Langitku Yang Kelabu

xW2nMASCu5tlN2P2559w7Wx6NNjERpLz6ovD1EqVjNZXv7h4EoubhEIbi5Z9aNtF

pict source : fbcoverstreet.com

Sudah dua bulan lebih saya dan warga Riau lainnya udah puas banget mandi asap. Dari awal dimulainya musim asap saya udah menahan diri untuk gak mengeluh, gak mencela kondisi, atau menyalahkan pemimpin/pemerintah. Saya berdoa agar musim kemarau segera usai dan Allah menurunkan hujan ditempat-tempat titik api.

Musim asap makin parah dari tahun ke tahun. ISPU menunjukkan kualiatas udara di Pekanbaru berbahaya. Apalah saya ini yang nggak punya AC apalagi Air Purifier dan tiap harinya harus menghirup udara kotor beraroma bakaran yang bener-bener bikin sesak. Kamar saya, baju saya, bahkan rambut dan kulit saya yang tertutup pun beraroma bakaran. Jangan ditanya soal mata saya yang berair karena perih. Kalo saya tajir melintir mungkin saya bakal bawa orang se-Riau ini untuk ngungsi ke daerah lain yang bebas asap.

Bahkan disuatu malam saya terbangun pukul 2 dini hari karena tersedak asap. Dilanjutkan dengan batuk-batuk. Saya berusaha melanjutkan tidur dengan menggunakan masker. Ketika saya bangun subuh, batuk-batuk semakin menjadi dan dahak yang saya keluarkan sudah berwarna coklat. Selang beberapa hari batuk-batuk saya semakin menjadi-jadi, dada serasa dipukul-pukul, menarik nafas pun susah. Dahak yang saya keluarkan pun sudah bercampur darah. Setiap hari badan saya selalu demam dan semakin lemas.

Tiga hari saya demam tinggi, saya takut sekali diponame karena nggak mau nyusahin suami dan mertua. Untungnya demam segera reda setelah saya diinjeksi. Saya sudah banyak-banyak minum air putih dan konsumsi buah, bahkan menggunakan masker di dalam rumah. Tetap saja tubuh saya nge-drop. Bukan saya main-main, tapi tubuh ini memang nggak kuat kena serbuan asap pekat. Saya nggak bisa bayangin bayi-bayi, balita, penderita asma dan lansia menghadapi kondisi berasap seperti ini.

Memang kondisi di Pekanbaru masih jauh lebih baik daripada di Palangkaraya. Dan saya bersyukur kepada Allah karena masih bisa beraktifitas normal. Saya berharap banyak pihak yang mau membuka mata dan hatinya, sampai kapan kondisi seperti ini terus berlangsung ?. Pemimpin dan petinggi di negeri ini, saya doakan diberi kebijaksanaan, kearifan, dan ketegasan dalam membuat keputusan. Benar memang firman Allah, akan ada sebagian manusia di bumi ini yang membuat kerusakan. Sudah jelas terlihat.

kelabu

22 Oktober 2015

Di suatu siang yang kelabu, Pekanbaru.

Tagged: , , , ,

30 thoughts on “Langitku Yang Kelabu

  1. Febriyan Lukito October 23, 2015 at 12:19 pm Reply

    Ya ampun mbak. Parah banget. Sampai batuk2 berdarah gitu. Hikss. Penanganannya masih belum ya mbak?

    • Eka Novita October 23, 2015 at 12:37 pm Reply

      Udah ada sih, udah banyak yg turun tangan memadamkan api. Banyak juga yg ngasih masker, obat, dan vitamin gratis dijalan-jalan. tapi ntah gimana ceritanya sampe skrg asapnya belum reda.

      • Febriyan Lukito October 23, 2015 at 12:38 pm

        Hiksss. Berat banget ya mbak.

      • Eka Novita October 23, 2015 at 12:39 pm

        iya, tapi mau gimana lagi karena perbuatan segelintir orang yang lain kena azabnya.

      • Febriyan Lukito October 23, 2015 at 12:40 pm

        Hiks. Gmn lagi ya mbak solusinya

      • Eka Novita October 23, 2015 at 12:41 pm

        Udah ga ngerti lagi deh ko, selagi gak ada ketegasan dan masih ada manusia-manusia serakah, kondisi ini gak bakal berubah.

  2. mrsmuhandoko October 23, 2015 at 12:51 pm Reply

    mbak, semoga asapnya segera mereda. semoga bisa segera turun hujan, semoga segera bisa menghirup udara bersih lagi😦

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:26 am Reply

      Amiiin, amiin ya Rabbal alamiin. Mohon didoakan terus ya kami disini.

  3. jampang October 23, 2015 at 2:02 pm Reply

    hiks….
    semoga asap cepat belalu…. biar udara bersih lagi

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:26 am Reply

      Amiiiin… Jangan lupa doakan kami ya bang.

  4. Sekar October 23, 2015 at 2:05 pm Reply

    Innalillah.. sekarang gimana mbak eka kondisinya? itu kabut asap terjadi tiap tahun ya mbak? :”(

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:27 am Reply

      Alhamdulillah skrg siih udah agak baikan. Iya, kabut asap ini udah langganan tiap tahunnya.

      • Sekar October 26, 2015 at 8:02 pm

        itu karena kesengajaan kan ya mbak Eka pembakaran hutannya?

      • Eka Novita October 28, 2015 at 8:59 am

        Iya sengaja dibakar untuk perluasan perkebunan sawit milike perusahaan dan pribadi.

  5. Gusti 'ajo' Ramli October 23, 2015 at 5:39 pm Reply

    Yg kasihan anak-anak ya eka, kabatnya sudah ada korban jiwa..

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:28 am Reply

      Iya Ajo, sedihnya aku ngeliat masih banyak anak-anak yg ga pake masker. Sudah banyak korban meninggal-nya Ajo, tapi mungkin gak terekspos aja.

  6. TitinTrisnawati October 24, 2015 at 9:18 am Reply

    Yaaaah, nggak bisa bayangin mbak pasti nyiksa banget….. Semoga ada langkah yang bener-bener konkrit dan bisa mengatasi masalah itu

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:29 am Reply

      Amiiin, iya semoga ada langkah nyata gak sekedar blusukan dan retorika aja😀

  7. Hafidh Frian October 24, 2015 at 11:33 am Reply

    Haduh heran deh kok sampek gawat gitu asepnya, tau-tau udah gede. Semoga musim penghujan segera tiba. Sehat selalu semoga mbak disana. Aamiin..

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:31 am Reply

      Nggak tiba-tiba kok. Emang udah tiap tahun begini. Gimana asapnya ga pekat, wong sekali bakar jutaan hektar hutan yg dibakar. Aamiiin, kabarnya karena el Nino musim kemarau malah tambah panjang sampe awal tahun depan. Tapi dengan kuasa Allah saja, mudah-mudah musim hujan segera datang.

      • Hafidh Frian October 26, 2015 at 12:51 pm

        Nah tau udah berulang kok tanggepannya nggak keliatan serius ya? Nunggu parah begini baru geger gini. Semoga segera berakhir, aamiin.

      • Eka Novita October 28, 2015 at 8:59 am

        Amiiin ya Rabbal’alamiin…

  8. didinkhoeruddin October 24, 2015 at 4:25 pm Reply

    Semoga Allah cepat hilangkan musibah ini mba dan Allah beri kesabaran buat penduduk Riau dan mengampuni segala dosa-dosa penduduk Riau. Semoga Allah melaknat dalang pembakaran hutan ini.

    • Eka Novita October 26, 2015 at 8:39 am Reply

      Ammmiin. Memang benar sih, mungkin saja ujian ini diberikan Allah untuk menguji kesabaran kami dan sebagai jalan untuk menggugurkan dosa-dosa kami.

  9. fitrimelinda October 26, 2015 at 9:18 am Reply

    dipadang beberapa hari ini asapnya semakin hari semakin tebal mba..hari ini asapnya udah mulai agak kuning gitu, dan dalam ruangan aja udah bikin tenggorokan dan hidung sakit..😦

    mo ngungsiin anak ke rumah neneknya, eh ditempat neneknya malah lebih tebal asapnya😦

    • Eka Novita October 26, 2015 at 11:53 am Reply

      Iya, udah nggak ngerti lagi deh mau ngungsi kemana…

  10. dinlas October 26, 2015 at 11:54 am Reply

    mba eka semangat ya semoga hujan segera turun aq ikut doain banget😦 semoga Allah senantiasa melindungi dan menguatkan aamiiiin

    • Eka Novita October 26, 2015 at 12:08 pm Reply

      Aamiiin ya Rabbal alamiin… Makasih ya sudah turut mendoakan.

  11. Alris October 28, 2015 at 12:28 pm Reply

    Katanya sudah mulai hujan, saya baca di berita online. Syukur Alhamdulillah.
    Banyak minum air putih. Kalo bisa minum juga air rebusan jahe.

    • Eka Novita October 28, 2015 at 1:01 pm Reply

      Alhamdulillah hujan turun deras sekali kemarin sore, dan hari kabut asap hari ini sudah mulai tipis.

Leave a Reply

