Haircare untuk kamu yang berjilbab

niqab

pict source : wardah.or.id

Assalamualaikum…

Kira-kira sudah memasuki tahun ke lima aku berjilbab, dan seperti wanita berjilbab lainnya aku juga merasakan masalah umum yang mereka alami. Seperti, gatal-gatal, rambut lepek, berminyak, ketombe, dan yang paling parah adalah rambut rontok. Normal sih, dan itu semua bisa diatasi kalo rajin perawatan alias nyalon.

Tapiii… aku jarang banget yang namanya ke salon untuk sekedar perawatan rambut. Sepertinya kunjungan ke salon dalam setahun cuma sekali-dua kali, itupun untuk merapikan potongannya dan creambath. Selebihnya aku merawat rambutku sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Karena perawatan dirumah bikin aku lebih leluasa, nyaman, dan tentu saja hemat duit *teteeeeppp !. Lalu, apa aja masalah yang aku alami dan cara mengatasinya.

1. Menghilangkan gatal-gatal dan ketombe.

Biasanya masalah kulit kepala gatal-gatal ini terjadi di saat udara lagi panas-panasnya, karena kulit kepala berkeringat, ga dapat udara, ditambah lagi kalo ketombean, lengkaplah sudah !. Pasti kamu pernah ngerasain kan gimana dilema-nya kepala gatel pengen digaruk tapi kok malu diliatin orang, entar dikirain akhwat jorok😛.

Solusi yg paling tepat adalah :

  • Rajin-rajinlah keramas. Kalo aku biasanya keramas setiap 2 hari sekali. Karena kalo sering-sering keramas juga nggak bagus, kelembaban alami kulit kepala bisa terkikis.
  • Kalo ketombe kamu jenis yang luar biasa bandel, kamu bisa pake air jeruk nipis yang udah diperas untuk diusapkan ke kulit kepala. Sensasi pake air jeruk nipis ini bikin kulit kepala kamu kayak digigit-gigit semut, sedikit perih tapi enak *apa sih?. Air jeruk nipis ini cukup ampuh buatku, biasanya pake sekali-dua kali aja, ketombe udah hilang. Tapi, ya plis deh rajin-rajin keramas biar nggak ketombean. Kan lebih mudah mencegah daripada mengobati, ya tho ???.
  • Pilihlah bahan jilbab/kerudung yang breathable tapi nggak tembus pandang. Indonesia negara tropis, jadi aku rasa penggunaan jilbab yang simpel dan nggak banyak belit sana-sini akan membuat kulit kepala dan rambut tetap dapat udara.

2. Rambut rontok.

Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut untuk mereka yg berjilbab. Diantaranya penggunaan shampo yang gak tepat, dikuncir terlalu ketat, atau langsung pake jilbab dalam keadaan rambut masih basah. Selain itu kerontokan rambut bisa juga disebabkan oleh stress, merokok, gizi tidak seimbang, faktor hormonal, berbagai macam penyakit sampai faktor keturunan. Kalo dari info yang aku baca, untuk mengatasi masalah kerontokan adalah dengan makan makanan yg bagus untuk kesehatan dengan nutrisi seimbang, lalu kenali faktor yg menyebabkan rambut rontok tadi.

Rambut rontok ini adalah masalahku yang terberat. Berat banget. Karena… ummm my hair used to so thick, straight and very smooth, even the salon’s hairdresser said i’m lucky to have that kind of hair. Alhamdulillah. Dan, aku syedih ngeliat rambutku itu jatuh berguguran dengan horornya di setiap keadaan. Bangun tidur, rambur rontok memenuhi bantal, pas disisir gugur memenuhi lantai, pas keramas gugur lagi. Mungkin aku lebay, tapi aku takut kalo sampai terjadi kebotakan dini, secara dulu belum nikah ya. Aku khawatir suamiku terkejut melihat wanita yg dinikahinya ternyata tidak berambut. Ahahahhahahhakks. Solusinya yang tepat untukku adalah :

  • Menggunakan shampoo untuk rambut rontok yang cocok buat-ku dan pake minyak cem-ceman sambil dipijat ringan 1 jam sebelum keramas.

Minyak cem-ceman itu adalah minyak dari kelapa yang ada kandungan rempah-rempahnya. Manfaatnya banyak sekali, seperti untuk merawat kemilau rambut, menjaganya tetap hitam, dan menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok. Aku punya produk favorit untuk mengatasi rambut rontok, aku pake minyak cem-ceman dari mustika ratu. Karena mudah didapat, dan nggak ribet bikin minyak cem-ceman sendiri. Untuk shampoo-nya, aku pake shampoo bayam dari mustika ratu juga, yang manfaatnya untuk menguatkan rambut agar tidak mudah rontok.

haircare

Shampoo bayam dan minyak cem-ceman

Aku udah pake produk ini sekitar 6 bulan terakhir, alhamdulillah cocok buatku dan memuaskan. Rambut rontokku berkurang (masih rontok, tapi nggak banyak banget yg sampe bikin aku histeris kayak dulu). Salah satu keuntungan pake minyak cem-ceman aku nggak perlu lagi pake kondisioner karena rambutku sudah lembut dan lemas setelah menggunakannya. Hemat duit !. Rambutku lebih cepat panjang dan mulai banyak rambut baru yang tumbuh menggantikan rambut rontok yang terdahulu. Tapi, bisa aja apa yg aku alami ini nggak sesuai dengan kamu karena hasil yg diharapkan sebuah produk itu bisa aja berbeda, tergantung cocok atau enggaknya. Jadi ya, carilah produk perawatan rambut yg cocok untukmu.

Singkatnya , ini nih tips merawat rambut ala aku yg murah meriah dan gak ribet :

  • Keramas secara teratur, biar gak gatal-gatal bin ketombe.
  • Pilihlah shampo yang sesuai dengan rambut.
  • Gunakan minyak cem-ceman untuk nutrisi rambut dari luar.
  • Boleh juga menggunakan tambahan vitamin, creambath atau hair tonic minimal untuk menjaga kualitas rambut.
  • Menyisir rambut dengan sisir yang bergigi jarang.
  • Tidak mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang.
  • Jangan memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah.
  • Tidak menggunakan pemanas untuk mengeringkan rambut seperti hairdryer, sebaiknya dikeringkan alami atau diangin-anginkan dengan kipas angin.
  • Pake dalaman kerudung yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun atau kaus.
  • Rajin-rajin menggunakan bahan alami untuk merawat rambut, seperti air jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe, lendir lidah buaya untuk rambut rontok, air teh basi yg sudah didiamkan semalam untuk menjaga kesuburan rambut.

Noted : Bukan iklan, bukan promo, murni pengalaman pribadi😀. Ohya kepala panas, gatal, rambut lepek, dan ketombean di dunia jauh lebih baik daripada menanggung dosa ga berjilbab di akhirat nanti kan ya ???. Mudah-mudahan membantu yaaa guuuuurrllssss *kibas jilbab.

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

20 thoughts on “Haircare untuk kamu yang berjilbab

  1. ichasyahfa April 16, 2015 at 5:54 am Reply

    Wah sama Mbak Eka, Icha juga jarang ke salon, males aja ribet srg2 ke salon. Plg kalo kakak ngajak nemenin dia baru ke salon haha

    • Eka Novita April 17, 2015 at 5:23 am Reply

      Iya, emang beberapa cewek suka malesan ya ke salon. Enakan yg apa adanya aja ya😀

  2. tafifah April 16, 2015 at 7:30 am Reply

    Salam kenal mbak🙂
    Aku udah pake yg sampo anti ketombe sama anti rontok tetep aja begitu.
    Rekomen buat sampo yg ampuh apa ya mba? Terutama buat yg ketombe
    Makasih

    • Eka Novita April 17, 2015 at 5:31 am Reply

      Salam kenal kembali🙂.
      Kalo aku sih ya rekomendasikan shampoo bayam dan minyak cem-ceman. Tapi pake air jeruk nipis manjur loh utk menghilangkan ketombe walau agak perih dikit.

  3. Dita April 16, 2015 at 9:28 am Reply

    yang bikin stress itu rontoknya, tapi makin stress ntar makin rontok ya😦
    kadang serba salah juga sih, abis keramas masih basah kalo langsung dijilbabin nanti rontok. tapi kalo tiap abis keramas pake hair dryer juga bikin rontok. trus aku kudu piye

    • nengwie April 16, 2015 at 9:42 am Reply

      Pengalaman teteh mah, jangan di keringkan pakai yang paling panas gitu Dit…agak jauhkan trs ganti pakai yang anginnya doang… Trs pakai tonic.
      Naaah kalau mau pergi cepat, keramasnya jangan ngedadak gitu.. jd rambut kering beneran..🙂

    • Eka Novita April 17, 2015 at 5:29 am Reply

      kalo abis keramas dikeringin pake kipas angin aja mbak Dita, soale kalo keseringan pake hairdryer rambut malah jd kering dan makin rontok. ya dicoba pake hairtonic dan minyak cem-ceman, mudah-mudah rontoknya berkurang.

  4. nengwie April 16, 2015 at 9:44 am Reply

    Air di Jerman itu Kalk nya tinggi, bikin rambut ngga bagus dan kulit kepala kering, jdnya gatal dan ketombean, sayang minyak yg disebut di atas, ndak ada di sini, jd nanti kalau pulang, wajib beli nih minyak cemcemannya…dan produk perawatan rambutnya…hatur nuhuun buat infonya..

    • Eka Novita April 17, 2015 at 5:27 am Reply

      Sama-sama mbak, minyak cem-ceman itu dr kelapa loh mbak. Coba aja mbak pake minyak virgin coconut oil (manatau di Jerman ada yg jual)😀

  5. rinasetyawati April 16, 2015 at 11:58 am Reply

    eeh baru tau ada shampo bayam, keluhanku selama berjilbab cuma satu yaitu ketombe, udah beberapa shampo dicoba tidak ada yang berhasil

    • Eka Novita April 17, 2015 at 5:26 am Reply

      Iya mbak ini shampoo bayam-nya cocok buat rambutku, tapi kalo dipake busanya ga sebanyak shampoo biasa dan agak kesat gitu hasilnya setelah keramas. Kalo aku ketombe dikasih jeruk nipis sih kulit kepala-nya. Alhamdulillah manjur.

  6. Haya Najma April 16, 2015 at 6:14 pm Reply

    emang cocok-cocokan ni sampo. Sampo bagus ga cocok juga kena ketombe, huhu😀

    • Eka Novita April 17, 2015 at 5:24 am Reply

      Iya, kalo udh dapat yg cocok ga usah ganti2 lagi kan, nanti rambut mesti adaptasi lagi.

  7. Susie Ncuss April 21, 2015 at 2:42 pm Reply

    sama nih problemnya….
    aku pernah mengalami masa2 kelam ketombean waktu naek semeru which is gue gak keramas 3 hariiiii.
    nightmare banget =_=

    • Eka Novita April 27, 2015 at 4:17 am Reply

      Hehehheheheh, iya ya horor ngeliat salju berguguran dari rambut, mana gatelnya pasti luar biasa. Memang tobat deh kalo ketombean.

  8. Kiky May 15, 2015 at 12:21 pm Reply

    Halo mbak eka, terimakasih infonya🙂

    • Eka Novita May 15, 2015 at 12:22 pm Reply

      Halo juga kiky, sama-sama. terimakasih juga udah berkunjung kemari😀

  9. dinlas June 5, 2015 at 10:05 am Reply

    salam kenal mba eka aq juga gitu punya masalah ketombe n rambut rontok parah banget deh pokoknya karena kadang suka males keramas hihihihh tp solusinya emang rajin n dirawat aja yah … makasih infoonya aq baru tau tentang sampo bayam ini belakangan aq pake masker rambut alami tp beli di olshop itu bagus juga enak n murah krna banyak hihiih anak jaman sekarang banget yah mainnya olshop :p

    • Eka Novita June 6, 2015 at 12:04 pm Reply

      Azeeeeee… yg anak jaman sekarang… Btw masker rambut alami-nya itu boleh tau nggak apaan ? biar saya bisa ikut nyobain jg gitu ?.

      • dinlas June 16, 2015 at 7:39 am

        ada mba namanya hair mask terbuat dari pohon gaharu gt cmiiw. beli nya di olshop ,,, nama IG nya @beautyinthepot harganya klo ga salah 75 ribu tapi bisa lama awet hehhehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: