Selintas Kenangan

“Kenangan itu, betapapun pahitnya, selalu bisa dikenang dan ditempatkan kembali di hati kita. Dan, biarlah memori beristirahat disana. Biarlah kita kunjungi suatu saat.”  ― Iwan Setyawan, 9 Summers 10 Autumns

Kira-kira sebulan yang lalu aku nginap di kosan teman lamaku, Dina di daerah Rumbai. Setiap kali ke Rumbai selalu ada perasaan yang spesial, bisa jadi itu karena aku ngabisin masa SMA-ku yang lumayan banyak kenangan manis dan segudang prahara disana. Entah kenapa, malam itu kok pikiranku mengajak untuk mengenang ke masa-masa awal SMA dulu, sekitar tahun 2004. Lebih tepatnya, mengenang seseorang yang raganya sudah melebur dengan bumi…

Dia bukan orang yang spesial, hanya seorang laki-laki yang pernah dekat dan kenal baik. Dimata orang-orang dia dicap anak bandel, jahat. Mungkin itu benar, tapi apa yang dilihat mereka gak pernah benar-benar kulihat dengan mata kepalaku sendiri. Karena, entah kenapa… dia selalu menunjukkan hal yang baik-baik saja di depanku.

Dia tinggal dengan orangtuanya di dekat kosan-ku, karena itulah aku kenal dia, dan kebetulan kami sekolah di SMA yang sama. Dari interaksi sehari-hari, dia orang yang easy going, mudah bergaul, lumayan preman, kalo bicara mulutnya lepas-lepas (rada kasar). Anggaplah waktu itu aku naif, tapi disamping kelakuannya yang bandel, kulihat dia orang yang jujur, tulus.

Karena kebandelannya, dia bikin kasus dan dikeluarkan dari sekolah. Setelah itu, aku jarang ketemu dia, aku memilih menghindar, kalo pun nggak sengaja ketemu cuma sekedar say hi aja. Jujur, aku jadi nggak suka sama dia karena gosip yang aku dengar tentang kasusnya itu. Tapi, setelah diingat-ingat sekarang, apalah hak-ku menilai dia sedemikian rupa, toh aku nggak tau pasti kasus/ kejahatan apa yang dia lakukan, terlebih bisa jadi itu memang cuma gosip aja. Memang, waktu itu aku malas untuk repot-repot mencari tahu kebenarannya, aku seperti kebanyakan orang, menjauhinya…

Selanjutnya, kehidupanku berlanjut begitu saja, disibukkan dengan banyak hal dan nggak pernah lagi  tahu kabar tentang dia. Toh, sepertinya semenjak dia dikeluarkan dari sekolah, dia jadi tertutup dan menghilang. Kami hilang kontak. Sampai bertahun-tahun kemudian, tepatnya tahun 2008, saat aku kuliah  semester 3. Teman kampusku Cici, yang rumahnya kebetulan ada di jalan yang sama dengan dia, mengabarkan bahwa dia sudah meninggal dunia karena sakit…

Aku nggak tau harus bereaksi gimana, terlalu kaget, kenapa secepat ini dia pergi ?. Aku cuma bisa mengucapkan kalimat istirja’ Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un dalam hati, aku gemetar, semuanya terasa janggal. Entahlah, aku ngerasa ada yang berbeda ketika menyadari orang yang kita kenal dekat dan memiliki kenangan baik dengannya sudah nggak di bumi lagi. Sudah pergi jauh sekali. Ya, aku sedih. Bagaimanapun, mungkin dulu aku pernah ada salah sama dia, belum sempat minta maaf.

Kalau waktu bisa diputar, aku ingin bersikap jauh lebih baik, dan nggak mengabaikan dia hanya karena aku terpengaruh penilaian buruk orang lain yang dilabelkan pada dirinya. Aku nggak tau hidup yang dia jalani saat aku hilang kontak dengannya. Hanya saja aku berharap, ketika dia pergi, ia pergi dalam keadaan baik (khusnul khatimah). Dalam keadaan yang diampuni dari dosa-dosa dan kesalahan. Hanya Allah yang Maha Tahu, semoga dia tenang dalam masa penantian dialam sana…

Yah, setiap kali aku ke Rumbai, akan selalu ada selintas kenangan tentangnya hinggap di hatiku.

Tagged: , , , , , , , ,

6 thoughts on “Selintas Kenangan

  1. kebomandi October 3, 2013 at 11:45 am Reply

    menyentuh postingannya :3

    • Eka Azzahra October 3, 2013 at 6:12 pm Reply

      rada pahit untuk diingat sih menurutku😦

      • kebomandi October 3, 2013 at 6:49 pm

        iya, kaya ngingetin kalo kita gak akan tau kapan maut kita datang😦

      • Eka Azzahra October 4, 2013 at 12:14 am

        bener, cepat atau lambat emang harus bersiap untuk pulang, hiks…

  2. liamarta October 6, 2013 at 11:00 pm Reply

    😦 aku ikut sedih, Eka..

    • Eka Azzahra October 7, 2013 at 3:48 am Reply

      sedih sih, tapi skrg udah nggak lg :)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: