Anime – Gin No Saji (Silver Spoon)

Barisan anak-anak tahun 90-an dimanjakan dengan anime-anime seru di hari minggu. Di zaman itu hampir semua stasiun TV nasional menyajikan anime keren, sampe yang nonton bingung mau nonton yang mana dulu, jam tayangnya serentak sih. Wkwkwkwk. Nah hobi saya nonton anime masih berlanjut sampe sekarang. Walaupun gara-gara hobi ini saya dianggap kekanakan.

57995l

Gin No Saji poster : myanimelist.net

Balik ke yang mau saya ceritakan, jadi saya nemuin sebuah anime tahun 2013 yang menurut saya BAGUS pake banget !.

Singkat cerita, Yuugo Hachiken adalah seorang anak laki-laki dari lingkungan perkotaan yang tertekan dengan ekspektasi orangtuanya yang menuntut keberhasilan dalam hal akademis. Hachiken bosan terus menerus belajar giat tapi nggak punya tujuan yang jelas dalam hidup. Untuk menghindari tekanan dari Ayahnya, Hachiken memutuskan untuk masuk ke Sekolah Tinggi Pertanian berasrama (Ooezo Agricultural High School) yang letaknya di terpencil jauh di pedesaan Hokkaido.

Teman-teman sekelas Hachiken adalah anak-anak yang berasal dari keluarga yang berkecimpung dunia pertanian dan peternakan. Sedangkan urusan pertanian dan peternakan adalah hal yang baru buat Hachiken. Di sekolah tsb, seluruh siswanya diwajibkan bangun pukul lima pagi untuk mengurus hewan ternak sebelum masuk pelajaran di kelas. Sistem belajar lebih banyak praktikum yang menguras tenaga, setelah jam pelajaran berakhir siswanya diwajibkan untuk megikuti kegiatan ekstrakulikuler. Hachiken kelelahan dan ia menyesali keputusannya telah masuk ke sekolah tersebut.

Tapi, perlahan Hachiken mulai menyukai kehidupan Sekolahnya yang unik, disana Hachiken mendapatkan teman-teman yang luar biasa menginspirasi. Terlebih-lebih banyak pelajaran hidup dan pemahaman baru tentang kehidupan yang ia dapatkan. Sungguh Ooezo Agricultural High School adalah sekolah yang sangat berbeda.

Menurutku pribadi, anime ini original, unik, mengedukasi, dan menghibur tentunya. Komedi dan drama mengalir seimbang. Poinnya, anime ini kaya motivasi dan inspirasi tentang pemahaman hidup, proses pendewasaan diri anak muda dalam mengambil keputusan. Banyak ilmu seputar dunia pertanian dan peternakan yang ditampilkan. Kalo nggak nonton ini mungkin aku nggak tahu kalo untuk mendapatkan susu dari sapi perahan dibutuhkan prosedur yang rapi untuk mendapatkan hasil perahan yang berkualitas dan berkuantitas baik.

Disini aku melihat sebuah fenomena, kalo profesi sebagai petani dan peternak adalah sebuah kebanggaan. Mereka berlomba-lomba menciptakan sebuah penemuan atau cara baru untuk mengembangkan ternak dan hasil pertanian untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Buah dari kerja keras petani dan peternak mereka punya hak istimewa untuk mencicipi hasil bumi yang paling bagus, paling segar, dan paling nikmat.

Kesimpulannya anime ini Highly Recommended ! *duajempol.

Dan , setelah menonton anime ini saya jadi melihat kedalam diri sendiri. Kenapa dulu waktu masih sekolah saya nggak memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Kenapa saya lebih banyak main nggak jelas daripada belajar. Padahal kalo saya bertekad waktu itu, pasti saya bisa lebih baik daripada sekarang (InsyaAllah).  Kenapa saya butuh waktu lama dan mengambil jalan yang berputar-putar untuk menentukan ‘ingin jadi apa’ saya di masa depan. Tapi ya toh, waktu sudah berlalu yang terpenting adalah saat ini saya harus bisa mengoptimalkan waktu, kesempatan dan fasilitas yang ada untuk menjadi guru yang berdedikasi, dan bisa mentransfer sebanyak-banyaknya ilmu ke siswa-siswi saya.

 

Advertisements

12 thoughts on “Anime – Gin No Saji (Silver Spoon)

  1. Aaaaaaa… Jadi inget dulu 😁 Aku juga nonton season 1 sama season 2 anime Gin no Saji ini. BANYAK baaaaangeeet hal hal baik yang aku dapetin di sini. Menginspirasi juga! Jadi kangen nonton anime ini, hehehehehe

    Terima kasih sudah berbagi ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s