jamur tiram digoreng aja sebagai cemilan.

Karena belum pernah bikin jamur crispy, aku bingung… haruskah pake tepung bumbu instan serbaguna atau bikin adonan tepung cair sendiri seperti tepung untuk bikin tempe mendoan. Awalnya pengen praktis aja pake tepung bumbu serbaguna, tapi tepungnya gak ada di kulkas. Iya sih, kami jarang nyetok tepung bumbu. Mau ke warung lagi untuk beli tepung bumbu juga udah kadung males, males ganti baju lagi, pasang jilbab lagi, dan jalan kaki lagi. Akhirnya, kuputuskan untuk bikin adonan bumbu sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dengan menggunakan metode takaran kira-kira (pakai feeling). So let’s make it !.

Bahan utama : Jamur Tiram.

Bahan adonan tepung cair :

  • Tepung terigu (kira-kira setengah gelas belimbing)
  • Tepung beras (kira-kira tiga sendok makan)
  • Telur sebutir
  • Bumbu >> merica sejumput, ketumbar sejumput, bawang putih tiga siung, garam dikit aja (setengah sendok teh), dan kaldu ayam serbaguna sedikit (optional).
  • Air untuk mencampur adonan.

Cara membuat :

  • Rendam jamur tiram dalam air panas agar aroma kayu-nya hilang.
  • Haluskan bumbu, terserah maudiulek atau diblender.
  • Kocok telur.
  • Campurkan semua bahan.
  • Masukkan air untuk mencairkan adonan, masukkan perlahan-lahan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Takaran airnya dikira-kira aja sesuai dengan kekentalan yang pas menurut selera kamu.
  • Sesekali bolehlah di-icip adonan tepungnya biar pas asin gurih-nya sesuai dengan yg kamu mau.
  • Celupkan jamur tiram ke tepung adonanan hingga rata dan cakep.
  • Goreng hingga warnanya kecoklatan.
  • Siap disajikan.
jamur tiram crispy

Tararrararrara !!!

Bentuknya boleh lah nggak menarik dan tidak menggiurkan. Tapi rasanya enak beeeebbb !!!. Beneran enak, bukan muji makanan sendiri tapi memang enak, serius !. Enak dimakan panas-panas pakai sambel botol. Sepiring jamur krispy tandas licin dalam waktu kurang dari 10 menit saja. Huahahah. Ish ish, aku yang nggoreng cuman kebagian beberapa potong. Padahal kan aku yg tadi ngiler makan jamur, tapi senang juga sih bapak-mamak-adek suka. Alhamdulillah. Continue reading