Resolusi 2014

tumblr_myfkwcDVpG1s5c076o1_500

..it’s time to work a little harder..

Sudah di penghujung Desember 2013, cuaca masih mendung dan muram. Tapi meminjam sebuah lirik lagu lawas “tidak selamanya mendung itu kelabu, nyatanya hari ini kulihat begitu ceria”. Penghujung 2013 diwarnai beberapa musibah mulai dari badai Haiyan di Philliphine, hingga kampung nenekku di Purworejo terendam banjir. Sedih, semoga korban badai Haiyan dan musibah banjir  diberi ketabahan dalam menghadapinya. Dibalik kesulitan selalu ada kemudahan.

Menjelang 2014 apa kabar dari saudara-saudara semuslim kita ?. As we know Palestine masih belum lepas dari cengkraman Israel, Irak belum pulih pasca perang, dan saudara kita di Suriah masih berada dalam kekuasaan rezim Syi’ah Basyar Assad. Ditambah lagi di Suriah sedang dilanda musim dingin, dan mereka kelaparan disana. Ya Allah, jadikan mereka kuat dan tangguh dengan kesabaran. Berikan pahala sebanyak-banyaknya atas ketabahan mereka menghadapi cobaan. Sungguh mereka mengalami kepedihan yang tak terbayangkan oleh manusia manapun di bumi ini.

Well, sepanjang tahun 2013 banyak hal yang menarik yang terjadi di dalam kehidupanku. Seperti layaknya kehidupan, ada duka yang mengiringi perjalanan hidup di 2013. Pastinya duka-lah yang membuat aku kuat, sadar bahwa aku harus bisa berdiri dengan kakiku sendiri. Bukankah suka ataupun duka sama-sama peringatan, akankah kita tetap bersyukur ataupun malah ingkar. Yah, hanya kepada Allah sajalah aku sandarkan hidup dan pengharapanku. Bukankah hanya Allah-lah sebaik-baik penolong dan pelindung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, aku membuat beberapa poin resolusi dan sekarang waktunya di evaluasi…

  • Pertama, amalan ibadah.

Ibadah sholatku mulai konsisten. Di awal 2013 sering berpuasa sunnah tapi 6 bulan terakhir sudah tidak lagi. Perlahan mulai menghafalkan surat-surat Al-Quran (lagi). Mulai jarang ikut kegiatan taklim, huhuhu. Aku tahu menghadiri majelis ilmu merupakan salah satu taman surgawi. Tapi, ya ini salahku… aku yang malas menghadirinya, aku disibukkan dengan hal-hal duniawi. Aku lalai. Aku tetap membaca kajian-kajian dari majalah ataupun mendengarkan ceramah yang aku download, tapi tetap saja rasanya berbeda. Yah, poin inilah yang harus diperbaiki, aku harus memaksa diriku untuk mendatangi majelis ilmu, aku harus bisa mengalahkan berbagai godaan.

  • Kedua, hidup sehat.

Ini belum berubah, aku belum bisa menerapkan pola hidup sehat. Malah bisa dibilang 2013 adalah tahun dimana tubuhku berkurang daya tahannya. Aku yang jarang sakit sebelumnya malah drop dan kena tifus sampai harus opname di bulan Ramadahan kemarin. Berat badanku terus turun, dulu pipiku masih berisi, sekarang pipiku benar-benar tirus. Dua bulan yang lalu maag-ku kambuh parah. Aku muntah-muntah semalaman dan nggak bisa bangun untuk sekedar minta tolong ke teman kos. Ternyata setelah berobat dan diusut penyebab kambuhnya maag-ku karena makan durian. Huhu. Sudah dicabut salah satu kenikmatan hidup, nggak bisa lagi makan durian yang rasanya assoy itu.

Tambahan lagi, aku yg gak pernah mabuk perjalanan darat muntah sampai 5 kali saat menempuh jarak yang terbilang dekat sebulan yang lalu. Sampai rasanya mau pingsan waktu itu. Ya, aku tahu semua ini efek akumulasi dari pola hidup asal-asalanku. Pokoknya aku harus membiasakan diri makan teratur, harus minum suplemen, vitamin tambahan, dan minum susu walaupun gak doyan. Aku harus naik berat badan, aku nggak mau kurus terus !.

  • Ketiga, lulus kuliah (check).

Alhamdulillah aku lulus di bulan Desember ini. Tapi tetap aja belum bisa tenang selagi surat aktif kuliah belum di tangan. Semoga urusanku lancar dan bisa wisuda bulan Maret nanti. Aamiin.

  • Keempat, dapat pekerjaan.

Aku masih tetep ngajar les privat tapi ini masih terhitung kerja sampingan. Karena sudah lulus aku mulai memikirkan pekerjaan ‘beneran’ yang cocok untukku. Apakah kerja di media, di perusahaan, jadi staff TU di sekolah, guru honor atau ikutan tes CPNS. Let’s see ajalah, aku nggak ngoyo dan milih-milih perkerjaan. Selagi halal, gaji yang masuk akal dan nggak menuntutku untuk memendekkan jilbab atau melarangku pakai rok / gamis sih aku oke aja. Semoga aku dimudahkan dalam mendapatkan perkerjaan kelak.

  • Kelima, belajar masak, menjahit, menghemat duit dan urusan seputar rumah tangga.

Semuanya sedang dalam proses. Hanya saja tahun ini semakin jarang memasak dan masih belum bisa bikin rendang, hahaha. Kemampuan menghemat uang mulai terasah, ini sih karena keadaan yang memaksa untuk berhemat kalo aku masih mau hidup besok pagi. Yah namanya juga kuliah tahun terakhir. Banyak kebutuhan tak terduga yg bikin uang mengalir deras dari kantong. Aku nggak mau nambah-nambahin beban ortu, jadi harus pintar-pintar ngatur uang saku bulanan plus uang hasil ngajar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Alhamdulillah aku nggak kekurangan dan nggak juga berlebihan. Cukup untuk beli bensin, makan sehari-hari, bayar ini itu di kampus, beli kertas, biaya nge-print ini itu dan masih bisa  jalan-jalan bareng teman sesekali.

  • Keenam, menjadi pribadi yang lebih baik.

Aku masih segitu-segitu aja. Tidak menjadi buruk ataupun lebih baik, biasa-biasa aja. Tapi di 2013 ini aku ikut banyak kegiatan baru yang membuatku lebih banyak bersosialisasi dengan orang baru. Tentunya itu membuatku menjadi orang yang lebih ramah. Hahaha.

  • Ketujuh, hubungan dengan orangtua, saudara, dan teman-teman menjadi lebih baik.

Hubungan dengan ortu dan saudara sempat renggang di pertengahan tahun karena ada konflik kecil antara bapak dan mamak. Biasalah, yang namanya orang menikah pasti ada masalah. Nggak selamanya manis. Ketika menjadi dewasa kita sering dihadapkan dengan realita, orangtua juga bisa khilaf, bersikap tidak dewasa, dan susah dimengerti. So sebagai anak ikuti aja alurnya, kalo bisa menengahi ya bagus kalo nggak bisa ya jangan nambahin masalah. Dibawa tenang aja.

Alhamdulillah sekarang mereka udah harmonis, udah mesra lagi. Gimanapun besarnya konflik yg terjadi, mereka pasti baikan. Cuma butuh kesabaran dan perhatian aja untuk menghadapi karakter kedua orangtuaku yang sama-sama ‘strong’. Yang pasti, sayangku nggak akan berkurang untuk mereka, Lillahita’ala. Selebihnya hubungan dengan teman juga mulus-mulus aja, nggak ada konflik sepanjang tahun ini. Sepertinya kami udah saling memahami karakter satu sama lain. Tahun ini banyak hal yang menyenangkan terjadi dengan teman-teman, keberadaan mereka bisa mengusir duka dan bikin aku semangat. Mereka udah seperti saudara-saudaraku sendiri…

***

Harapanku di tahun 2014, semoga ketujuh poin diatas bisa kuperbaiki dan kujalani lebih baik lagi. Semoga aku dan keluargaku selalu sehat, dalam lindungan dan kasih sayang Allah. Seperti  yang disarankan orangtuaku, udah waktunya aku menambahkan satu poin lagi ke list resolusiku yaitu…

♥ Menemukan teman hidup yang bisa dibawa sampai ke akhirat.

Ini susah, karena mencari jodoh dan menjalani pernikahan itu gak gampang. Selain kesamaan visi dan misi. Landasan untuk menikah juga harus kuat. Agama. Semoga aku dipertemukan dengan orang yang baik agama dan akhlaknya. Btw, ngomongin masalah nikah bikin harapan melambung tapi kan kadang kenyataan gak seindah harapan. Jadi, lihat ajalah nanti yang akan terjadi. Yang pasti doa dan usaha perbaikan diri untuk mendapat jodoh yang baik harus maksimal. Kalo dapat jodoh tahun ini ya Alhamdulillah. Tapi kalo nggak dapat juga nggak apa-apa. Itu berarti aku dikasih kesempatan untuk meluangkan banyak waktu untuk berbakti dan mengurus  kedua orang tuaku semaksimal mungkin.

Semoga banyak hal yang baik-baik dan indah di tahun depan. Aamiin…

Tagged: , , , , , , , ,

9 thoughts on “Resolusi 2014

  1. ayanapunya December 30, 2013 at 7:31 am Reply

    aku juga pengennya ketemu jodoh tahun depan

    • tikamustofa December 30, 2013 at 10:10 am Reply

      aku juga, mbak. *ikutan*

      mari berdoa untuk semuanya😀

      • Eka Azzahra December 30, 2013 at 12:02 pm

        Aamiiin ya Rabb🙂

      • tikamustofa December 30, 2013 at 12:04 pm

        Amiiiiiiiin

    • Eka Azzahra December 30, 2013 at 12:01 pm Reply

      Aamiin , semoga kita sama2 menemukan jodoh secepatnya🙂

  2. jampang January 2, 2014 at 5:58 am Reply

    saya juga ingin menikah di 2014😀

    • Eka Azzahra January 5, 2014 at 12:45 am Reply

      Aamiin, semoga segera terwujud🙂

  3. Dalila January 31, 2014 at 2:18 pm Reply

    assalamualaykum… salam kenal🙂 mertuaku asli purworejo lho..😀

    • Eka Azzahra January 31, 2014 at 5:56 pm Reply

      Walaikumsalam, salam kenal juga🙂
      Ohya ? lalu bagaimana kondisi-nya ? aman kah dari banjir ?

Leave a Reply

