SumBar Trip 2015 – Singgah Sejenak di Danau Diateh, Solok.

Assalamualaikum…

Setelah malamnya kelelahaan dan langsung tertidur, paginya aku dibangunkan oleh istri abang sepupu suamiku untuk sholat subuh. Begitu mengambil wudhu saya mengigil karena airnya dingiiiiin banget. Menurut penjelasan tuan rumah, air yang mereka gunakan langsung bersumber dari mata air gunung yang dialirkan melalui keran. Benar-benar dingin. Saking dinginnya hanya satu orang dari rombongan kami yang mandi pagi itu, yaitu Papa (sebutan kebiasaan kami untuk paman suamiku).

Sekitar pukul setengah 7 kami keluar dari rumah kerabat kami untuk membereskan barang-barang yg ada di mobil. Suasana daerah tersebut sangat syahdu, dan damai. Perahan-lahan matahari mulai muncul menghapus kabut pagi. Udaranya benar-benar segar. Setelah berpamitan dengan tuan rumah, kami melanjutkan perjalanan.

Masih terkenang aku dengan kebaikan kerabat kami tersebut, beliau adalah seorang ibu seumuran dengan ibuku yang tinggal sendirian di rumah peninggalan suaminya. Cara beliau menyambut kami sangat-sangat baik, khas kebaikan seorang ibu kepada anaknya. Beliau benar-benar memuliakan tamu. Semoga kebaikan Allah selalu tercurah untuk ibu tersebut.

Tujuan perjalanan hari itu adalah Kabupaten Solok, kami ingin melihat danau kembar yang katanya indah itu. Perjalanan kami diiringi dengan hawa dingin. Otomatis kami langsung menggunakan jaket. Diperjalanan kami melewati danau Singkarak, dan berhenti sebentar karena keponakan-keponakan ingin buang air kecil. Kami tidak berlama-lama di Danau Singkarak karena ingin mengejar waktu. Takut kalau-kalau terjadi macet menuju arah Solok.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan khas pegunungan yang menyejukkan mata. Kondisi geografis dan udara yg sejuk sepertinya menjadikan Solok cocok untuk daerah pertanian, sepanjang jalan kami melihat banyak sekali sawah, kebun tanaman bawang, daun bawang, bunga kol, sawi, dll.

blog12

Ada bunga di setiap rumah.

Sepertinya penduduk Solok juga sangat suka bertanam bunga, setiap halaman rumah memiliki bunga cantik berwarna-warni. Saking cantiknya, Mama (panggilan kebiasaan kami untuk Bibi suamiku) minta kami berhenti untuk melihat-lihat bunga yg ada di rumah penduduk. Setelah melihat-lihat, mama jatuh hati pada bunga yang aku nggak tau nama dan jenisnya ini. Mama pun membelinya, meskipun kami sudah melarang karena tidak ada tempat untuk meletakkan bunga. Takut bunganya rusak karena terhimpit barang-barang bawaan yang segambreng. Hahahhaha.

blog1 copy

Bunga-bunga di pekarangan rumah penduduk.

Sekitar pukul 11-an kami sampai di Danau Diateh (Diatas), satu hal yang membuat kami heran adalah penamaan danau tersebut. Danau Diateh (Diatas) adalah sebutan untuk danau yang posisinya berada di bawah. Sedangkan danau yang berada diatas disebut Danau Dibawah. Dikarena meski terletak di atas bukit, ketinggian permukaan air Danau Dibawah sama tingginya dengan dasar danau Danau Diatas.

Tiket masuk Danau Diateh Rp. 5000/orang. Setelah mendapat tempat parkir kami menuju dermaga, disana kami bisa amelihat air danau yang jernih dan bersih. Pemandangan disekitar danau begitu indah. Danau dikelilingi perbukitan yang hijau. Benar-benar menyegarkan pandangan mata. Hanya saja yang aku sayangkan adalah banyaknya sampah berserakan disana. Pedagang yang berjualan makanan ditepian danau tidak mengumpulkan sampah diplastik/tempat sampah melainkan dibuang begitu saja ditepian. Semoga kelak kebersihan menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh pengurus tempat-tempat wisata di kemudian hari.

blog3

Suami, kakak sepupu dan keponakans di dermaga.

blog2

Moi and Husband.

Tidak berapa lama menikmati pemandangan danau di dermaga, tampat speed boat dari kejauhan. Kami sepakat untuk mencoba naik speed boat, ingin melihat-lihat pemandangan yang berbeda di sekeliling danau. Kalau nggak salah tiketnya sebesar Rp.10.000/orang. Asik juga naik speed boat. Di dalam speed boat terdapat layar yang menunjukkan kedalaman danau secara otomatis. Pengemudi speed boat-nya alias nahkoda-nya juga ramah dan baik, saya sempat minta tolong difoto dengan beliau. Hehehhehe. Sempat-sempatnya !.

blog4

Surau di tepian danau.

blog5

Pemandangan Danau Diatas dari speed boat

blog6

Duo tjakep

blog7

Difotoin sama nahkoda speed boat😀

Setelah sesi naik speed boat usai, kami beli cemilan dan bersantai sebentar. Sementara itu kakak-kakak sepupu sibuk melayani keponakan yang heboh minta beli mainan pistol-pistolan. Sambil bersantai abang sepupu dan Papa mengobrol dengan penduduk asli Solok tentang jalan menuju ke Danau DiBawah. Tapi mereka tidak merekomendasikan karena tempatnya “gak rame”, kami disarankan untuk berwisata ke Villa saja. Kata mereka di Villa itu banyak wahana permainan untuk anak-anak. Kami pun percaya, karena beliau orang setempat. Lalu perjalanan berlanjut ke arah Villa.

blog13

Pohon pinus ditepian danau.

Saat menuju Villa kami disambut hujan. Udara yang dingin bertambah dingin. Dipintu gerbang Villa sudah macet dan sesak kami harus bayar uang masuk sebesar Rp. 85.000/mobil. Ternyata Villa yg dimaksud memang kelewat rame, saking ramenya udah nggak jelas lagi apa yg mau dilihat. Ketika kami hendak sholat, ternyata di musholla-nya tidak ada ai. Karena memang sudah lapar dan harus segera sholat kami memutuskan untuk pergi saja dari tempat tersebut dengan perasaan kecewa. Kakak dan abang sepupu memutuskan untuk membatalkan tujuan ke Danau Dibawah, dan mencari rumah makan untuk makan siang dan sholat.

Cerita lanjutannya, di postingan berikutnyaa yaaa… Wassalam.

Tagged: , , , , , , , , , ,

2 thoughts on “SumBar Trip 2015 – Singgah Sejenak di Danau Diateh, Solok.

  1. nyonyasepatu August 10, 2015 at 4:55 pm Reply

    mahal juga ya masuk ke villa Rp 85000

    • Eka Novita August 14, 2015 at 8:27 am Reply

      Iya mbak Non, padahal nggak jelas juga y dilihat. Rada nyesel😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: