Oseng Kerang Dara Rasa Nano-nano

Siapa yang suka kerang dara, angkat tangaaaaannn !!!!

Kerang dara adalah salah satu bahan masakan yang cukup direbus pake garam aja udah enak. Tapi sebagai penggemar kerang dara, saya suka coba-coba resep mengolah kerang dara, biar lebih maknyusss !.

Kalo orang di kampung saya (daerah Sumut), kerang dara yang gemuk-gemuk sering dijadikan sate dengan bumbu sejenis rendang. Makan pake nasi putih, udah enak banget !. Makan 10 tusuk pun gak bakalan cukup memuaskan lidah dan perut.

Beberapa minggu yang lalu orangtua saya berkunjung ke Pekanbaru, kangen sama saya gitu ceritanya. Berhubung bapak juga sangat sangat suka kerang dara, maka saya putuskan untuk mengolah kerang dara untuk menu makan siang. Dan jadilah oseng-oseng kerang dara rasa nano-nano. Kenapa saya bilang nano-nano, karena rame rasanya. Ada gurih, asem, asin, manis, dan pedes. Komplit !.

IMG_20160325_131039

Buat saya pribadi, ini enak !. Gampang dibuat, cuma proses menyikat kerang dara-nya aja yang bikin lama. Kerang dara kalo gak disikat, susah hilang lumpurnya. Walaupun udah dicuci berkali-kali. Ga usah panjang-panjang saya share aja ya resepnya.

Bahan :

  • 2 kg kerang dara segar yang masih hidup, ditandai dagingnya masih melet-melet keluar
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 20 buah cabe rawit
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1 batang sereh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 lembar daun salam
  • 1/2 bungkus asam jawa ukuran kecil, larutkan ke dalam air.
  • 4 sendok saos tiram
  • Kecap manis sesuai selera
  • Gula dan garam secukupnya
  • Air untuk kuah secukupnya

Cara mengolah :

  • Bersihkan kerang dengan cara menyikat permukaan cangkang sampai bersih. Bilas berkali-kali sampai air bilasan terlihat jernih.
  • Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan kerang. Tunggu sampai cangkang kerang terbuka dengan sendirinya. Jangan merebusnya terlalu lama. Angkat kerang, dan tiriskan.
  • Iris cabe merah, cabe rawit, bawang merah-putih. Geprek jahe dan sereh.
  • Tumis irisan bumbu, masukkan daun jeruk, daun salam, jahe dan sereh. Tumis hingga aroma harum menguar dan membuat air liur-mu mendadak terbit.
  • Masukkan gula-garam sesuai selera.
  • Masukkan rebusan kerang. Tambahkan saos tiram, larutan asam jawa, kecap manis dan air untuk kuah.
  • Aduk-aduk hingga merata.
  • Perkirakan kuah sesuai selera, suka yang kuah banyak atau sekedar becek-becek saja.
  • Koreksi rasa sesuai selera
  • Oseng-oseng kerang dara siap dihidangkan.

 

Selamat Mencoba

Tagged: , , , , , , , ,

32 thoughts on “Oseng Kerang Dara Rasa Nano-nano

  1. ardiantoyugo April 8, 2016 at 12:21 pm Reply

    Seneng nih saya kalo makan kerang beginian…😀

    • Eka Novita April 8, 2016 at 12:22 pm Reply

      Yes, toss dulu lah yang sesama penggemar kerang !

  2. ayanapunya April 8, 2016 at 12:25 pm Reply

    Belum pernah makan ini. Di sini juga kayaknya nggak ada yang jual. Dari laut ya? Aku ingatnya malah kerang dara berbumbu di reply 1988 he

    • Eka Novita April 8, 2016 at 12:28 pm Reply

      Kerang dara ini entah dari laut apa dari sungai ya mbak. Kurang tau, tapi kayaknya ada yang dari sungai juga. Ohya ??? wah aku ga ngikutin reply 1988 jadi ga tau…

  3. alaniadita April 8, 2016 at 1:10 pm Reply

    Aku suka keraaaaangg, mba.
    Dan ini tampak lezat sekali. Mau Mau!

    • Eka Novita April 8, 2016 at 2:20 pm Reply

      Yeeeaaayyy. Ke pekanbaru ya kalo mau coba… Btw, mumpung besok weekend, bisa dong nyobain resepnya.

