Handphone Pertamaku

Tahun 2004 adalah tahun dimana saya disuruh “keluar” dari rumah untuk “merantau”. Ececeh masih satu provinsi aja disebut merantau ! *ngikik. Waktu itu saya diutus oleh orangtua melanjutkan pendidikan SMA di ibukota provinsi Riau, Pekanbaru. Bukan karena di Kabupaten saya nggak ada sekolah, hanya saja orangtua pengen saya ngerasain hidup jauh dari orangtua dan belajar mandiri dengan nge-kos. Awalnya saya protes lah !. Nggak mau ngekos, karena jarak dari Pekanbaru ke kampung saya cuma 2 jam aja, masih memungkinkan untuk pulang-balik hari. Tapi orangtua tetap ngotot untuk “mengekos-kan” saya. Akhirnya pasrah, daripada bikin orangtua marah dan malah nggak disekolahkan nantinya. Ihik !.

Sebagai salah satu modus mereka untuk membuat saya mau sekolah ke kota, adalah dengan mengiming-imingi saya dengan sebuah handphone. Saya girang bukan main, soalnya dari SMP udah kepingin punya handphone tapi gak dibelikan. Iming-iming dari mereka terbawa sampai ke mimpi, saya penasaran handphone apa yang bakal dibelikan. Angan-angan saya udah panjang kemana-mana, rasanya bakal dapat handphone keren yang udah ada MP3 dan kamera-nya, seperti Nokia 3200, 6600, 3660 yang zaman itu udah mantep banget. Huahahaha, saya taunya cuma handphone Nokia semua. Nah, pas hari “H” bapak pulang kerja bawa bungkusan.
Aku langsung nyamperin Bapak, “Itu bungkusan apa pak ?, handphone ya ?“, aku nyengir nyaris sampe telinga saking girangnya.
Iya, ini handphone buat Opik (nama panggilanku di rumah), di pake baik-baik ya, hemat-hemat pake pulsanya“, kata Bapak.

Makasih Bapaaaaak“, kata saya sambil nyamber bungkusan. Pas dibuka ternyata handphone Nokia 2600 yang saya dapatkan. Hahahha, kadang apa yang kita harapkan nggak berbanding lurus dengan kenyataan. Sob sob sob !

nokia-2600-g

Nokia 2600. Sumber : cellphones.about.com

Jujur, hati saya mencelos saat itu. Tapi ngeliat muka bapak berbinar-binar, saya pun berusaha membinar-binarkan muka saya juga. Hahahahaha !. Ya udahlah gapapa, namanya juga hadiah. Masak udah dikasih masih protes, udah untung dibelikan. Saya maklum, bapak bukan orang yang tahu tentang perkembangan teknologi handphone. Beliau tahunya handphone itu ya fungsinya untuk telepon dan sms saja. Dan, ternyata hal itu menurun kepada saya. *ngakak. Handphone saya yang sekarang masih handphone jenis Nokia symbian sodara-sodara. Apapun, saya bersyukur sekali. Kalo bukan lewat tangan bapak, darimana saya bisa ngerasain punya handphone untuk pertama kalinya.

Semenjak punya handphone, hobi saya adalah bikin nada dering pake menu composer. Setiap nemu majalah yang ada kode composer-nya langsung buru-buru disalin. Kalo nadanya enak didengerin berkali-kali. Hobi lainnya adalah gonta-ganti casing handphone dengan casing yang lucu-lucu dan imut.ย  Terus waktu itu telkomsel ngeluarin layanan NSP (Nada Sambung Pribadi), jatah pulsa dari orangtua saya habiskan kesitu. Ah dasar bocah !. Lalu saya membujuk-bujuk teman untuk pasang NSP dengan lagu yang saya suka, setelah itu saya telpon dia untuk sekedar untuk dengerin NSP-nya dia, kurang kerjaan banget !.

Kebersamaan saya dengan si Nokia 2600 berakhir menjelang saya naik kelas 2 SMA. Qadarullah, handphone saya hilang dicuri maling saat di kos. Pencurian terjadi saat menjelang subuh. Saya terbangun karena kedinginan. Pas saya ngelihat kearah jendela, jendela sudah terbuka lebar. Refleks nyari handphone, dan memang sudah tidak ada. Saya langsung nangis-nangis ngelapor ke bapak kos. Pas dicek ke sekeliling rumah ternyata si maling mengambil handphone saya dengan kayu panjang yang ujungnya diberi pengait. Saya sedih dan takut bilang ke Bapak. Bapak saya pasti marah karena saya nggak bisa jaga barang yang beliau berikan.

Tapi mana ada yang bisa kita tutupi dari orangtua. Bapak dan mamak curiga kenapa nomor saya nggak aktif. Bapak menelpon teman saya dan diberitahu kejadian hilangnya si handphone itu. Persis seperti yang saya fikirkan, beliau mengomeli keteledoran saya tanpa ampun. Iya sih, sepertinya saya kurang rapat mengunci jendela hingga si maling dengan mudahnya mencongkel jendela tersebut. Saya pasrah saja dimarahi.

Setelah beliau puas memarahi, beliau berkata “Minggu depan Bapak dan Mamak mau ke kos Opik, kamu mau handpone seperti apa ?”.
OMG, hakhakhakhak ada hikmahnya kehilangan handphone, bisa dapat handphone baruuuuu !. Saya langsung buru-buru bilang, ” Terserah Bapak belikan handphone apa, cuma kalo boleh Opik mau yang ada kamera-nya ya…“.
Oh oke-oke, nanti Bapak belikan yang ada kameranya“, tandas beliau.

Nokia 3220

Nokia 3220

Hari yang dinanti tiba, dan Bapak menyodorkan saya sebuah handphone baru berkamera. Dan barulah saya sadar, “Oh kemarin lupa bilang, mau handphone yang ada mp3-nya juga !“, sambil menatap si Nokia 3220 yang tidak memiliki aplikasi Mp3. Hahahahaha.

Entah kenapa handpone yang saya rasa sebagai handphone pertama ya si Nokia 3220 ini. Mungkin karena dia udah bersama saya dari tahun 2005 sampai sekarang (udah 9 tahun beb !). Dia, menemani hari-hari saya untuk berkomunikasi dengan orang banyak, bisa untuk update status facebook atau browsing meskipun leletnya kelewatan, kita bisa bobok agak-agak 15 menit menunggu internetnya connect *over laaah !. Dia tetap sehat walafiat meskipun pernah kecebur air, baterainya awet belum pernah diganti. Hanya saja Keypad-nya udah nggak berfungsi maksimal, fisiknya pun sudah dekil sekali, dari putih jadi kelabu. Dia tetap saya gunakan meski hanya sebagai cadangan (jangan merajuk ya beb !) disaat saya sempat beralih ke Sony Ericsson ( hilang dicuri maling lagi !), dan sekarang setia menggunakan Nokia (lagi !) tipe 6302ci. Alasannya ya, karena handphone ini adalah pemberian dari orangtua, selagi dia masih kuat dan bermanfaat ya digunakan saja sebaik-baiknya. Toh cepat atau lambat, ada waktunya bagi kami untuk berpisah *elus-elus Nokia 3220.

Tulisan ini diikut sertakan dalam GIVEAWAY : CERITA HAPE PERTAMA yang diadakan oleh Mbak Isti’adzah.

10338828_10203858501568353_1231243048_n

Tagged: , , , ,

34 thoughts on “Handphone Pertamaku

  1. karumi May 8, 2014 at 11:07 pm Reply

    Like this….haha igt bget hp hp itu semuaaa cinggu….
    Aaaaa knnn jd linduuu hp yg dulu nokia 3200 dan hlg g tau dmn….nokia 2100… yahhhhh lindo polyponic n monoponic klo g slh…. kmera 1.3 mp itu dulu rsanya udhhh senng bgt g ketulungannn…. ^^

    • Eka Azzahra May 8, 2014 at 11:09 pm Reply

      Iya beb, kalo dikenang-kenang bisa punya handphone aja udah bersyukur banget ya rasanya. Kekekke nada dering polyphonic aja udh berasa paling merdu sedunia.Kekekkeeke !
      Aku masih ingat betapa sedihnya aku wktu handphonemu ilang, secara handphonemu andalanku untuk nebeng dengar radio. Hahahha.

  2. Aulia Fitri May 9, 2014 at 3:42 am Reply

    Tapi kini Nokia tamat riwayat sudah๐Ÿ™‚

    • Eka Azzahra May 9, 2014 at 11:12 am Reply

      iya,handphoneku jadi barang antik๐Ÿ™‚

  3. jampang May 9, 2014 at 5:24 am Reply

    wow…. lama banget, sembilan tahun.

    • Eka Azzahra May 9, 2014 at 11:12 am Reply

      Hehehhehe, Alhamdulillah. Jadilah, sekedar untuk hape cadangan Bang !

  4. ibnuH May 9, 2014 at 8:52 am Reply

    hihihi… bagus

  5. peta May 9, 2014 at 9:03 am Reply

    saya ingat yg composer itu.. *kurang kerjaan banget dah*
    bisa main game sneak ama space war (bener gk namanya) di hape, girangnya gk ketulungan. tpi bukan HP saya, HP mbak.๐Ÿ˜

    • Eka Azzahra May 9, 2014 at 11:14 am Reply

      hihihi, iya nama games-nya benar. Tapi saya gak peminat game, kalo main ular-ularan selalu kalah karena nabrak ekor sendiri. *payah

  6. kaprilyanto May 9, 2014 at 9:20 am Reply

    hp pertama aku SE K300i, cuma bisa denger bebarapa lagu aja๐Ÿ˜€

    • Eka Azzahra May 9, 2014 at 11:15 am Reply

      Wuah hape pertamanya keren, dulu aku selalu mupeng ngeliat temen yg ber-hape Sony, di mataku keren !

  7. Hikari Azzahirah May 9, 2014 at 12:24 pm Reply

    jaman SMP cuman pernah liat orang make hape ajaa….
    :))

    • Eka Azzahra May 9, 2014 at 12:49 pm Reply

      samaaaaaa dong kita, akupun begitu๐Ÿ™‚

  8. Arip Yeuh! May 9, 2014 at 2:09 pm Reply

    Manfaat dari kecurian hape: Dapet hape baru.๐Ÿ˜€

  9. tryout online May 9, 2014 at 5:57 pm Reply

    klo jaman sekarang mah anak SD saja sudah makenya Hp BB/android, jangan kan sd anak tk saja sudah banyak yang negrti hp .

  10. amy syahmid May 9, 2014 at 6:03 pm Reply

    lulus SMA baru dibeliin hape sama ortu,hihi

  11. Jam Tangan Murah May 10, 2014 at 11:32 am Reply

    kunjungan weekend gan/sis

  12. Ade Rahmawati May 12, 2014 at 10:06 pm Reply

    bahaha.. jadulnya hp ini, tapu full histories ya๐Ÿ™‚

    • Eka Azzahra May 12, 2014 at 10:32 pm Reply

      iya, sejarahnya lekat di hati๐Ÿ™‚

  13. maembie May 17, 2014 at 11:06 am Reply

    2 jam ke Pekanbaru? dimana kak? di Minas, kerinci atau bangkinang?

    Syukuri dong kak, hp 2600 walapun begitu bisa buat ngelempar maling, kan gendut tuh hpnya.๐Ÿ˜€

    • Eka Azzahra May 17, 2014 at 11:44 am Reply

      Perawang dek…
      Kyaaaaa hahahha, tau gitu hape itu bagus bwt nimpuk si maling.

      • maembie May 17, 2014 at 11:48 am

        Eh dua jam ya, kirain sejam dar perawag.
        hahaha iya kak, yakin deh malingnya juga puyeng.

      • Eka Azzahra May 17, 2014 at 11:50 am

        bisa tembus sejam kalo bawa kendaraannya super ngebut๐Ÿ˜€

      • maembie May 17, 2014 at 11:51 am

        ๐Ÿ˜€ itu sih hobi saya kalo pulang ke Duri.

      • Eka Azzahra May 18, 2014 at 12:04 am

        oooh anak Duri rupanya๐Ÿ˜€

      • maembie May 18, 2014 at 12:39 am

        ๐Ÿ˜€ iya kak. Merantau ke Pekanbaru, untuk kuliah di UIN juga๐Ÿ˜€

      • Eka Azzahra May 18, 2014 at 12:42 am

        Aih sama dooong aku jg alumni UIN. UIN Suska kan ? jurusan apa ?. Sayang aku udh balik kampung, klo masih di PKU kan kita bsa meet-up *menyodorkan diri๐Ÿ™‚

      • maembie May 18, 2014 at 12:43 am

        ๐Ÿ˜€ jurusan nya jelek. Fakultas Ekonomi kak

      • Eka Azzahra May 18, 2014 at 12:43 am

        Bagus kok itu, apanya yg jelek. Semangat kuliahnya ya๐Ÿ™‚

      • maembie May 18, 2014 at 12:44 am

        Iya kak๐Ÿ™‚ semangat itu pasti.

  14. soeman jaya May 31, 2014 at 1:59 am Reply

    Woww – asiknya punya hape pertama kali ya … Nice๐Ÿ˜›
    Mampir kecerita hape saya ya :
    http://omman.blogdetik.com/2014/05/25/on-off-on-off/

Leave a Reply

