Ciplukan dan Cerita Masa Kecil

cape-gooseberry-physalis-peruviana-edulis-

Buah ciplukan. Sumber : http://www.kerneliv.dk

Kemaren sambil nungguin bapak fisio terapi, aku buka-buka majalah Femina yang ada diruang tunggu RSUD. Di situ ada artikel singkat seputar buah Ciplukan yang ternyata nama lainnya adalah Bladder Cherry ada juga yang bilang Gooseberry, keren amat yak !. Katanya di overseas buah ini banyak digunakan sebagai hiasan cake karena warna buahnya yang cantik dan juga menyehatkan. Saat membaca tentang buah ciplukan aku terkikik geli lantaran ingat kenangan masa kecil-ku sama si buah asem-manis-rada pahit ini.

Physalis-minima-group-5

Physalis minima,  Sumber : commons.wikimedia.org

Semasa aku kecil keluargaku tinggal di sekitar pinggiran hutan. Beneran hutan lho, dulu desa Tualang Perawang belum menjadi Kecamatan. Beda jauh keadaanya dengan desa Tualang Perawang saat ini yang ‘namanya’ saja ‘desa’ tapi ramai dan padat-nya lebih mirip kota Kabupaten. Disekitar rumahku buah ciplukan yang tumbuh liar dengan lebatnya, mamakku bilang buah ini bisa dimakan. Ternyata rasa buah yang sudah matang enak juga, mirip rasa buah tomat. Tanda buah ini matang sempurna terlihat saat selubung mahkota buah-nya sudah kering dan buahnya berwarna kuning.

Aku suka ngumpulin buah ini dan dikantongin untuk dimakan bareng teman kecil. Beberapa temanku menjuluki buah ini dengan nama buah “cilotuik”. Kadang buah yang belum matang kami jadikan mainan. Ditiup ujung selubunng mahkota buahnya sampai menggembung dan pukulkan ke jidat, nanti buah-nya akan meletus / meletup dan menghasilkan bunyi “POP !!!” yang lumayan kuat. Asyik sekali kalau main buah ini, sampai-sampai jidat kami penuh biji buah.

_vyrn_490rainbow_chard_comp

Physalis alkekengi. Sumber : http://www.semillasunicas.es

Ternyata diluar negeri tanaman ciplukan dijadikan tanaman hias karena bentuk selubungnya yang indah. Yang biasa dijadikan tanaman hias adalah jenis ciplukan Physalis alkekengi, selubung buah-nya cantik berwarna merah seperti lentera Cina. Sedangkan ciplukan yang banyak terdapat di Indonesia adalah jenis Physalis angulata dan Physalis minimaBuah ciplukan, masih sodaraan sama terong dan tomat loooh. Menarik ya !.

Buah ciplukan yang sekarang lumayan susah ditemukan ini ternyata punya banyak manfaat. Manfaat dan khasiat Ciplukan diperoleh dari berbagai kandungan kimia didalamnya yaitu :
Chlorogenik acid, C27H44O-H2O, Asam sitrun dan fisalin. Sedangkan untuk buahnya mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Dan didalam bijinya terdapat kandungan Claidic acid. Tanaman ciplukan bersifat analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoxifies), mampu meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh.

Tanaman dan ciplukan dapat mengobati beberapa penyakit sbb :

  • Penyakit Paru Paru, Rebus tanaman obat ciplukan lengkap semua bagian dengan 3-5 gelas air sampai mendidih kemudian saring dan diminum 3x sehari satu cangkir.
  • Penyakit Ayan, Makan 8-10 buah ciplukan setiap hari.
  • Sariawan, Makan 30 buah ciplukan segar setiap hari, buah ciplukan ini kaya akan vitamin C.
  • Hipertensi, Rebus 5 gr herba kering ciplukan dengan 110 ml air selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk, lalu saring dan biarkan dingin. Minum air rebusan itu 2x sehari pagi dan sore hari. Jangan diminum air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam karena sudah rusak.
  • Kencing Manis, Rebus 10 gr ciplukan kering dengan 400 ml air,  lalu saring dan biarkan dingin. Minum air rebusan itu 2x sehari pagi dan sore hari. Jangan diminum air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam karena sudah rusak.
  • Flu dan Sakit Tenggorokan, Ambil semua bagian ciplukan, potong potong 3-4 cm dan dijemur. Bungkuslah agar tak lembap. Rebus 9-15 gr dengan air secukupnya dan diminum 2x sehari, pagi dan sore hari.
  • Bronkitis dan Sakit GondongAmbil semua bagian ciplukan, potong potong 3-4 cm dan dijemur. Bungkuslah agar tak lembap. Rebus 9-15 gr dengan air secukupnya dan diminum 2x sehari, pagi dan sore hari.
  • Bisul dan Borok, Ambil daun ciplukan setengah genggam, cuci bersih dan digiling sampai halus, tempelkan dan balut dibagian tubuh yang sakit dan ganti sehari 2x. Untuk penyakit borok tambahkan air kapur sirih secukupnya.

Apakah kalian punya kenangan dengan buah ciplukan ini ???…

Sumber manfaat  dan khasiat ciplukan saya copas dari sini dan sini.

Advertisements

35 thoughts on “Ciplukan dan Cerita Masa Kecil

  1. Aku dulu pas masih kecil juga suka hunting di lapangan deket sekolah… Hehehe… Ee baru tau pas disini dijual mahal banget gt … Tau gt dl ditanem di rumah yah 😁ternyata banyak juga manfaatnya

  2. Hahhaa,.. jadi inget jaman dulu masih kecil, kalo diajak kesawah berarrti saatnya berburu buah cipluk’an, saoalnya tumbuh liar hanya di sawah, kadang sampe rebutan sama teman jika ada yang nemu 1 pohon rimbun buahnya, eh itu yang warna orange cantik ya mbak, saya baru tau

  3. 🙂 huwaaa mengenang masa kecil baca postingan ini…
    dulu waktu kecil kalau pergi main di sekitar kebun, pasti blusukan sama teman2 nyari ciplukan…
    tp kadang2 ud gede gini masih doyan makan ciplukan,, kl misalnya pulang k rumah mbah d desa..kebetulan d kebunnya masih ada ciplukan..
    yah walaupun cuma sedikit,, tp lumayanlah ada 🙂

  4. di kebun saya di jakarta, msih bnyk pohon ciplukan yg tumbuh liar, tp bru lebaran kmaren saya pertama kali memakan buahnya, itu pun krn ada saudara yg datang & saya mlihat dia memakannya, lalu dia bilang; ini buah kenang” saat saya masih kecil, sambil mengunyah bbrp buah ciplukan yg sudah matang

  5. o m g.. mengingatkan banget dengan masa kecil ane dulu.. ternyata bukan ane aja yg kenal dengn tuh buah.. yg menurut gue super duper enak… manis dan dengan rasa cirikhasnya bikin kangen… asal muasal kata ‘ciplukan’ dari bahasa jawa yaitu ‘capluk’ yg berarti dilahap langsung karena bentuknya yg kecil. hehehe jadi ingat pas makan/gigit /mengkeletus buahnya yg udah ranum keluar aroma khas wangi2 menggoda gimana gitu (kadang suka pamer2 depan orng yg puasa pas bulan ramadhan hehehe).. jadi kangen ih.. dan baru tahu ada jenis yg lainnya yaitu yg warn oren.. hehehe.. bisalah budidya nih.. tapi bibitnya gak punya.. ada gak tempat penjual bibit ciplukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s