(Resep) Sapo Tahu ala aku

sapo tahu2

Sapo tahu

Sebenarnya saya itu ga suka masak, eh masaknya sih suka tapi proses potong-potong, ulek-ulek bumbu, dan nyuci-nyucinya yang saya ga suka. Hehehe. Tapi, ya demi perut suami dan dompet aman terjaga hingga akhir bulan ya harus masaklaaahhh… Ga ada pilihan sih :D. Alhamdulillah suami orangnya gak ribet untuk urusan makanan, hampir apa aja mau dimakan. Paling kalo nggak cocok sama selera beliau, porsi makannya jadi berkurang. Mungkin karena saya masak sendiri yg pastinya bisa makan banyak dan sepuasanya tanpa takut kantong jebol, saya dan suami tiba-tiba menjadi ‘berisi’. Hahahahahha. Alhamdulillah.

Nah salah satu menu andalan kalo lagi males buat sayur dan lauk pauk, adalah sapo tahu karena makanan ini udah mencakup sayur dan lauk (protein). Yang saya suka dari masakan ala chinese food adalah proses masaknya yg ga ribet tinggal dicemplung-cemplungin, oseng-oseng dan -mudah-mudahan- nutrisinya bisa diserap tubuh lebih banyak karena proses masaknya yg ga terlalu lama.

Resep untuk 4 porsi :

  • 4 bungkus tahu telur (egg tofu) rasa udang. Iris sekitar 1 cm, goreng.
  • dada ayam fillet (terserah mau berapa banyak, bisa diganti dg seafood ex : udang/cumi/kerang
  • 300 gr sawi putih, iris besar-besar
  • jamur  (terserah banyak dan jenis jamur-nya, saya pake jamur kuping kering yg direndam air panas, terus diiris sesuka hati 😛
  • 1 buah wortel ukuran besar, iris tipis.
  • 5 siung bawang putih, geprek dan iris kasar
  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 buah daun bawang, rajang kasar
  • 3 sdm saos tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt minya wijen (kalo ada)
  • 400 ml air untuk kuah (kira-kira seberapa banyak yg kamu mau)
  • 3 sdt tepung maizena (larutkan dg air sedikit)

Cara memasak :

1. Tumis bawang putih dan merah sampe harum,  kasih gula pasir, lalu masukin ayam, aduk-aduk sampai warna ayamnya berubah.

2. Masukin wortel oseng-oseng sampai agak layu. Masukin saus tiram, kecap asin, air dan didihkan.

3. Masukin sawi putih, jamur kuping, merica, cek rasa asin-manis-gurihnya sesuai selera.

4. Masukin larutan tepung maizena, aduk hingga mengental. Tambahkan tofu goreng. Aduk perlahan agar tofu tidak hancur. Tambahkan minyak wijen.

5. Masukin daun bawang sampai agak layu.

6. Siap dinikmati.

sapo tahu

Gampang kan, cepat dan enak. Muahahhahahahaha. Sapo tahu paling enak dimakan panas-panas dan langsung dihabiskan. Nyum nyum. Yuk yg mau masak ga pake lama, mariii dicoba 😀

Advertisements

20 thoughts on “(Resep) Sapo Tahu ala aku

  1. Saya suka masak, tapi beli bahan nya itu lo yang bikin malas.. Pasar tradisional di depok lumayan jauh dari kapuk, jadinya mager buat gerak. haha

  2. Saya agak parno kalo ngolah tofu. Soalnya saya ini orgnya ‘heboh’ kalo lg masak, gk bisa kalem. Jadi lebih sering ancuurr itu tofunya. Hehehehe… nice share mbak, mau dicobain aah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s