Channa Striata

Sounds like a Hindustani girl’s name right ?. Btw ini bukan nama gadis India yang cantik jelita. Ini adalah nama dari ikan air tawar yang biasa kita kenal dengan ikan gabus. Iya… ikan gabus, bagus bener ya nama ilmiahnya. Di daerah lain ikan gabus dikenal juga sebagai ikan bocek, haruan, kutuk, dll. Untuk info lebih lanjut silahkeun obrak-abrik google-nya yaaa. Bagi yang belum pernah ngelihat wujud ikan gabus nih aku kasih lihat.

Channa_stri_060627_7957_jtgno_ed_resize

Ikan Gabus – Channa striata (pict : Wikipedia)

Terus, kenapa aku tiba-tiba ngebahas ikan ini ?. Jadi gini, FYI Bapak-ku kan lagi dalam masa pemulihan pasca operasi. Dokter menganjurkan Bapak untuk mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi, nah salah satu makanan yang dianjurkan adalah ikan gabus. Why ? kenapa harus ikan gabus ?. Karena ikan gabus kaya dengan protein Albumin yang bermanfaat untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang rusak dan terbelah. Albumin sangat diperlukan tubuh untuk proses penyembuhan luka-luka, semisal luka pasca operasi, luka bakar, atau luka khitan. Selain Albumin ikan gabus juga memiliki banyak kandungan bermanfaat lainnya. Berikut kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram ikan gabus segar.

Alhamdulillah di daerahku masih banyak rawa dan sungai-sungai kecil, sangat mudah mendapatkan ikan jenis ini. Cukup pesan saja di warung harian terdekat dan ikan gabus segar bisa didapatkan dengan harga 20 ribu rupiah per kilonya. Sekarang Bapak tiap hari mengkonsumsi ikan gabus sebagai lauk harian. Tantangan juga sih buatku, gimana ngolah ikan gabus biar Bapak gak bosan makan itu tiap hari.
Pasti eneg kan ya kalo yang dimakan lauknya itu-itu aja.

Paling banter ikan-nya aku goreng kering setelah direndam bawang merah-putih yang udah dihaluskan. Kadang aku sambel balado tapi nggak pedes-pedes. Nah, kemarin aku olah ikan gabus menjadi sup, gulai, dan asam pedas (sampadeh) hohoho. Untuk supnya Bapak kurang selera karena nggak ada rasa pedes-nya. Tapi untuk olahan gulai dan asam pedas Bapak lumayan suka dan makannya banyak, Alhamdulillah. Pengen sebenernya nulisin resep sup dan gulainya, buat reminder aku sih kalau-kalau aku amnesia pas disuruh masak ulang. Tapiiii, kok nggak pede ya, wong rasanya juga nggak enak-enak amat, hihi. Btw, yang mau resep-nya komen yaaaaaa, biar termotivasi nulisin resepnya, ihik ! *ngelunjak.

02-57

1. Sup ikan – 2. Gulai ikan – 3. Ikan asam pedas. Sorry untuk tampilannya yang sangat tidak kece -_-“

Ngomong-ngomong, kalian gak bertanya-tanya kenapa aku yang masak untuk Bapak ?, emang mamakku kemana ?. Hmmmm, mamakku adalah working woman, wanita karier gitu ceritanya, ceileeeeeeeh… Yah, mamak punya kerjaan yang nggak bisa ditinggalkan, karena aku sekarang aku berstatus pengangguran maka aku-lah yang mengerjakan urusan rumah. Bantu-bantu gituuuu ceritanya, jadi kan mamak  gak perlu ribet lagi nyiapin makanan untuk Bapak dan keluarga sepulang kerja.

Readers, please doakan Bapakku cepat sembuh yaaa, biar bisa beraktifitas lagi , bisa kerja dan ngurus ayam lagi. Jadiiii aku kan bisa cari kerja dengan tenang dan berpetualang seperti yang aku inginkan. Heuheuheu.

Tagged: , , , , , , , , , ,

18 thoughts on “Channa Striata

  1. Ni Made Sri Andani March 28, 2014 at 10:21 pm Reply

    ya ..namanya cantik sekali ya..Channa striata. Di kampung saya namanya Kuyuh.

  2. Ditha March 29, 2014 at 5:11 am Reply

    Hi Eka.. Aku juga suka banget ikan gabus enak gurih dagingnya lembuut… tapi kalo di jawa kayaknya jarang ada ikan gabus ya.. Makanya setiap mudik ke Banjarmasin, kampung halaman suami, selalu dipuas-puasin makan ikan gabus🙂

    • Eka Azzahra March 29, 2014 at 8:03 am Reply

      Iya mbak enak rasanya, tapi klo keseringan ya mblenger… Banjarmasin dr segi geografis hampir sama kayak Sumatra, mungkin karena itu dsana bnyak ikan gabusnya ya mbak.

  3. jampang March 29, 2014 at 8:30 am Reply

    semoga bapak lekas sembuh, aamiin.

    baru tahu nama lain dari ikan gabus😀

    • Eka Azzahra March 30, 2014 at 12:40 pm Reply

      Aamiin, sama Bang aku jg baru tahu pas nyari info seputar ikan gabus, heeeee :p

  4. Aulia March 29, 2014 at 6:13 pm Reply

    Kalau di daerah saya Bireuen, Aceh ikan gabus disebut bace. Kalau dimasak gulai gitu rasanya pasti maknyus dengan rempah-rempah😀

    • Eka Azzahra March 30, 2014 at 12:41 pm Reply

      Iya, rasanya memang enak, guriiih sekali🙂

      • Aulia March 30, 2014 at 5:18 pm

        Dulu pernah makan, cuma dibakar saja bikin ketagihan😀

      • Eka Azzahra March 30, 2014 at 5:21 pm

        Wah aku belum pernah makan yg dibakar, tapi pasti wuenak ^^

      • Aulia March 30, 2014 at 5:24 pm

        Yup, emang enak kok. Itu kalau dibakar minyak keluar sendiri, tinggal kasih rawit saja kalau doyan sedikit pedas, beuh kerasa deh🙂

      • Eka Azzahra March 30, 2014 at 5:28 pm

        whuaaa musti dicoba iniiii resepnya, walau bakal ribet ngebakar batok kelapa untuk jadi arang-nya, heuheuheu

      • Aulia March 30, 2014 at 5:37 pm

        Kalau instan tinggal beli arang aja mba, paling cuma 3ribu satu kantong plastik🙂

      • Eka Azzahra March 30, 2014 at 5:38 pm

        Hehehe, kalo disni mending bakar sendiri batok kelapanya, ga keluar biaya soalnya…. *ngiritceritanyaaa

      • Aulia March 30, 2014 at 5:41 pm

        Hemat itu keren, ngirit itu juga penting istilah pemberdayaan batok kelapa biar gak terbuang sia-sia hahaha😀

      • Eka Azzahra March 30, 2014 at 5:43 pm

        hahahaha, bener bgt itu Bang !

  5. Gusti 'ajo' Ramli April 3, 2014 at 8:57 pm Reply

    Moga bapak nya lekas sembuh. Apalagi asupan gizi dari ikan gabus racikan eka membuat bapak gak bosan ya.

    • Eka Azzahra April 4, 2014 at 6:11 am Reply

      Aamiin ya Rabb. Makasih do’anya Ajo🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: