Mendadak Asma

Berawal dari batuk pilek yang tidak kunjung sembuh sejak satu setengah bulan lalu. Saya bolak-balik ke klinik untuk berobat. Kata dokter, mungkin saya dapat virus batuk-pilek yg bandel. Jadi susah sembuhnya. Dan, saya bawa santai saja, dengan fikiran cuma batuk pilek doang kok… Tapi semakin lama, frekuensi batuk semakin sering dan menjadi-jadi di malam hari. Alhasil otot tulang rusuk kanan sampai punggung jadi nyeri sekali. Setiap batuk muncul, saya pegang erat-erat rusuk kanan saya, agar tidak terlalu sakit.

Setiap pagi hidung saya selalu meler… Setiap saya berbaring menjelang tidurย  hidung dan tenggorokan saya penuh dengan cairan dahak. Susah banget untuk bernafas dan seakan-akan nafas saya udah nggak akan sampai. Nafas saya mengeluarkan suara yang gak lazim, seperti ada yang terjepit. Kalo udah begini, mendadak saya jadi takut kalo-kalo saya dijemput malaikat maut. Huhuhu. Saya harus tidur dengan bantal yang banyak dan tinggi agar nafas lebih enakan.

Setelah dua kali berobat tapi ga sembuh-sembuh. Akhirnya saya beranikan konsultasi ke dokter yang lebih berpengalaman. Saya mikirnya, jangan-jangan saya kena sinusitis, TBC, atau paru-paru saya bermasalah. Fikiran saya udah yg negatif aja jadinya. Saat konsultasi, beliau bertanya apakah saya punya riwayat penyakit asma. Seumur-umur saya gak punya asma, dan di keluarga saya juga gak ada yang punya asma. Terus, beliau bertanya apakah saya punya riwayat alergi. Kalo alergi, saya memang punya alergi yang gak jelas pemicu-nya. Pokoknya kalo badan saya nggak fit, kelelahan, kurang tidur atau cuaca tiba-tiba panas terus tiba-tiba dingin, kulit saya langsung bengkak-bengkak merah dan gatal. Kalo emak saya bilang, alergi saya itu namanya biduran/kaligata. Sya udah pernah menceritakan tentang kaligata/biduran itu disini.

Kemudian saya diperiksa, dan dokter bilang saya kena asma. Asma ini bisa jadi dari alergi yang berubah bentuk. Kalo dulu bentuk alergi saya efeknya ke tubuh adalah gatal-gatal, tapi sekarang berubah menyerang ke saluran pernapasan menjadi asma. Berhubung alergi adalah jenis penyakit yang tidak bisa sembuh total, hanya bisa dicegah agar tidak kambuh. Maka saya harus ikhlas dengan kondisi asma yang kambuh-kambuhan ini, dan minum obat setiap serangannya datang. Huhuhu.

Bener-bener deh ya, asma ini sangat mengganggu aktifitas saya. Bikin badan saya gampang ngedrop dan capek banget. Tapi ya mau bagaimana lagi… Qadarullah… Mudah-mudahan sakit ini bisa menjadi penggugur dosa. Aamiin.

Apa kalian pernah ngalamin yang seperti ini ?. Share ya gimana perawatan dan pencegahan agar asma tidak sering kambuh…

Tagged: , , , , , ,

13 thoughts on “Mendadak Asma

  1. Sekar February 23, 2016 at 3:05 pm Reply

    qadarullah juga, kemarinan banget aku habis ikut kajian singkat thibunnabawi. Kurleb, sumber segala penyakit yang ada di tubuh kita –selain karena virus, bakteri, patogen, dll– adalah belum sempurnanya mendirikan sunnah. Dan pas banget, temenku ada yang tanya, dia punya masalah sama polip, gampang flu, alegi juga. Solusinya, perbaiki wudhu. Mungkin selama ini airnya nggak dihirup sampai ujung (pangkal hidung), dan sunnah-sunnah lainnya.

    mbak eka udah coba konsumsi herbal juga?

    • Eka Novita February 23, 2016 at 3:10 pm Reply

      Ohya, sepertinya wudhu-ku emg belum sempurna. Soalnya air wudhu gak kuhirup dalam-dalam, hanya sekadarnya. Mungkin aku bisa terapkan yg itu. Kalo obat herbal, aku konsumsi habbatusauda… Tapi ga rutin ๐Ÿ˜

      • Sekar February 23, 2016 at 3:12 pm

        mbak, mbak, doakan aku ya mudah-mudahan Allah kasih rizki. Aku mau ikut kuliah thibunnabawi, nanti insyaaAllah hasilnya mau aku share di blog.๐Ÿ™‚ Syafakillah mbak eka

      • Eka Novita February 23, 2016 at 3:15 pm

        Wauuu… Masyaallah. Mudah-mudah dimurahkan rizki-mu dan diberikan kelancaran dalam belajar. Akuuu jg penasaran dg thibunnabawi, lebih alami. Aku udh bosen minum obat-obatan kimia, kasihan sama ginjal.
        Jazzakillah khairan do’anya ya Sekar…

      • Sekar February 23, 2016 at 3:19 pm

        aamiin. semoga pas nanti ditulis hasilnya di blog, makin banyak orang tahu, makin yakin kalau sebetulnya, Rasulullah Saw udah ninggalin warisan yang nggak pernah bisa dibayar pake apapun. Kalo warisan itu dijalani dengan sempurna, bisa-bisa dokter ga laku. Hihi.

      • Eka Novita February 23, 2016 at 3:32 pm

        Bwahahahaha… Iya juga ya, tp kita tetep butuh dokter lah dlm kondisi gawat darurat yg butuh tindakan operasi. Secara penyakit-penyakit zaman kini kan udh berevolusi semakin horor.

        Semangat belajarnya ya sekar…

  2. jampang February 23, 2016 at 4:57 pm Reply

    semoga lekas sembuh, mbak

    • Eka Novita February 23, 2016 at 9:03 pm Reply

      Aamiiin ya Rabb. Makasih bang !

  3. nyonyasepatu February 23, 2016 at 9:55 pm Reply

    Ayahku yg punya asma ๐Ÿ˜ dan karena kakinya jg sakit (lemes gitu) jadi dia gak bisa olahraga. Paling jaga kesehatan dan selalu sedia tabung gas dirumah

    • Eka Novita February 25, 2016 at 9:03 pm Reply

      Aku udah jaga kesehatan dan banyak istirahat. Tapi tetep kambuh jg mbak Noni…

      • nyonyasepatu February 26, 2016 at 9:05 am

        Susah ya emang, katanya mesti rajin berenang

  4. pertiwiyuliana March 25, 2016 at 10:50 pm Reply

    Aamiin, ya Allah. Selalu ada hikmah kok, Mbak. Semoga frekuensi kambuhnya jadi berkurang aja, ya. Biar lebih bisa dikendalikan supaya bisa tetap berkegiatan dengan baik.

  5. capung2 March 26, 2016 at 4:41 pm Reply

    Klo Ibu sya asmanya kambuh bila terlalu capai, menghirup bau2an spt bau asap rokok atau farfum ruangan, terpapar udara dngn dan terakhir capai oleh fikiran.

Leave a Reply

