Libuuur ~ Jogja – Solo

Liburan seminggu di rumah nenek kemarin, kami sekeluarga menyempatkan waktu sehari untuk jalan-jalan dan beli oleh-oleh. Sehari lho ya sehari. Dalam waktu sehari ini kami menyempatkan untuk pergi ke Jogja dan Solo. Bangun pagi-pagi, berebut giliran mandi di waktu subuh, mengigil-gigil badan saking ademnya. Setelah ready, duduk manis menunggu Mas Andri, menjemput kami sekeluarga. Jadi, Mas Andri yang akan mengantarkan kami jalan-jalan.

Kami berangkat pukul 7 pagi, jarak Purworejo – Jogja tidak terlalu jauh, kira-kira butuh waktu 1 jam-an untuk sampai. Kota Yogyakarta memang sudah terkenal dengan sematan kota budaya, dan merupakan wilayah dari  Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Memasuki  daerah Kabupaten  Yogyakarta (lupa nama daerahnya) kami berhenti untuk sarapan, sarapan soto nasi, porsinya banyak, kenyang nampol. Kemudian lanjut jalan lagi, diperjalanan kita berdebat mau ke kebun binatang, keraton, atau candi Prambanan. Aku selalu kagum dengan keunikan benda-benda purbakala, berhubung belum pernah ke Prambanan, jadi aku si anak paling besar ngotot untuk pergi kesana.

Ini kali ke dua aku berkunjung melihat candi monumental. Pertama kalinya melihat candi kira-kira 10 tahun yang lalu, waktu itu aku pergi melihat Candi Borobudur. Melihat candi sebesar itu secara langsung bukan dari buku pelajaran IPS, membuat hatiku buncah. Masya Allah, Subhanallah, keren !. Kali ini aku juga sama excited-nya, tapi aku sekarang udah besar , gak mungkin di ekspresikan sambil lompat-lompat, lari-lari lasak. Aku cuma bediri dengan mata berbinar-binar dan cengengesan. Btw, sekedar Informasi, candi Prambanan termasuk  dalam situs warisan dunia UNESCO, merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Mari sama-sama bilang woooooooowww !

2013-06-25 11.24

Taman menuju candi Prambanan

Untuk masuk ke kawasan candi Prambanan, kami membeli tiket seharga Rp. 30.000/orang. Kami ambil tiket yang paling murah, soalnya selain ngirit kita juga gak punya waktu lama untuk jalan-jalan. Istilahnya masuk untuk menuntasakan rasa penasaran aja. Ada paket wisata lain dengan harga Rp. 45.000, di paket ini kunjungan kalian akan disertai oleh guide yang mengantar sampai ke kawasan Ratu Boko.

Masuk ke lokasi candi Prambanan, kita disambut dengan taman yang besaaar dan asri, di kejauhan tampak puncak Candi Prambanan. Hati sudah berdebar-debar, dan begitu naik ke kawasan candi, kita akan kagum sambil berdecak-decak, besar, indah dan gagah sekali bangunan ini, kita diseret ke masa lalu. Dimana dulu pernah ada manusia-manusia sebelum kita dengan teknologi sederhana mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Kadang di luar akal fikiran, ketika kita melihat bangunan masa lalu jauh lebih indah, megah, dan artistik daripada bangunan saat ini. Sesuatu yang bernama teknologi  modern belum tentu bisa melakukannya. Candi bagiku adalah gabungan dari unsur kerja keras, seni, sains, dan kebudayaan.

Sukapsd974

Memasuki kawasan candi

2013-06-25 11.19

The View !!!

Suka^4025 copy

Kokoh dan gagah

salah fokus

Dua katroks bersaudara yang excited main petak umpet

Sukapsd955

Numpang foto yaaa

Setelah puas naik turun candi, blusukan di antara turis-turis bule, sampai berpeluh-peluh, kaki mulai protes. Sudah waktunya untuk berhenti. Semoga lain kali bisa berkunjung kesini lagi ya Prambanan. Annyeeoong, Sayonara !. Di area candi ada kebun binatang mini juga, mereka memelihara banyak rusa dan berbagai jenis burung. Menuju ke arah parkiran, disana banyak orang yang berjualan souvenir, pergilah kesana untuk mencari cenderamata, harga cukup murah, tergantung seberapa ahli kamu menawar barang.

Selepas sholat zhuhur dan meng-qadha sholat Ashar, kami melanjutkan pergi ke Solo. As we expected, Solo kotanya memang bagus, banyak bangunan klasik, dan rapi. Solo merupakan wilayah dari Kasunanan Surakarta. Di Solo kami pergi ke PGS (Pusat Grosir Solo) dan ke Pasar Beteng Solo, di dua tempat inilah mamak mengeluarkan nafsunya untuk belanja. Untuk kaum wanita, nanarlah mata kalian melihat baju-baju batik cantik bergantung-gantung di penjuru tempat, memanggil-manggil baju itu minta di beli. Sayang kalau kita nggak bisa bahasa jawa, pedagang langsung memberi cap turis, otomatis harga pun jadi mahal. Habis sudah mamak dan bapak aku beborong batik untuk sendiri dan oleh-oleh, adek aku pun menyibuk aja minta di belikan kaos angkringan Solo. Kakak yang baik siap melayani adek, sambil mencari beberapa baju batik yang aku suka.

bluedevilz12.blogspot.com

Pasar Grosir Solo, pict source : Google

Di PGS, kaki udah berasa kaku-kaku, udah naik urat kaki, sakiiit baaaah ! Selesai belanja di PGS, mamak pun pergi ke Beteng dengan semangat, cari kain katanya. Jarak PGS ke Beteng dekat sekali, sebelahan aja. Ondeeee mandee, tenggelam dalam kebahagiaan aku rasanya waktu melihat gulungan kain-kain cantik. Senang aku bisa beli kain katun batik motif abstrak, dan sifon bunga-bunga biru. Cantik dan murah. Sesampainya di Riau langsung kami bawa ke tukang jahit untuk dijadikan gamis, Alhamdulillah jadiii juga aku lebaran pakai baju baru nampaknya. Cengengesan. Di Solo juga ada tempat belanja yang seru, namanya Pasar Klewer, katanya disana harganya juga murah-murah. Kami cuma nglewatin aja, gak minat mau mampir. Udah teruk dah…

BTC

Beteng Trade Center, pict source : Google

Kami istirahat dan makan menjelang di sebuah warung di daerah Jogja, lho dari Solo kok ke Jogja lagi. Adek aku, pengen lihat Malioboro katanya. Mas Andri bilang Malioboro ramai di waktu malam. Benarlah ternyata, menganga mulut aku melihat seakan-akan semua orang tumpah ruah di Malioboro. Riuh dengan merdunya suara pengamen, pedagang dan pembeli yang tawar menawar, ramai dengan gelak tawa, padat dengan kendaraan,dan macet keadaannya. Jujur, aku gak begitu menikmati jalan-jalan di Malioboro. Mungkin karena udah terlalu capek selama di Solo, jadi udah tidak semangat lagi. Aku belanja beberapa souvenir untuk oleh-oleh, tapi ya Malioboro kan tempatnya para turis, harganya pun udah gak murah lagi.

Suka^4045 copy

Malam di Malioboro, foto blur juga musti tetep pake caption😛

Malioboro itu seperti tempat dengan segala kesenangan duniawi ada disana, manusia dengan segala komunitas-nya berlebur jadi satu, tanpa batas. Tempat orang-orang menikmati segala hiburan yang ditawarkan, menghabisakan uang di dompet dengan ringannya. Diantara kebahagiaan itu, ada beberapa nenek-kakek pemulung bertubuh bungkuk dan tukang becak yang berbaju lusuh, menawarkan jasa 5 ribu rupiah saja untuk pergi ke tempat jualan bakpia.  Mereka menunggu kita untuk berbagi sedikit kebahagiaan. Ah, hidup ini…

Pukul 11 malam, kami meninggalkan Malioboro. Dengan letih yang tak terkira. Berhenti sebentar untuk sholat Isya dan qadha Maghrib. Tak ada makan malam, lapar sudah berganti dengan ngantuk. Ingin segera sampai rumah untuk tidur. Pelajaran berharga , Lain kali luangkan waktu beberapa hari untuk jalan-jalan dan belanja. Jangan sok kuat melakukan keduanya dalam waktu sehari, gempor mau patah kakimu jika nekat. Sampai dirumah nenek pukul 12 malam lewat. Alhamdulillah Paklek Supri yang baik hati menghidangkan kami kepiting saus tiram yang nikmat. Kami santap sampai tandas, ini adalah hidangan yang super lezat untuk mengakhiri hari yang sangat melelahkan.

Suka^4050 copy

Kepiting saus tiram, nom nom nom.

Jalan-jalan kali ini memang sangat berkesan, semoga lain waktu bisa jalan-jalan lebih leluasa lagi, dan bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di daerah Jawa Tengah. Hmmm, liburan singkat kali ini juga sukses merefrsh fikiranku yang kusut gegara nyekripsi. Alhamdulillah, fikiran tenang, semoga ngerjain skripsi juga tambah semangat. Ohya, sudah mendekati Ramadhan juga lho, mari persiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Semangat !

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: