(Resep) Sapo Tahu ala aku

sapo tahu2

Sapo tahu

Sebenarnya saya itu ga suka masak, eh masaknya sih suka tapi proses potong-potong, ulek-ulek bumbu, dan nyuci-nyucinya yang saya ga suka. Hehehe. Tapi, ya demi perut suami dan dompet aman terjaga hingga akhir bulan ya harus masaklaaahhh… Ga ada pilihan sih๐Ÿ˜€. Alhamdulillah suami orangnya gak ribet untuk urusan makanan, hampir apa aja mau dimakan. Paling kalo nggak cocok sama selera beliau, porsi makannya jadi berkurang. Mungkin karena saya masak sendiri yg pastinya bisa makan banyak dan sepuasanya tanpa takut kantong jebol, saya dan suami tiba-tiba menjadi ‘berisi’. Hahahahahha. Alhamdulillah.

Nah salah satu menu andalan kalo lagi males buat sayur dan lauk pauk, adalah sapo tahu karena makanan ini udah mencakup sayur dan lauk (protein). Yang saya suka dari masakan ala chinese food adalah proses masaknya yg ga ribet tinggal dicemplung-cemplungin, oseng-oseng dan -mudah-mudahan- nutrisinya bisa diserap tubuh lebih banyak karena proses masaknya yg ga terlalu lama.

Resep untuk 4 porsi :

  • 4 bungkus tahu telur (egg tofu) rasa udang. Iris sekitar 1 cm, goreng.
  • dada ayam fillet (terserah mau berapa banyak, bisa diganti dg seafood ex : udang/cumi/kerang
  • 300 gr sawi putih, iris besar-besar
  • jamurย  (terserah banyak dan jenis jamur-nya, saya pake jamur kuping kering yg direndam air panas, terus diiris sesuka hati๐Ÿ˜›
  • 1 buah wortel ukuran besar, iris tipis.
  • 5 siung bawang putih, geprek dan iris kasar
  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 buah daun bawang, rajang kasar
  • 3 sdm saos tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt minya wijen (kalo ada)
  • 400 ml air untuk kuah (kira-kira seberapa banyak yg kamu mau)
  • 3 sdt tepung maizena (larutkan dg air sedikit)

Cara memasak :

1. Tumis bawang putih dan merah sampe harum,ย  kasih gula pasir, lalu masukin ayam, aduk-aduk sampai warna ayamnya berubah.

2. Masukin wortel oseng-oseng sampai agak layu. Masukin saus tiram, kecap asin, air dan didihkan.

3. Masukin sawi putih, jamur kuping, merica, cek rasa asin-manis-gurihnya sesuai selera.

4. Masukin larutan tepung maizena, aduk hingga mengental. Tambahkan tofu goreng. Aduk perlahan agar tofu tidak hancur. Tambahkan minyak wijen.

5. Masukin daun bawang sampai agak layu.

6. Siap dinikmati.

sapo tahu

Gampang kan, cepat dan enak. Muahahhahahahaha. Sapo tahu paling enak dimakan panas-panas dan langsung dihabiskan. Nyum nyum. Yuk yg mau masak ga pake lama, mariii dicoba๐Ÿ˜€

Tagged: , , , , , , ,

20 thoughts on “(Resep) Sapo Tahu ala aku

  1. Faris May 16, 2015 at 10:15 am Reply

    Saya suka masak, tapi beli bahan nya itu lo yang bikin malas.. Pasar tradisional di depok lumayan jauh dari kapuk, jadinya mager buat gerak. haha

    • Eka Novita May 16, 2015 at 10:20 am Reply

      Waaaaa, ayo dong gerak biar bisa makan enak dan puas buatan sendiri. Kalo beli lumayan juga loh๐Ÿ˜€

      • Faris May 16, 2015 at 1:15 pm

        Pasti adalah masak sekali-kali, tapi ya gitu ga setiap hari.. kapan pengen masak sendiri aja.. haha

      • Eka Novita May 19, 2015 at 1:27 am

        Itu juga udah bagus mah buat lelaki, mau nyoba masak sendiri. Chayoooo !

  2. Puji May 16, 2015 at 11:34 am Reply

    Thank you idenya! Jadi ada ide baru kalo mau masak, bikin sapo tahu hehe

    • Eka Novita May 19, 2015 at 1:27 am Reply

      Sama-sama mbak puji, InsyaAllah anti gagal๐Ÿ˜€

  3. Febriyan Lukito May 16, 2015 at 5:36 pm Reply

    Goreng tahu Jepang ini bikin sengsara. Hiks. Gak boleh aduk terlalu sering. Biar gak pecah kan?

    Btw setuju. Saya suka masak tp siapin bahannya itu. Malesin. Hahaha

    • Eka Novita May 19, 2015 at 1:29 am Reply

      Kekkekeke, samaaan yaaaaa kita males nyiapin bahan masakannya๐Ÿ˜›. Iya, mesti hati-hati banget goreng tofu, ga bisa sering dibolak balik. Kudu sabar emang๐Ÿ˜€

      • Febriyan Lukito May 19, 2015 at 7:58 am

        Itu dia. Suka males goreng yang ini. Hahaha.

  4. liandamarta.com May 16, 2015 at 8:16 pm Reply

    Wah enak nih kayaknya๐Ÿ˜€

    • Eka Novita May 19, 2015 at 1:30 am Reply

      Alhamdulillah enak kak, yuk main masak-masakan๐Ÿ˜€

      • liandamarta.com May 19, 2015 at 7:09 am

        Hayuk! Hahaha.. Aku masih cupu banget nih masaknya :))

  5. titintitan May 16, 2015 at 11:35 pm Reply

    tadi ke suatu resto dan mau mesen sapo tahu habiiiisss

    • Eka Novita May 19, 2015 at 1:31 am Reply

      Waduuuwww, pukpuk. Yuk bikin sendiri. Tinggal dioseng-oseng aja ini masaknya. Gampang.

  6. mrsmuhandoko May 18, 2015 at 8:45 am Reply

    Saya agak parno kalo ngolah tofu. Soalnya saya ini orgnya ‘heboh’ kalo lg masak, gk bisa kalem. Jadi lebih sering ancuurr itu tofunya. Hehehehe… nice share mbak, mau dicobain aah…

    • Eka Novita May 19, 2015 at 1:32 am Reply

      Iya, mbak emang kalo goreng tofu. Ngiris tofu sebelum digoreng aja udh bikin ‘ndredeg’ takut hancuuuurrr. Yuk, dicobain resepnya. Semoga bermanfaat.

  7. TitinTrisnawati May 18, 2015 at 10:04 am Reply

    waah.. enak kayaknya olahan diversifikasi tahu… Harus dicoba…. Salam kenal mbak๐Ÿ™‚

    • Eka Novita May 19, 2015 at 1:33 am Reply

      Ini salah satu olahan tofu yg dijamin enak dan anti gagal deh menurutku. Mesti dicoba. Salam kenal kembali mbak Titin๐Ÿ˜€

  8. sukasukakeii June 10, 2015 at 6:21 pm Reply

    Wew :3 bisa d coba ini resepnya kakak…
    duh jd laper liat potonya *mupeng

    • Eka Novita June 12, 2015 at 1:42 am Reply

      dicoba ya keiii, gampang iniii๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: