Oseng Kerang Dara Rasa Nano-nano

Siapa yang suka kerang dara, angkat tangaaaaannn !!!!

Kerang dara adalah salah satu bahan masakan yang cukup direbus pake garam aja udah enak. Tapi sebagai penggemar kerang dara, saya suka coba-coba resep mengolah kerang dara, biar lebih maknyusss !.

Kalo orang di kampung saya (daerah Sumut), kerang dara yang gemuk-gemuk sering dijadikan sate dengan bumbu sejenis rendang. Makan pake nasi putih, udah enak banget !. Makan 10 tusuk pun gak bakalan cukup memuaskan lidah dan perut.

Beberapa minggu yang lalu orangtua saya berkunjung ke Pekanbaru, kangen sama saya gitu ceritanya. Berhubung bapak juga sangat sangat suka kerang dara, maka saya putuskan untuk mengolah kerang dara untuk menu makan siang. Dan jadilah oseng-oseng kerang dara rasa nano-nano. Kenapa saya bilang nano-nano, karena rame rasanya. Ada gurih, asem, asin, manis, dan pedes. Komplit !.

IMG_20160325_131039

Buat saya pribadi, ini enak !. Gampang dibuat, cuma proses menyikat kerang dara-nya aja yang bikin lama. Kerang dara kalo gak disikat, susah hilang lumpurnya. Walaupun udah dicuci berkali-kali. Ga usah panjang-panjang saya share aja ya resepnya.

Bahan :

  • 2 kg kerang dara segar yang masih hidup, ditandai dagingnya masih melet-melet keluar
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 20 buah cabe rawit
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1 batang sereh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 lembar daun salam
  • 1/2 bungkus asam jawa ukuran kecil, larutkan ke dalam air.
  • 4 sendok saos tiram
  • Kecap manis sesuai selera
  • Gula dan garam secukupnya
  • Air untuk kuah secukupnya

Cara mengolah :

  • Bersihkan kerang dengan cara menyikat permukaan cangkang sampai bersih. Bilas berkali-kali sampai air bilasan terlihat jernih.
  • Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan kerang. Tunggu sampai cangkang kerang terbuka dengan sendirinya. Jangan merebusnya terlalu lama. Angkat kerang, dan tiriskan.
  • Iris cabe merah, cabe rawit, bawang merah-putih. Geprek jahe dan sereh.
  • Tumis irisan bumbu, masukkan daun jeruk, daun salam, jahe dan sereh. Tumis hingga aroma harum menguar dan membuat air liur-mu mendadak terbit.
  • Masukkan gula-garam sesuai selera.
  • Masukkan rebusan kerang. Tambahkan saos tiram, larutan asam jawa, kecap manis dan air untuk kuah.
  • Aduk-aduk hingga merata.
  • Perkirakan kuah sesuai selera, suka yang kuah banyak atau sekedar becek-becek saja.
  • Koreksi rasa sesuai selera
  • Oseng-oseng kerang dara siap dihidangkan.

 

Selamat Mencoba

Advertisements

32 thoughts on “Oseng Kerang Dara Rasa Nano-nano

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s