  4. jampang April 8, 2016 at 2:12 pm Reply

    saya suka makan kerang…. tapi udah nggak bisa banyak2😀

    • Eka Novita April 8, 2016 at 2:20 pm Reply

      Kenapa bang ? Kolesterol ya ?

      • jampang April 8, 2016 at 2:34 pm

        Begitulah

  5. Saifannur April 8, 2016 at 5:05 pm Reply

    Kelihatannya enak sekali..

  6. puputs April 8, 2016 at 5:26 pm Reply

    susah makan kerang dara.. soalnya mencungkil kererangnya sulit, tapi enak… gimana yak

    • Eka Novita April 8, 2016 at 8:37 pm Reply

      Nggak susah kok, kan begitu dicelupkan air mendidih cangkangnya langsung terbuka sendiri. Ga capek-capek cungkil-cungkil lagi kan.

  7. nyonyasepatu April 8, 2016 at 10:12 pm Reply

    oh ini namanya kerang dara, baru tau

    • Eka Novita April 8, 2016 at 10:51 pm Reply

      Kalo di Medan apa namanya jenis kerang ini mbak Noni ?.

      • nyonyasepatu April 8, 2016 at 10:58 pm

        kerang bulu bukan? malah nanya huhaha

      • Eka Novita April 8, 2016 at 11:10 pm

        Iya ada jg kerang bulu yang mirip ini. Tapi yg kerang yg ini ga ada bulunya…

  8. febridwicahya April 8, 2016 at 11:40 pm Reply

    Aku belum terbiasa makan kerang ._. dulu pernah sekali makan kerang, rasanya aneeh ._.

    • Eka Novita April 9, 2016 at 11:54 am Reply

      Kenapa bisa aneh rasanya, mungkin kurang segar kali kerangnya. Yuk coba sekali lagi olahan kerangnya…

      • febridwicahya April 9, 2016 at 11:21 pm

        Soalnya amiiis Mbak ._. amisnya itu kecium dan kerasa banget ._.

        HIhihihi yuuk deh Mbak🙂

  9. Andina April 9, 2016 at 12:33 pm Reply

    Wah aku doyan seafood. Kynya enak ya. Aku belum pernah masak kerang sih.

    • Eka Novita April 9, 2016 at 12:34 pm Reply

      Mumpung weekend cobain resepnya mbak Andina🙂

  10. Haya Najma April 9, 2016 at 10:06 pm Reply

    suka sate kerang inihh.. eh bumbu saus padang gitu juga suka.. kalo yang cuma direbus ama colek sambel kacang kurang sukaa..

    aah pengen
    pengen

    • Eka Novita April 10, 2016 at 7:56 pm Reply

      Kok samaan ya, saya juga kurang suka sama kerang rebus colek sambel kacang. Lebih suka dicocol ke sambel kecap yang dikucurin jeruk nipis… Nyum nyum !

      • Haya Najma April 11, 2016 at 10:11 am

        ekekkek.. enak tenin

  11. fitrimelinda April 11, 2016 at 8:13 am Reply

    dulu waktu di bengkalis si mama sering banget masak kerang dara ini, tapi sekarang sejak pindah di sumbar udah ga nemu lagi nih mba…

    • Eka Novita April 11, 2016 at 8:59 am Reply

      Pernah tinggal di Bengkalis ya mbak ?. Kalo di sumbar yang banyak malahan Pensi ya, sejenis kerang danau/sungai gitu. Enak juga itu…

      • fitrimelinda April 11, 2016 at 10:05 am

        pernah mba eka, malahan gede disana🙂
        iya, pensi juga enak nih..

  12. mhilal April 14, 2016 at 8:10 am Reply

    Wah, tampilannya saja kaya gitu, bikin ngiler. Mesti enak itu…

    • Eka Novita April 15, 2016 at 8:01 am Reply

      Memang enak, serius !. Dicoba ya resepnya…

  13. helga April 18, 2016 at 2:12 pm Reply

    mungkin saya lebih doyan kalo kerangnya dikeluarin dari cangkangnya biar gak ribet pas makan😀

    • Eka Novita April 20, 2016 at 7:57 am Reply

      Iya, bisa juga… Biar lebih gampang, tapi sensasi makan kerang itu malah pas ngopek cangkangnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: