Diteror Skripsi

Hmmm, udah beberapa hari ini aku dibuat ‘demam’ sama si skripsi. Setiap kali orangtua nelfon yang ditanya bukan kabarku lagi, tapi skripsi, udah sampe mana, udah ada bimbingan belum ?. Ini rasanya bener-bener kayak di teror😦. Akibatnya aku susah tidur, bawaanya takut dan gak tenang. Nafsu makan menghilang, beneran lho. Ngerjainnya pun dipenuhi dengan kecemasan. Bukannya aku berlebihan, tapi inilah adanya. Kayaknya selama skripsi ini belum kelar selama itu jugalah aku dalam kondisi ‘state of insane’.

Skripsi ini bener-bener baru buatku, okelah dulu pas D3 aku juga ngerjain skripsi (namanya TA ding), tapi kondisinya gak seberat sekarang. TA D3 lebih kayak laporan (mencari permasalahan yang ditemui selama magang beserta solusinya), udah gitu aja.

Skripsi yang S1 ini, aku dituntut untuk mencari permasalahan yang ada di masyarakat sebagai pengguna media, dan gejala sosial yang ditimbulkan oleh ‘isi’ media yang diteliti. Setelah masalahnya ketemu, tentukan apa landasan teori dari permasalahan tersebut, agar penelitian yang dilakukan tepat sasaran, dan data yang diperoleh valid. Padahal aku udah lupa dengan semua teori-teori yang udah dipelajari. Yah, emang harus belajar lagi, harus baca-baca lagi biar jelas arah ngerjain skripsinya (bagian ini udah dilewati sih :P).

Memasuki pengerjaan bab 4 ini, aku ketemu dengan hal yang paling gak aku sukai dari SD dulu, MATEMATIKA. Sebenernya itu salahku, aku yang sok pinter, sok bisa. Karena dulu udah pernah ngerjain TA D3 yang pake metode deskriptif kualitatif, jadilah aku coba pake metode deskriptif kuantitatif untuk skripsi kali ini. Ternyata susah, tapi karena udah terlanjur, dan aku males cari judul skripsi baru karena bakalan ribet ngurus proses ini-itu di kampus. Mending aku jalani aja !. 

Sebenernya skripsi-ku ini  gak susah bagi mereka yang cerdas dan pencinta matematika. Tapi buatku, orang yang nggak cerdas dan selalu pusing setiap ngeliat angka-angka (kecuali uang :P), ini SUSAH !. Ditambah lagi aku dulu gak belajar statistik dengan serius, aku binguuuung !. Aku bener-bener butuh pertolongan. Untungnya… Alhamdulillah, aku punya teman baik yang kuliah di jurusan Matematika Terapan prodi statistik, pas banget kaaan !.

Jadilah aku bela-belain nginap di kosan dia, sekaligus gangguin dia yang juga lagi ngerjain skripsi, betapa teganya aku !. Dia ngajarin aku statistik dasar, ngolah data pake SPSS, ngasih petunjuk ini itu, ngasih tau kekurangan di sana-sini, aku sangat terbantu sekali. Alhamdulillah, walaupun sampe aku nulis ini masih banyak hal yang bikin bingung sampe konsultasi ke penyedia jasa pengolahan data statistik segala, setidaknya ada orang yang bisa aku tanya-tanya dan bersedia membantu dan memahami kebawelan sekaligus ke”dodol”an-ku. Defiiii, maaf merepotkanmuuu, gomen nee.

Aku tahu, skripsi itu menyelesaikannya butuh niat, tekad, dan semangat ekstra kuat. Selain usaha ekstra, do’a dan ibadahnya juga harus super. Saat ini aku juga melakukan semua itu semaksimal mungkin. Semoga skripsi ini kelar di akhir September. Aku pengen hidup normal lagi, gak begadang, gak terus-terusan cemas,  bisa makan enak, bisa jalan-jalan bareng teman, bebas tanpa teror lagi. Aamiiin ! Semangaaaaattt ! Ganbarimashou !.

AddEmoticons126103

Note : Sampai aku post entry ini, aku belum tidur sama sekali dari tadi malam, huhuhu. Selamat datang mata panda.

Tagged: , ,

12 thoughts on “Diteror Skripsi

  1. ayanapunya September 10, 2013 at 2:11 pm Reply

    Aku dulu mgkn karena skripsinya berdua jadi nggak terlalu stress ngerjainnya

    • Eka Azzahra September 11, 2013 at 3:51 am Reply

      Aq pernah denger ada beberapa universitas yg bsa ngerjain skripsi-nya berkelompok, itu gmna sistem-nya y mbak. Lebih asik begitu kn yaa ?…

      • ayanapunya September 11, 2013 at 8:06 am

        jaman aku dulu skripsi di fakultas teknik memang boleh dikerjakan berdua. mungkin karena dianggap berat. tapi sekarang sudah sendiri-sendiri sih

      • Eka Azzahra September 12, 2013 at 2:26 pm

        Hmmm gitu tho, iya sih skripsinya anak teknik emg lebih berat…

  2. Erit07 September 10, 2013 at 3:54 pm Reply

    Ayo semangat..

  3. liamarta September 12, 2013 at 11:27 am Reply

    semangat yaaa🙂
    eh kamu teh jurusan apa sih?😀

    • Eka Azzahra September 12, 2013 at 2:23 pm Reply

      Jurusan ilmu komunikasi mbaak🙂

  4. sukasukakeii April 20, 2014 at 4:38 pm Reply

    😦 ihh sama bngt kakak apa y kita rasain…
    aku tuh suka kepikiran kalau ortu aku nelpon tanya ” ud bab brapa mba?”
    “ud ketemu dospem belum?”
    rasanya malah uring2an gtu dulu kl dtanyain beginian..tp lama2 setelah merenung aku mulai mikir ya namanya juga ortu kan pngn tau perkembangan anaknya kyk gmn…
    jadi skrng kl aku dtanyain kyk gtu aku cm jawab “ddoain saja y terbaik dan bsa segera wisuda tahun ini.” *nangis kejer
    (==”) aku malah diare lho kak gr2 rencananya mau bimbingan..ya ampun..
    hhah..

    • Eka Azzahra April 20, 2014 at 6:45 pm Reply

      Hahaha kalo diare menjelang bimbingan kayak ceritanya temenku tuh, saking nervous-nya. Iya, aku dulu jg sebel ditanya-tanyain sama ortu pas lagi galau. Tapiii, untung aku sadar jadi gantinya setiap kali mereka nelpon akun minta didoain supaya lancar.
      Ayooooo dong Keiii pasti bisa. Semangatnya harus dikencengin mulai sekarang. Fighting !!!!…

      • sukasukakeii April 20, 2014 at 7:53 pm

        Iya kmrn itu diare…bner2 deh.. kadang juga suka insom kak..hedeh
        mata panda udah ini..hiks😀 iya, namanya ortu kan pngn y terbaik buat anaknya.. jd skrng sih aku ngambil positifnya aja ya.. bersyukur msh punya ortu y perhatian nanayain kabar dan skripsi yahh walopun kadang bikin sesek aja pertanyaannya..

      • Eka Azzahra April 20, 2014 at 7:56 pm

        Hihihihiii, gpp Keii inilah pahit-manis ngerjain skripsi. Ntar kalo udh selesai bakalan kangen masa-masa kayak gini. kalo pertanyaan ortu yng bikin nyesek, anggap aja tanda sayang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: