Sumbar Trip 2015 – Menikmati Kesegaran Air Gunung di Objek Wisata Tirta Alami

Finally, sampai juga aku dipostingan terakhir tentang jalan-jalan keluarga di lebaran 2015 kemarin. Sebenarnya pengen cepat-cepat menyelesaikan tulisan ini, tapi males dan tubuhku kurang sehat karena bencana kabut asap tahunan di Pekanbaru yang cukup tebal. Aduuuuh bisa dibilang kabut asap itu udah lagu lama ya, berulang-ulang terus. Seakan-akan kalo ada yg nanya kapan kabut asap ini bakal hilang, aku cuman bisa jawab Wallahu’alam bisshawwab *senyum. Oke aku lanjutkan ya ceritanya.

Malam sebelumnya kami menginap di rumah salah satu kerabat kami di daerah Baso, dan berangkat sekitar pukul 7 pagi untuk menuju ke Objek Wisata Tirta Alami, alasannya sih biar kami dan the keponakans bisa mandi-mandi, soale satupun belum ada yang mandi dari kemaren. Dahsyat kan ?. Abiiisss daerah Baso dinginnn, ga berani mandi pagi-pagi.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Attention !

Di perjalanan, kami sempat berhenti untuk sarapan terlebih dahulu. Sekitar pukul 9 kami lewat kami sudah sampai. Objek wisata Tirta Alami ini berada di Kandang Ampek, Padang Pariaman. Kawasan ini juga lebih dikenal dengan Anai Resort. Lokasinya terletak di jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi.

tirtaalami

Air gunung yg mengalir, sumber : www.pegipegi.com

Kolam pemandian di Tirta Alami ini sesuai dengan namanya, โ€˜Alamiโ€™. Kolam-kolamnya juga terbuat dari batu alam, sementara itu airnya berasal dari mata air di Gunung Tandikek. Seger, dingin, dan yang jelas airnya bersih karena selalu mengalir. Belakangan pengelola Anai Resort juga menambahkan sejumlah fasilitas disini seperti Flying Fox, ATV Road dan beberapa arena lainnya. Untuk biaya mandi di kolam cuma dikenakan biaya Rp 10.000/orang. (Sumber : http://www.infosumbar.net).

Kesan pertama yang aku dapat dari Objek Wisata ini adalah asri, sejuk, dan nyaman. Mungkin karena kami sampai di waktu pagi jadi belum terlalu banyak pengunjung lain. Dari pintu gerbang kami berjalan menuruni tangga bebatuan untuk menuju kolam. Papa-mama mencari tempat untuk menggelar tikar untuk duduk-duduk santai. Sementara kami langsung menuju ruang ganti untuk berenang di kolam pemandian.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kolam yang nggak begitu dalam, tempat anak-anak main air.

Suamiku yg memang hobi berenang langsung keliatan excited. Sementara aku bimbang antara berenang atau tidak. Alhasil aku ikutan nyemplung juga ke kolam pemandian dengan berbaju gamis dilapis rok, dilapis celana piyama tidur lengkap dengan kerudung lebar lapis inner, dan kaos kaki. Mungkin tampilanku aneh ya, sampe-sampe ada beberapa orang yang memperhatikan aku dari atas sampe bawah. Bodo amat, yang penting aku senang-senang.

Sebenarnya kalo nggak ada suamiku, mungkin aku nggak bakal berani nyemplung, aku nggak bisa berenang sih. Selama main di kolam aku cuman bergantung sama pelampung benen, kadang-kadang dipegangin suami biar bisa main ketengah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Enak banget istirahat sambil gegoleran disini, sejuk.

Kelar main di kolam, kami menuju kamar mandi yg disediakan pengelola untuk bersih-bersih. Selanjutnya kami istirahat sambil gegoleran ditikar, ya Allah enaknyaaa. Berasa piknik !. Makan siang hari itu makan siang yg paling nikmat selama acara jalan-jalan. Mungkin karena suasananya yg di alam terbuka bikin berselera. Selesai makan kami sholat zhuhur. Sebelum pulang aku dan suami jalan-jalan sebentar ke arah jalanan mendaki yg berlumut. Ternyata dibaliknya ada sungai kecil yang airnya sangat jernih.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

jalanannya agak licin karena berlumut dan lembab

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Airnya sangat jernih dan sejuk !

