Dikunjungi Syaikh dari Palestina

Dua hari yang lalu, aku menerima sms dari sahabatku yang berisi ajakan untuk menghadiri tabligh akbar di mesjid Raudhatul Jannah – Perawang. Rupanya kampungku (ehmmm lebih tepatnya Kecamatan-ku) mendapat kunjungan dari seorang Syaikh dari Palestina.ย  Aku mengiyakannya, karena aku memang suka menghadiri majelis ilmu. Awalnya agak kaget juga sih menerima ajakannya, soalnya sahabatku ini adalah seorang dokter yang sibuk pake banget banget dengan kegiatan dinasnya di sebuah rumah sakit umum daerah. Hihihiii, jarang-jarang nih bisa pergi ke majelis ilmu bareng dia. Jazzakillah khairan katsiran sahabatku atas ajakan dan jemputannya๐Ÿ™‚.

Sekitar pukul setengah 8 malam lewat dikit, Syaikh tersebut tiba di mesjid Raudhatul Jannah Perawang. Alhamdulillah mesjid dipenuhi oleh jamaah, banyak sekali anak-anak yang antusias untuk bisa bertemu dan mendengarkan langsung kajian yang akan di bahas oleh sang Syaikh tersebut.

Kami sholat Isya berjamaah yang disambung langsung dengan sholat tarawih dan witir. Syaikh tersebut menjadi imam sholat kami. Bacaan beliau sangat bagus dan merdu, MasyaAllah !. Kalau aku nggak berada disitu mungkin aku menyangka suara itu adalah rekaman murottal berformat mp3. Beliau menggunakan surat-surat al-qur’an yang panjang, tapi terasa sebentar saja. Mungkin karena hati terhanyut ke dalam syahdunya lantunan ayat-ayat Allah. Sholat tarawih terasa begitu nikmat karena dilaksanakan sesuai tuntunan Sunnah Rasulullah, tidak menggunakan do’a-do’a yang mengandung bid’ah di saat akan memulai sholat tarawih.

Suka^5505 copy

kelihatan gak Syaikh-nya ? yang lagi duduk itu loh..

Selepas sholat Tarawih dan Witir, Syaikh tersebut memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Arab, yang diterjemahkan oleh Ustadz Eko ke dalam bahasa Indonesia. Nama beliau adalah Yusuf Ismail Suliaman, biasa dipanggil Ustadz Thoriq. Beliau adalah seorang hafidz Qur’an yang lahir di Gaza, Palestina. Beliau seorang lulusan Doktoral Universitas Islam Madinah jurusan tafsir. Kedatangan beliau ke Indonesia khusus-nya Perawang adalah untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat Indonesia, untuk menyampaikan situasi terkini dan riil di Palestina. Kedatangan beliau juga diikuti penggalangan dana untuk Palestina melalui tim bantuan kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap).

Beberapa poin yang kucatat dari penjelasan beliau mengenai kondisi di Palestina saat ini adalah :

  • Masalah Palestina, sama dengan masalah Indonesia pada saat di jajah Belanda dahulu. Konflik yang terjadi bukan hanya konflik agama, melainkan konflik dimana rakyat Palestina mempertahankan diri dan wilayah tanah air dari penjajahan Zionis Yahudi.
  • Wilayah Gaza sendiri luasnya kira-kira hanya 300 km, dan mereka diembargo sejak 8 tahun yang lalu.
  • Embargo sendiri meliputi laut, darat, dan udara yang menyulitkan rakyat Palestina untuk melakukan kegiatan ekonomi dan memenuhi kebutuhan hidup. Bantuan dari luar negeri juga sulit masuk ke wilayah Palestina karena adanya embargo ini.
  • Listrik sangat minim. Hanya hidup 6 jam sehari, kadang bisa sampai berhari-hari tidak ada listrik.
  • Isarel menggunakan senjata pemusnah massal dan kimia White Phosphorus yang jelas-jelas terlarang dalam hukum perang Internasional.
  • Efek dari White Phosphorus itu sendiri dapat membakar apa saja dengan cepat dan massal, menyebabkan kematian, bahkan janin yang ada dalam kandungan dapat terlahir cacat karena senjata kimia ini.
  • Israel menggunakan peralatan perang dan senjata yang canggih, sedangkan pejuang Palestina hanya menggunakan senjata seadanya, seperti batu.
  • Di tengah keterbatasan, pemuda-pemuda sholeh dari pejuang Al Qassam-Hamas mampu menciptkan senjata yang mampu menembus jantung pertahanan Israel di Tel Aviv.
  • Media luar negeri banyak yang pro terhadap Zionis Yahudi, dan menyudutkan masyarakat Palestina. Mereka memutar balikkan fakta yang sebenarnya dan menuduh masyarakat Palestina sebagai biang masalah, suka menebar teror dan emngancam keamanan Israel.
  • Kesadaran masyarakat Gaza akan Tauhid sangat tinggi, dan anak-anak disana banyak yang bercita-cita menjadi hafidz Qur’an. Saat ini rakyat Gaza memiliki 200.000 anak-anak penghafal Qur’an.
  • Harapan Palestina adalah bisa merdeka seperti rakyat Indonesia yang mampu merdeka dari penjajahan karena banyaknya bantuan dari Internasional.
  • Rakyat Palestina merasa memiliki kedekatan batin dengan Indonesia, kehadiran orang Indonesia selalu dinanti dan disambut baik di sana.
  • Masjid Al Aqsa bukan hanya milik rakyat Palestina saja melainkan milik seluruh umat muslim di seluruh dunia. Maka sudah seharusnya umat muslim bersatu untuk memperjuangkannya.
  • Bahkan rakyat Palestina sendiri tidak bisa melaksanakan sholat di dalam masjid Al Aqsa.
  • Masjid Al Aqsa adalah masjid kedua yang dibangun di muka bumi ini stelah masjidil Haram di Mekkah.
  • Masjid Al Aqsa pernah menajdi kiblat umat muslim selama 16 bulan sebelum turunnya surah Al Baqarah.
  • Masjid Al Aqsa adalah tempat yang dianjurkan oleh rasulullah untuk diziarahi (dikunjungi), berdasarkan hadits yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:
    ู„ุงูŽ ุชูุดูŽุฏูู‘ ุงู„ุฑูู‘ุญูŽุงู„ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‰ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏูŽ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ูˆูŽู…ูŽุณู’ุฌูุฏููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุฃูŽู‚ู’ุตูŽ

    Artinya : “Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)“. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

  • Sholat di dalam masjid Al Aqsa lebih utama 500 kali dibandingkan sholat di masjid lainnya, berdasarkan hadits yang berasal dari Abu Dzar :
    ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ุจู…ุงุฆุฉ ุฃู„ู ุตู„ุงุฉุŒ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ู…ุณุฌุฏูŠุŒ ุจุฃู„ู ุตู„ุงุฉุŒ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ุจูŠุช ุงู„ู…ู‚ุฏุณ ุจุฎู…ุณู…ุงุฆุฉ ุตู„ุงุฉ

    Artinya : โ€Sholat di Masjidil Haram lebih utama seratus ribu kali lipat daripada sholat di masjid-masjid lainnya. Sholat di Masjid Nabawi lebih utama seribu kali lipat. Dan sholat di Masjidil Aqsha lebih utama lima ratus kali lipat.โ€ (HR Ahmad dari Abu Darda).

Aku bersyukur mengikuti majelis ilmu ini. Aku sadar, aku nggak bisa bantu apa-apa, hanya do’a dan sedikit rupiah yang bisa kuberikan untuk membantu perjuangan saudara-saudaraku di Palestina. Mudah-mudah dapat meringankan kesulitan mereka.

Beberapa waktu yang lalu aku sempat merasa sangat sakit hati dengan pernyataan seseorang di timeline facebook-ku, ia menuliskan “buat apaย  orang Indonesia susah payah membantu palestina, sedangkan begara-negara Arab lainnya gak ikut membantu dengan alasan negara mereka mengalami konflik internal, emangnya orang Indonesia gak punya konflik internal apa ???”.

Astaghfirullah hal adziim, aku berlindung kepada Allah dari gangguan Syaithon yang meniupkan prasangka, kebencian dan fikiran jelek ke dalam otakku. Menurutku pribadi, kalau memang sudah niat mau membantu, yaudah lakukan saja. Memangnya menolong orang harus menunggu orang lain dulu ?. harus ikut-ikutan ?. Seharusnya dia berfikir, kalau dia memang TIDAK MAU membantu, maka TIDAK PANTAS buat dia bersikap sinis atas ketulusan dan semangat orang lain yang berniat membantu saudaranya. Tidakkah dia tahu kalau bangsa Palestina, adalah salah satu bangsa yang membantu kemerdekaan kita, bangsa Indonesia.

10557379_736325596411399_7410725309265907934_n

Aku hanya takut… nanti di akhirat kelak, dimana aku harus mempertanggung jawabkan perbuatanku di dunia, aku dituntut oleh saudara-saudaraku atas apa yang sudah kuperbuat, apakah aku pernah membantu saudara se-iman yang terzholimi. Aku takut hanya bisa terdiam… karena aku tidak melakukan apa-apa untuk mereka.

Karena aku percaya adanya hari akhir, dan hari pembalasan…

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 thoughts on “Dikunjungi Syaikh dari Palestina

  1. ferdiansyah30 July 18, 2014 at 5:41 am Reply

    Banyak2 doa aja skrg buat sodara2 dipalestin

  2. ndutyke July 18, 2014 at 9:39 am Reply

    Thanks a lot for sharing this story๐Ÿ™‚

  3. Vinda Filazara July 18, 2014 at 10:48 am Reply

    Ya. Doa adalah senjata terampuh yang dimiliki umat muslim bukan ?๐Ÿ™‚
    Mari kita berdoa yang untuk mereka yang terkasih๐Ÿ™‚

    • Eka Novita July 19, 2014 at 5:37 am Reply

      Betul sekali, tidak bisa mengecilkan kekuatan do’a๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: