Terlewati satu proses…

Setelah tertunda lebih dari satu semester gara-gara urusan adminstrasi dan surat-menyurat yang njelimet, setelah proses makan hati, kecewa dan pake nangis-nangis segala, finally… kemaren aku seminar proposal… Alhamdulillah *sujud syukur

Proses menuju sidang super deg-degan, perut mules-mules, jantungku berdegup super kenceng, kasihan jantungkuuu😦 (ada gak ya orang kena serangan jantung saking nervous-nya ?). Salah satu dosen penguji adalah dosen yang aku takuti di awal-awal perkuliahan dulu, beliau gak pernah ngasih nilai A untuk mahasiswanya, walaupun kita aktif dan rajin banget nilai kita maksimal ya dapat B. Beliau orangnya tegas, kritis, dan ehm banyak tanya sampe kesannya ngotot gitu. Kalo nggak bisa jawab pertanyaan dari beliau, langsung dikasih pertanyaan lagi bertubi-tubi. Haiiiiih takuuut !!!

Alhamdulillah sidang-ku lancar, teori-teori yang dipaparkan diterima dengan baik. Cuma karena judul skripsi yang aku ambil tema-nya sensitif beliau minta aku berhati-hati dalam menghimpun data, pertanyaan-pertanyaan yang aku sajikan di angket nanti harus tepat, agar gak menimbulkan efek bias nantinya. Masalah metedologi penelitiannya yang banyak beliau kritisi. Seperti  berapa banyak sampel yang akan aku ambil untuk penelitian nanti, dan apakah aku sudah paham betul dengan teknik analisa data-nya (aku pake rumusan korelasi regresi). Beberapa pertanyaan yang beliau lontarkan bikin aku agak keder juga, tapi bisa aku jawab walupun aku tiba-tiba jadi gagap (malu). Beruntungnya, pertanyaan dari beliau bener-bener membuka kepalaku. Aku jadi paham arah skripsi-ku ini, aku jadi tau dimana salah dan kekurangannya. InsyaAllah jadi jelas lah apa yang harus aku kerjakan, gak ragu-ragu lagi.

Alhamdulillah ya Allah ya Rabb. Paling tidak satu proses sudah terlewati. Proses-proses ribet yang lain segera menanti. Sebenernya setelah dijalani bikin skripsi itu nggak susah-susah amat kok, yang bikin susah itu kitanya. Dalam kasusku mungkin ada beberapa pihak yang membuatku jadi telat, tapi lihat efek positifnya, aku jadi lebih fokus, aku jadi lebih sabar, ikhlas menghadapi masalah, dan mentalku lebih tahan banting. InsyaAllah… Nah, sekarang harus siap-siap, kumpulkan semangat lebih besar daripada sebelumnya, segera revisi proposal dan urus surat riset penelitian, hap hap hap ayo bergerak !. Ganbatte kudasai !!!

Catatan : Nasehat dari dosen pembimbingku “Gak apa-apa ya Eka terlambat begini, gak apa-apa ketinggalan beberapa langkah, besok sekali bergerak kita langsung loncat, gak pake berlari. Harus semangat, berusaha sebaik-baiknya, tawakkal dan serahkan hasil akhirnya kepada Allah”. Nasehat yang super sekali bukan ???

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: