Anime – Gin No Saji (Silver Spoon)

Barisan anak-anak tahun 90-an dimanjakan dengan anime-anime seru di hari minggu. Di zaman itu hampir semua stasiun TV nasional menyajikan anime keren, sampe yang nonton bingung mau nonton yang mana dulu, jam tayangnya serentak sih. Wkwkwkwk. Nah hobi saya nonton anime masih berlanjut sampe sekarang. Walaupun gara-gara hobi ini saya dianggap kekanakan.

57995l

Gin No Saji poster : myanimelist.net

Balik ke yang mau saya ceritakan, jadi saya nemuin sebuah anime tahun 2013 yang menurut saya BAGUS pake banget !.

Singkat cerita, Yuugo Hachiken adalah seorang anak laki-laki dari lingkungan perkotaan yang tertekan dengan ekspektasi orangtuanya yang menuntut keberhasilan dalam hal akademis. Hachiken bosan terus menerus belajar giat tapi nggak punya tujuan yang jelas dalam hidup. Untuk menghindari tekanan dari Ayahnya, Hachiken memutuskan untuk masuk ke Sekolah Tinggi Pertanian berasrama (Ooezo Agricultural High School) yang letaknya di terpencil jauh di pedesaan Hokkaido.

Teman-teman sekelas Hachiken adalah anak-anak yang berasal dari keluarga yang berkecimpung dunia pertanian dan peternakan. Sedangkan urusan pertanian dan peternakan adalah hal yang baru buat Hachiken. Di sekolah tsb, seluruh siswanya diwajibkan bangun pukul lima pagi untuk mengurus hewan ternak sebelum masuk pelajaran di kelas. Sistem belajar lebih banyak praktikum yang menguras tenaga, setelah jam pelajaran berakhir siswanya diwajibkan untuk megikuti kegiatan ekstrakulikuler. Hachiken kelelahan dan ia menyesali keputusannya telah masuk ke sekolah tersebut.

Tapi, perlahan Hachiken mulai menyukai kehidupan Sekolahnya yang unik, disana Hachiken mendapatkan teman-teman yang luar biasa menginspirasi. Terlebih-lebih banyak pelajaran hidup dan pemahaman baru tentang kehidupan yang ia dapatkan. Sungguh Ooezo Agricultural High School adalah sekolah yang sangat berbeda.

Menurutku pribadi, anime ini original, unik, mengedukasi, dan menghibur tentunya. Komedi dan drama mengalir seimbang. Poinnya, anime ini kaya motivasi dan inspirasi tentang pemahaman hidup, proses pendewasaan diri anak muda dalam mengambil keputusan. Banyak ilmu seputar dunia pertanian dan peternakan yang ditampilkan. Kalo nggak nonton ini mungkin aku nggak tahu kalo untuk mendapatkan susu dari sapi perahan dibutuhkan prosedur yang rapi untuk mendapatkan hasil perahan yang berkualitas dan berkuantitas baik.

Disini aku melihat sebuah fenomena, kalo profesi sebagai petani dan peternak adalah sebuah kebanggaan. Mereka berlomba-lomba menciptakan sebuah penemuan atau cara baru untuk mengembangkan ternak dan hasil pertanian untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Buah dari kerja keras petani dan peternak mereka punya hak istimewa untuk mencicipi hasil bumi yang paling bagus, paling segar, dan paling nikmat.

Kesimpulannya anime ini Highly Recommended ! *duajempol.

Dan , setelah menonton anime ini saya jadi melihat kedalam diri sendiri. Kenapa dulu waktu masih sekolah saya nggak memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Kenapa saya lebih banyak main nggak jelas daripada belajar. Padahal kalo saya bertekad waktu itu, pasti saya bisa lebih baik daripada sekarang (InsyaAllah).Β  Kenapa saya butuh waktu lama dan mengambil jalan yang berputar-putar untuk menentukan ‘ingin jadi apa’ saya di masa depan. Tapi ya toh, waktu sudah berlalu yang terpenting adalah saat ini saya harus bisa mengoptimalkan waktu, kesempatan dan fasilitas yang ada untuk menjadi guru yang berdedikasi, dan bisa mentransfer sebanyak-banyaknya ilmu ke siswa-siswi saya.

 

Tagged: , , , , , , , ,

12 thoughts on “Anime – Gin No Saji (Silver Spoon)

  1. jampang April 25, 2016 at 1:11 pm Reply

    yang sering saya tonton rutin waktu masih suka…. detektif conan sama dragon ball.πŸ˜€
    kalau yang di atas nggak pernah

    • Eka Novita April 26, 2016 at 1:54 pm Reply

      Detektif conan juga favorit saya, kebetulan drama ini saya downlod… Jadi emang gak tayang di TV. Mudah-mudahan ada TV yg mau nayangin. Bagus ceritanya…

  2. NinaFajriah April 25, 2016 at 1:43 pm Reply

    Nonton anime ini hiburannya dapet, ilmunya dapet ya mbak, boleh dicoba nih 😊

    • Eka Novita April 26, 2016 at 1:54 pm Reply

      Boleh… Penggemar anime juga kah mbak Nina ?

      • NinaFajriah April 26, 2016 at 2:10 pm

        Penggemar berat sih ga juga, cuma ada beberapa yg aku suka macam detektif conan, kenshin himura, inuyasha sama spirited away 😊

  3. nyonyasepatu April 25, 2016 at 4:25 pm Reply

    Jd penasaran kalau emang bagus

  4. Sekar May 8, 2016 at 6:07 pm Reply

    masuk list nih! biasanya kan anime kebanyakan ceritanya menye-menye gimanaaa gitu haha *ditimpuk anak otaku*

  5. ILYAS AFSOHLYAS May 20, 2016 at 3:59 pm Reply

    Kalau saya suka sama Digimon .
    Ginosaji penuh ilmu memasak :v dan beternak
    Public Speaking Semarang

  6. mfadel June 18, 2016 at 5:16 am Reply

    Ini pembuatnya sama dengan Fullmetal Alchemist kan,, luar biasa bagoess

    • Eka Novita June 19, 2016 at 2:02 am Reply

      Kalo itu sih saya kurang tau juga persisnya. Yang pasti sih ini anime emang bagus.

  7. uruuchan August 22, 2016 at 7:42 pm Reply

    Aaaaaaa… Jadi inget dulu 😁 Aku juga nonton season 1 sama season 2 anime Gin no Saji ini. BANYAK baaaaangeeet hal hal baik yang aku dapetin di sini. Menginspirasi juga! Jadi kangen nonton anime ini, hehehehehe

    Terima kasih sudah berbagi ^^

Leave a Reply