Emang udah pas banget deh kami mengakhiri sesi jalan-jalan lebaran di Objek Wisata Tirta Alami. Puas banget. Apalagi setelah main air bikin badan seger lagi setelah capek di perjalanan berhari-hari. Pokoknya untuk yg pengen berwisata bareng keluarga dan anak-anak, Objek Wisata Tirta Alami ini aku rekomendasikan untuk kalian kunjungi.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sayonara ! Mari kita pulang.

Tagged: , , , , , , ,

23 thoughts on “Sumbar Trip 2015 – Menikmati Kesegaran Air Gunung di Objek Wisata Tirta Alami

  1. Evi September 18, 2015 at 12:22 pm Reply

    Lokasinya tak jauh dari Bukittinggi. Tapi aku baru tahu Objek Wisata Tirta Alami di blog ini. Ah..emang saya kurang piknik๐Ÿ™‚

    • Eka Novita September 18, 2015 at 12:33 pm Reply

      Waduh, saya loh mbak yg kurang piknik, jalan-jalan itu momen langka buat saya. Kalo ke Sumbar lagi, mungkin mbak bisa sempatkan mampir kesini๐Ÿ˜€

  2. NinaFajriah September 18, 2015 at 2:11 pm Reply

    Bagus banget ya pemandangannya๐Ÿ™‚

    • Eka Novita September 19, 2015 at 9:51 am Reply

      Iya, masih asri sekali kan yaaa…

  3. nyonyasepatu September 18, 2015 at 5:27 pm Reply

    Pengen ke Sumbar, banyak banget tempat2 kece ya disana

    • Eka Novita September 19, 2015 at 9:51 am Reply

      Iya mbak, banyak pemandangan yg bagus2…

  4. Haya Najma September 19, 2015 at 6:46 pm Reply

    jadi pengen ke gunung nihh

    • Eka Novita September 21, 2015 at 11:20 am Reply

      Besok kalo udh lahiran, ajak debay-nya main ke gunung mbak. Udaranya seger.

      • Haya Najma September 22, 2015 at 9:29 am

        iyaa kangen ke gunung nih >,<

  5. Ceritaeka September 20, 2015 at 3:41 pm Reply

    Liat ini jadi kangen piknik. Kangeeeen

    • Eka Novita September 21, 2015 at 11:21 am Reply

      Aku baru pertama kali piknik ya disini mbak. Seruuuuu.

  6. fitrimelinda September 21, 2015 at 8:55 am Reply

    kangen main kesini lagi…udah 6 taon yg lalu terakhir kesini..

    • Eka Novita September 21, 2015 at 11:21 am Reply

      Udah lama juga ya 6 tahun yg lalu. Mungkin kalo ada waktu luang bisa ajak keluarganya main-main kesini lagi yaaa.

  7. Febriyan Lukito September 21, 2015 at 12:56 pm Reply

    wah tempat main airnya asik banget mbak.

    • Eka Novita September 22, 2015 at 8:35 am Reply

      Iya, asik banget buat main air, berenang…

  8. mysukmana September 22, 2015 at 8:10 pm Reply

    rasanya pengen nyemplung disitu๐Ÿ™‚

  9. metta December 19, 2015 at 9:23 am Reply

    wahahaa kakaaakk kakaaakkk

  10. Firsty Chrysant February 9, 2016 at 1:42 pm Reply

    Tempatnya kereen…. ini di Malibo Anaikah? Dekat air terjun Lembah Anai?

    Mba Eka orang Bukittinggi ya?

    • Eka Novita February 9, 2016 at 1:44 pm Reply

      Posisi pastinya udah nggak ingat lagi Fristy, yg pasti daerah Alahan Panjang. Aku orang Pekanbaru, tapi lumayan sering main-main ke Sumbar๐Ÿ™‚

      • Firsty Chrysant February 9, 2016 at 1:46 pm

        Itu di daerah Alahan Panjang? Bukannya katanya di jalan raya padang – padang panjang ya? Anai Resort?

        Orang pekan baru asli? Yang di Baso keluarga?

      • Eka Novita February 9, 2016 at 1:50 pm

        Mmmm… maaf Fristy aku juga ga tau pasti posisinya karena tau-tau disana pas nyampe aja, info lebih lanjut aku search di google๐Ÿ˜€. Aslinya sih aku dari Siak-Riau, yang di Baso itu kerabat pihak suami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: