Uji Coba : Jamur Tiram Crispy

Beberapa hari yang lalu aku pergi ke warung harian untuk beli sayur mayur, dkk. Waktu itu mamak minta dibuatkan gulai pucuk ubi tumbuk ala Sumut dan sambel teri main bola (teri + tempe kering + kacang tanah). Pas milih-milih bahan masakan, ibu warung nawarin sebungkus jamur tiram yang lebar-lebar dan segar. Langsung ngiler ngeliatnya. Aku suka jamur tiram karena teksturnya kenyal dan rasanya mirip daging ayam.

tiram-6

Ini loh jamur tiram itu, kalo bule bilang Oyster Mushroom. Sumber : eopelatihanbudidayajamurcianjur.wordpress.com

Biasanya jamur tiram aku olah jadi pelengkap sayur oseng-oseng atau campuran capcay. Berhubung gulai pucuk ubi tumbuk adalah special request yang gak bisa dielakkan, aku mikir gimana kalo jamur tiram digoreng aja sebagai cemilan.

Karena belum pernah bikin jamur crispy, aku bingung… haruskah pake tepung bumbu instan serbaguna atau bikin adonan tepung cair sendiri seperti tepung untuk bikin tempe mendoan. Awalnya pengen praktis aja pake tepung bumbu serbaguna, tapi tepungnya gak ada di kulkas. Iya sih, kami jarang nyetok tepung bumbu. Mau ke warung lagi untuk beli tepung bumbu juga udah kadung males, males ganti baju lagi, pasang jilbab lagi, dan jalan kaki lagi. Akhirnya, kuputuskan untuk bikin adonan bumbu sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dengan menggunakan metode takaran kira-kira (pakai feeling). So let’s make it !.

Bahan utama : Jamur Tiram.

Bahan adonan tepung cair :

  • Tepung terigu (kira-kira setengah gelas belimbing)
  • Tepung beras (kira-kira tiga sendok makan)
  • Telur sebutir
  • Bumbu >> merica sejumput, ketumbar sejumput, bawang putih tiga siung, garam dikit aja (setengah sendok teh), dan kaldu ayam serbaguna sedikit (optional).
  • Air untuk mencampur adonan.

Cara membuat :

  • Rendam jamur tiram dalam air panas agar aroma kayu-nya hilang.
  • Haluskan bumbu, terserah maudiulek atau diblender.
  • Kocok telur.
  • Campurkan semua bahan.
  • Masukkan air untuk mencairkan adonan, masukkan perlahan-lahan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Takaran airnya dikira-kira aja sesuai dengan kekentalan yang pas menurut selera kamu.
  • Sesekali bolehlah di-icip adonan tepungnya biar pas asin gurih-nya sesuai dengan yg kamu mau.
  • Celupkan jamur tiram ke tepung adonanan hingga rata dan cakep.
  • Goreng hingga warnanya kecoklatan.
  • Siap disajikan.
jamur tiram crispy

Tararrararrara !!!

Bentuknya boleh lah nggak menarik dan tidak menggiurkan. Tapi rasanya enak beeeebbb !!!. Beneran enak, bukan muji makanan sendiri tapi memang enak, serius !. Enak dimakan panas-panas pakai sambel botol. Sepiring jamur krispy tandas licin dalam waktu kurang dari 10 menit saja. Huahahah. Ish ish, aku yang nggoreng cuman kebagian beberapa potong. Padahal kan aku yg tadi ngiler makan jamur, tapi senang juga sih bapak-mamak-adek suka. Alhamdulillah.

Ngomong-ngomong, inilah kerjaan rutin aku tiap hari, masak-masak teruuus. Masak untuk sarapan, masak untuk makan siang-makan malam, masak untuk cemilan. Kalo kalian mikir aku expert dalam hal masak-memasak itu salah besar, NEHI NEHI laaah (tetiba ala India) !. Kalo kata mamak, gaya aku memasak adalah gaya campak-lempar (bukan campak-lempar ala atraksi koki profesional di restoran yakiniku Jepun ya). Tapi campak-lempar hingga sukses membuat dapur berantakan. Semua bumbu kumasukkan (tepatnya kulempar-lempar) ke dalam kuali sesuka hati. Kalo lagi lucky hasilnya lumayan enak. Tapi kalo lagi sial, atau salah resep alamatlah keluargaku makan sambil mengerutkan jidat menahan serangan rasa asing yang gak bisa diidentifikasi oleh lidah mereka. Maafkan aku Mak, kalo masakanku lebih sering gak enak daripada enak. Mungkin keluargaku mengamalkan anjuran Rasulullah untuk gak mencela makanan yg terhidang walaupun rasanya njebleeh *pasang muka innocent.

Terus, kenapa aku “terlihat” rajin betul memasak ?. Mamakku kemana memangnya ?. FYI, mamakku kerja, guys. Beliau sih seneng-seneng aja masak untuk keluarga, tapi aku sebagai anak yg udah banyak menyusahkan orangtua dan punya banyak waktu luang -karena statusku sbg pekerja serabutan- berinisiatif membantu mamakku menyiapkan makanan buat keluarga. Aku pengen Mamakku nyantai sepulang kerja, gak usah repot masak-masak segala…

Okeh that’s all. Yang mau nyoba resep jamur krispy ngasal ala aku, ya monggo… InsyaAllah berhasil dan enak, soalnya gampang kan cara buatnya. Buruan dimakan ya selagi panas, soale kalo udah dingin efek crispy-nya menghilang, si jamur jadi lembek. Tapi tetap nikmat kok. Selamat mencoba.

Tagged: , , , , , , , , ,

31 thoughts on “Uji Coba : Jamur Tiram Crispy

  1. Afrioni June 8, 2014 at 1:32 am Reply

    nyamieee ne kyaknya,, hehehhe.
    mantap mbak eka. hehehehe

  2. Aulia Fitri June 8, 2014 at 2:44 am Reply

    kalau sudah jam 11-12, walaupun bentuk tidak menarik tetap enak untuk dicoba lho mba Eka๐Ÿ˜€

  3. Gusti 'ajo' Ramli June 8, 2014 at 3:37 am Reply

    jadi penasaran nyobain jamur crispy ala eka… Soalnya seumur-umur baru beberapa kali makan jamur tiram, pertama di goreng tapi hasilnya gak crispy, kedua dicampur dengan mie rebus…

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 11:30 am Reply

      Dicoba resepnya ya Ajo.
      Akuuu juga suka makan mie rebus campur jamur. Tapi biasanya klo untuk mie aku pake jenis jamur sawit itu jo, bentuknya gak cakep tapi kenyal, enak bgt !.

  4. jampang June 8, 2014 at 8:15 am Reply

    kayanya enak, nih๐Ÿ˜€

  5. Enje June 8, 2014 at 9:11 am Reply

    iya. aku sukaaaa banget buat resep yg 1 ini. simpel plus enak :))

  6. Erit07 June 8, 2014 at 9:32 am Reply

    Jamur tiram memang favorite,bahkan di tv,jamur tiram di buat sate..

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 11:25 am Reply

      iya, sepertinya nikmat dibikin sate. tapi gak tau resepnya๐Ÿ˜›

  7. liamarta June 8, 2014 at 9:45 am Reply

    Jadi pengen jamur crispy nih, Eka.

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 11:24 am Reply

      Hayuk dibikin mbak, mumpung hari minggu nih๐Ÿ™‚

  8. ferdiansyah30 June 8, 2014 at 12:44 pm Reply

    Duuh kayanya enak tuh๐Ÿ˜€ *Nyuruh emak masak*

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 12:45 pm Reply

      hehehhehe… bikin sendiriii dong Ferdi๐Ÿ™‚

      • ferdiansyah30 June 8, 2014 at 9:03 pm

        aduuh ntr jadi zonk mba klo bikin sendiri

      • Eka Azzahra June 8, 2014 at 9:24 pm

        kekkekekekkekekeke๐Ÿ˜„

  9. Haya Najma June 8, 2014 at 5:04 pm Reply

    saya juga suka bikin nih mbak, biasanya adonan nggak saya encerin, jadi setelah jamur nyemplung ke kocokan telur, saya gulingin di adonan tepung aja,

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 9:22 pm Reply

      Wah makasih mbak, jadi tau ada cara lain. kalo pake cara itu efek krispi jamurnya lebih tahan lama g mbak ?. soale hasil gorenganku krispi-nya cma pas lg pana doang๐Ÿ˜ฆ

      • Haya Najma June 9, 2014 at 8:21 pm

        sama aja sih, tapi mungkin tahan lebih lama daripada digoreng tepung ala tempe goreng ya?

  10. Ry June 8, 2014 at 7:10 pm Reply

    Aku juga sering bikin jamur crispy gini, tapi klo lagi males pake bumbu ulek cuma ditambah garam dan merica aja๐Ÿ™‚

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 9:23 pm Reply

      tetep enak pastinya yaaaa๐Ÿ™‚

      • Ry June 10, 2014 at 2:35 pm

        Tetep enak dan nagih, hehehhe

  11. rianamaku June 8, 2014 at 8:04 pm Reply

    KalAU DI YOGYA resto yang berbau jamur banyak, namun ada satu resto yang Sate jamurnya JUARA dan harus di coba๐Ÿ™‚

    • Eka Azzahra June 8, 2014 at 9:24 pm Reply

      Mudah-mudahan suatu saat aku bisa nyobain icip-icip sate jamur di Yogya๐Ÿ™‚

  12. Hikari Azzahirah June 9, 2014 at 8:18 am Reply

    jadi inget sama yg suka jamur๐Ÿ˜€

  13. Ceritaeka June 9, 2014 at 1:44 pm Reply

    Lucu juga nih buat cemilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: