Puding Goguma

Siapa yang suka goguma alias ubi jalar a.k.a  sweet potato ???.

Aku sekeluarga penggemar ubi, mau digoreng, direbus, dibuat kolak, dibuat keripik, semuanya enak. Nah, sekarang keluargaku punya variasi baru untuk menikmati ubi, yaitu diolah menjadi puding. Jadi aku mau berbagi resep puding favorit keluargaku ini, resep ini aku dapat dari temanku, Anita. Pertama kali  aku lihat puding ini udah bikin aku penasaran, kok warnanya cantik sekali, rasanya juga ubi banget, dan mengenyangkan. Dari tanya-tanya resep, aku praktekan di rumah dan keluargaku suka. Jadilah ini snack favorit keluarga, terus cara bikinnya gimana ???

Pertama, siapkan 2 buah ubi ukuran sedang, cuci bersih, dan potong-potong.

ubi1

Kedua, rebus sampai ubi empuk. 

ubi2

Ketiga, blender ubi bersama dengan  5 gelas air dan gula pasir. Kalo biasanya aku untuk buat segelas teh butuh 2 sendok makan gula pasir, sekarang aku kalikan aja. 5 gelas air x 2 sendok makan gula pasir = 10 sendok gula pasir / sesuai selera. Ribet ya, maaf deh… Namanya juga resep dengan metode “kira-kira”, hehehehe…

ubi3

Keempat, campur ubi yang sudah diblender dengan sebungkus bubuk agar-agar, aku pakai merek Sw*llow Gl*be. Setelah tercampur rata, didihkan. Aduk terus sampai nggak ada yang menggumpal. Selanjutnya, taruh ke cetakan, tunggu dingin baru masukin ke kulkas.

ubi4

campur dengan bubuk agar-agar

Kelima, siap disajikan. Puding goguma enak disajikan dingin pakai fla, tapi kalo gak ada fla kasih susu kental manis juga rasanya nampol.

ubi5

Enjoooyyy !!!

Untuk membuat puding goguma, aku pakai ubi jalar ungu, kenapa pakai ubi ungu ???.

Karena ubi jalar ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Dan juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan antara lain sebagai berikut :

  1. Melancarkan aliran darah. Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi jalar ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
  2. Mencegah kanker. Kandungan betakaroten, vitamin C, dan E dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.
  3. Melancarkan pencernaan. Serat dan pektin yang ada dalam ubi jalar ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi.
  4. Antioksidan. Antosianin pada ubi jalar ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.
  5. Anti-kanker. Zat selenium dan iodin dalam ubi jalar ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti-kanker.
  6. Anti-bakteri. Aktivitas anti-bakteri dalam ubi jalar ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding berbagai varietas blueberry.
  7. Sumber karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi jalar ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini juga bisa dijadikan pewarna alami makanan.

Silahkan dicoba, semoga suka yaaaa…

Note : Bagian manfaat ubi ungu diambil dari SINI , Foto : Milik sendiri dooongs !

Tagged: , , , ,

12 thoughts on “Puding Goguma

  1. ayanapunya September 22, 2013 at 6:11 pm Reply

    goguma-nya emang warna ungu ya?

    • Eka Azzahra September 22, 2013 at 6:27 pm Reply

      iya mbak, sengaja pake yang ungu biar warnanya juga ungu🙂

  2. Afrioni Jaya Saputra September 22, 2013 at 6:42 pm Reply

    waaahhh,,, jd pngen nyobain neh.. hehhehe

  3. liamarta September 23, 2013 at 3:38 pm Reply

    Mamahku pernah bikin juga nih di rumah, dan iya enakk😀 kapan2 mau dong dibikinin sama kamu, Eka? hihihi

    • Eka Azzahra September 23, 2013 at 3:41 pm Reply

      Aku mau banget bikinin bwt mbak, InsyaAllah🙂

      • liamarta September 23, 2013 at 3:47 pm

        Assiikkk.. baik banget sih kamuuu :*

      • Eka Azzahra September 23, 2013 at 3:49 pm

        Sii mbak, bisa aja, aku skrg beneran ngebut loh ngrjain skripsi-nya, g sabar pengen kopdar, hihihi…

      • liamarta September 24, 2013 at 7:26 am

        Hahahaha, selamat mengebuuuutt.. Lancar selalu yaaaa..😀

      • Eka Azzahra September 24, 2013 at 9:37 am

        Aamiin🙂

  4. Ira Marby September 24, 2013 at 4:57 pm Reply

    Apalagi ubi bakar trus masi anget2
    Hadeuuuh *ncess ^^” lari kmana lagi ni

    • Eka Azzahra September 24, 2013 at 9:29 pm Reply

      hihihihi, ubi bakar yg haruuumnya aja udah berasa manis, nyuumm !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: