Cerita Lebaran 2015

Assalamualaikum everybody. Hola !

BRD-rQUCUAArIRB.jpg large

Lebaran udah lewat dua minggu, and i quite busy (salahkan manajemen waktuku yg buruk!) jadi ndak sempat main kesini ataupun blogwalking, apalagi nulis-nulis. Miss you blog and friends !. Mohon maaf lahir batin ya. Semoga Allah menerima amalku dan amalan kalian.

Lebaran kali ini adalah lebaran pertamaku dengan suami dan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya aku menghabiskan waktu dengan keluargaku atau pulang ke kampung halaman di Labuhan Batu Sumatera Utara. Tapi, kali ini aku menghabiskan lebaran dengan keluarga besar suamiku di Pekanbaru. Sama aja sih serunya, meskipun aku agak-agak mellow dikit karena ga bisa sungkeman langsung ke orangtua-ku yg lagi mudik ke Labuhan Batu. Alhamdulillah, sekarang komunikasi udah gampang, aku tetep bisa sungkeman via telpon.

Aku dan suami sholat Ied di mesjid Raudhatul Jannah, yang jaraknya cukup dekat dengan rumah. Selesai sholat Ied, aku dan suami sungkeman ke ibu-papa mertua. Setelah itu, acara bebas alias makan sepuasnya, makan lontong pake gulai tauco dan rendang masakan ibu mertua. Oh enaknyoooo. Nggak lama kemudian, sanak saudara pihak keluarga suami berdatangan untuk kumpul-kumpul sebelum mulai berkeliling untuk beraya alias menunjungi kerabat yg lain untuk menyambung silaturahmi. Rumah mertua-ku jadi markas keluarga besar.

Ba’da Zhuhur tepatnya setelah sholat Jumโ€™at, acara beraya dimulai. Acara beraya ini menyenangkan banget, aku bisa kenal dengan sanak saudara keluarga suami yang dulunya aku kenal sekilas aja. Setiap mengunjungi rumah saudara pasti makan-makan lah ya. Untung banget aku pake gamis, jadi perut membuncit dan sesak karena makan banyak jadi tetep lega dan ga keliatan orang-orang.

Salah satu yang makanan yang aku ingat sampe saat ini dan terkenang-kenang adalah masakan khas Bangka Tengah. Enak enak banget!. Kebetulan sepupu suamiku menikah dengan orang asli Bangka Tengah dan jago masak, jadilah kami disuguhi masakan khas Bangka yang memang rasanya menggoyang lidah. Kami disuguhi Tekwan, Otak-Otak dan Lempah Kulat Pelawan.

tekwan-bangka

Tekwan Bangka. Source : http://kuliner.ilmci.com

otak-otak

Otak-otak Bangka. Source : bangkatour.com

2155369jamur-pelawan780x390

Lempah Kulat Pelawan. Source : travel.kompas.com

Nggak banyak cerita, makanan tersebut langsung kami serbu. Tekwannya enak, kuahnya bening tapi rasa kaldunya dalem. Nagih banget dah !. Otak-otaknya gurih, rasanya agak beda dari Otak-otak Kepulauan Riau yang pernah aku coba. Terus, aku baru pertama kali makan Lempah Kulat Pelawan yang mirip seperti gulai atau kari. Rasanya enak, dan pantas dicoba. Kulat pelawan itu adalah sejenis jamur langka yang teksturnya berserat seperti daging versi kenyal-kenyal lembut. Yang bikin aku kaget adalah Jamur Pelawan ini ternyata harganya mahal banget, sekilonya bisa dihargai 1,5-2 juta !. Sayang semua makanan itu lupa kufoto karena udah riweuh banget. Hahahha. Ohya, kalo mau tahu penjelasan tentang Kulat Pelawan bisa baca di blog mbak NonaAling.

Acara beraya selesai baโ€™da Isya sekitar jam 10-an, capek tapi senang dan kenyang. Sampe rumah langsung tidur cantik. Alhamdulillah semua kesulitan selama Ramadhan lepas dalam sehari. Inilah salah satu nikmat yang diberikan Allah bagi mereka yang berpuasa. Lega dan bahagia. Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan Ramadhan di tahun depan. Aamiiin.

Tagged: , , , , , , , , , ,

8 thoughts on “Cerita Lebaran 2015

  1. nyonyasepatu August 2, 2015 at 7:08 pm Reply

    Pulang ke Sumutnya pas lebaran haji aja hehe

    • Eka Novita August 2, 2015 at 8:53 pm Reply

      Ide bagus mbak Noni, sekalian ngajak suami lihat-lihat kampung halaman saya ya๐Ÿ˜€

  2. Haya Najma August 2, 2015 at 7:30 pm Reply

    aduh enak niaannnn >,<

  3. rizzaumami August 2, 2015 at 8:52 pm Reply

    senengnya, mbak eka sendiri masak kagak?๐Ÿ˜€ tahun depan kayaknya udah bawa momongan.

    • Eka Novita August 2, 2015 at 8:56 pm Reply

      Aku masaknya barengan sama ibu mertua nih… jadi cuma bantu-bantu masak aja. Aaaamiiiin, mudah-mudah lebaran tahun depang udh gendong bayi๐Ÿ˜€

  4. liandamarta.com August 4, 2015 at 6:03 pm Reply

    Aduh tekwannya enak bangettt.. Eh btw eka orang labuhan batu toh?๐Ÿ™‚

    • Eka Novita August 4, 2015 at 6:15 pm Reply

      Ituuuu foto tekwannya comot dr google mbaaaak. Iya, saya ini orang Jawa tapi numpang lahirnya di Labuhan Batu kak๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: