Tumis Sayur Ceciwis/Kuciwis

Assalamualaikum…

Sengaja nulis postingan malam-malam, mengingat besok sudah puasa, ihik !. Okay, sebelumnya saya mau cerita tentang hubungan antara sayur ceciwis dan akuuu… Jadi, suatu hari saya belanja bahan masakan harian di warung dekat rumah. Saya melihat wujud sayur yg tidak biasa saya lihat ada di daerah tempat tinggal saya (red:Pekanbaru), sekilas mirip sayur kailan dan sawi singgalang. Sebagai penggemar sayuran hijau, saya langsung kefikiran untuk beli dan menumisnya. Pasti sedap !. Ketika hendak membayar, ibu pemilik warung mengatakan kalo nama sayur ini adalah sawi singgalang. Saya sih manggut-manggut aja, karena melihat sekilas sayur ini memang mirip sawi dg singgalang, terlebih lagi belum pernah saya lihat dan konsumsi sebelumnya.

ceciwis

Wujud ceciwis/kuciwis mentah

Lalu, dirumah saya segera mengeksekusi sayur ini sebagai salah satu tambahan menu makan siang. Tapi, setelah dicicipi ternyata rasanya jauh beda sawi singgalang ataupun kailan yang pernah saya makan. Rasanya renyah, manis seperti kol, dan enak !. Pokoknya sekali mencicipi sayur ini, saya langsung ngefans !. Memang sedap sayur ini… Reaksi yang sama juga diperlihatkan oleh suami ketika mencicipi sayur ini… “enak dek sayurnya, jadi pengen nambah nasi…”, ujarnya. Semangkuk besar tumis sayur tersebut langsung licin tandas karena kami betul-betul terbuai dengan cita rasanya.

loveSetelah berkali-kali mengolahnya, saya masih belum mengetahui identitas asli sayuran ini. Hingga, saya menelusuri instagram dan menemukan sesorang (sayangnya saya lupa siapa *hiks) men-share resep sayur ceciwis ini beserta wujud mentah sebelum di proses. Oooooooh, barulah saya tahu bahwa sayuran nan sedap itu bernama, kuciwis/ceciwis alias tunas kol. Pantaslah rasa sayuran ini memang agak-agak mirip kol tapi lebih lembut meskipun renyah.

Jadi, berdasarkan info yang saya baca, ceciwis/kuciwis merupakan pucuk-pucuk kol yang biasanya terdapat di batang kol dan sengaja dibuang agar kol bisa tumbuh bagus. Meskipun ceciwis/kuciwis ini disisihkan dan berharga murah, tapi tetap enak dan berkhasiat menurunkan kadar kolestrol, memperlancar proses pencernaan, mengurangi resiko penyakit katarak, membersihkan kadar alkohol dalam darah, mencegah berbagai penyakit kanker, dll.

Memasak ceciwis/kuciwis ini juga gampang, gak perlu banyak bumbu.. cukup ditumis dengan bawang putih aja sudah enak… Hanya saja saya lebih suka menambahkan irisan jamur kuping sebagai pelengkap. Berikut resep tumis ceciwis/kuciwis abal-abal ala akuuuu😀

tumis-ceciwis

Tumis ceciwis/kuciwis yg dimasak darurat untuk makan malam😀

Bahan :

  • Ceciwi/kuciwis, kira-kira 7-8 bonggol. Potong per helai, tidak usah dirajang kecil-kecil. Cuci hingga bersih.
  • jamur kuping, sesuai selera (bisa diganti seafood/ayam)
  • 4 buah bawang putih, geprek dan cincang kasar
  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabe merah, iris
  • 1 sdt gula dan garam sesuai selera
  • merica bubuk (sesuai selera)
  • saos tiram
  • air untuk kuah.
  • 2 sdt maizena dilarutkan

Cara memasak :

  • Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga layu dan harum. Taburi gula dan garam sedikit.
  • Masukkan jamur kuping, tumis sampai jamur agak lembut.
  • Masukkan ceciwis/kuciwis, aduk-aduk hingga agak layu (masak dengan api besar).
  • Tambahkan merica bubuk dan saos tiram.
  • Tambahkan sedikit air untuk kuah.
  • Tambahkan larutan maizena, aduk-aduk hingga kuah mengental.
  • Koreksi rasa sesuai selera.
  • Matikan api. Sajikan.

Ohya, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan ya pembaca yang budiman sekalian. Semoga Allah Azza Wa Jalla memberkahi kita dengan semangat menjalankan ibadah di bulan spesial penuh rahmat ini. Aamiin. Marhaban ya Ramadhan.

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

17 thoughts on “Tumis Sayur Ceciwis/Kuciwis

  1. kebomandi June 18, 2015 at 6:13 am Reply

    suami? banyak yg terlewatkan yaah.. btw, happy wedding eka, barakallah *maaf telat banget* :’)

    • Eka Novita June 19, 2015 at 9:52 am Reply

      Makasiiiih Ayuuu, btw aku nikah 7 bulan yg lalu. Ayuuu kemana aja, blognya sepiiii… ngeblog lagiiii dong…

      • kebomandi June 23, 2015 at 6:48 am

        iyaaaah ini mulai posting rutin lagi..
        aku bersemedi kak.. hehe

        7 bulan? whuaaa.. aku bener-bener ketinggalan berita -.-

      • Eka Novita June 24, 2015 at 8:11 am

        Ga papa, ayu kan bersemedi utk masa depan yg lebih baik nan cerah. Musti fokus kan😀

      • kebomandi June 25, 2015 at 6:14 am

        hiyaaa.. “masa depan” jadi sensitif bawaan nya :p

  2. inda chakim June 18, 2015 at 7:00 am Reply

    Kayaknya seger tu ya mbak

  3. dinlas June 18, 2015 at 8:55 am Reply

    samaan banget ini malah sayur favorit aq dari jaman SMP hahhahha apalagi klao ditumis pedes campurin teri basah atau teri medan enak banget mba🙂

    • Eka Novita August 5, 2015 at 12:22 am Reply

      Wah, bisa jadi inspirasi nih. Lain kali mau tumis kuciwis pake teri jugak lah, terus pake irisan rawit yg banyak. Mesti sedap betul. makasih udh berkunjung kemari mbak Dinlas. Maaf baru blas skrg😀

      • dinlas August 5, 2015 at 11:41 am

        sama2🙂

  4. Puji June 18, 2015 at 9:02 am Reply

    Biasanya kalo saya masak cuciwis cuma direbus terus udah langsung dicocol sambel😀

    • Eka Novita June 19, 2015 at 9:50 am Reply

      Wiiih gitu aja udah enak ya mbak Puji, masyaAllah😀

      • Puji June 19, 2015 at 10:03 am

        Enak banget🙂

  5. Febriyan Lukito June 18, 2015 at 2:03 pm Reply

    Selamat menenuaikan ibadah puasa ya. Selamat atas pernikahannya juga *baca komennya Dita*
    Saya br denger sayuran itu.

    • Eka Novita June 19, 2015 at 9:50 am Reply

      Saya juga baru tau ada sayuran namanya ceciwis Ko… Makasiiih yaaa ucapannya😀

  6. Haya Najma June 18, 2015 at 8:19 pm Reply

    enyaakkkkkk enyaaakkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: