Nyobain Teh Hijau

greenteaAku mau berbagi cerita sedikit nih, kira-kira tiga minggu yang lalu temannya temanku (mari kita panggil dia TOP wife) main ke kosan. Aku cukup kenal baik dengannya. Dia ambil kuliah jurusan Teknologi Pangan, jadi paham soal gizi yang terkandung dalam makanan. Mumpung dia lagi nginap di-kosan, kami anak-anak kos yang hidupnya gak sehat berkonsultasi soal pola makan yang sehat😀

Cerita ngalor ngidul hingga akhirnya ngebahas soal teh hijau. Dari penjelasan singkatnya, teh hijau itu banyak banget manfaatnya, salah satunya untuk menangkal radikal bebas. Dia nganjurin aku yang kemana-mana naik motor untuk minum teh hijau. Soalnya aku biasa di jalanan, jadi terpapar racun-racun asap kendaran lebih banyak. Teh hijau bagus untuk antioksidan dan jaga kesehatan tubuh.

Terus aku browsing cari-cari info seputar teh hijau. Dapetlah informasi sbb :

  • Kata ahli kesehatan ekstrak teh hijau mengandung epigallocatechin Gallate (EGCG), suatu antioksidan yang 200 kali lebih kuat daripada vitamin E. Ini membantu tubuh mempertahankan diri melawan radikal bebas dan detoksifikasi racun-racun yang membahayakan sel-sel dan jaringan. Selain itu, teh hijau telah terbukti efektif dalam memerangi Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab paling umum dari infeksi Staph yang juga merupakan salah satu penyebab jerawat.
  • Dalam teh Hijau terdapat kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.
  • Khasiat teh bagi kesehatan telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dalam penelitian ilmiah, ditemukan kegunaan teh secara farmakologi bagi tubuh manusia. Disebabkan karena adanya berbagai jenis senyawa kimia seperti asam amino, alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin.
  • Kandungan vitamin C dalam teh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada di apel, tomat dan jeruk nipis. Sedangkan B12 besarnya 10 – 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang didapat dalam sereal dan sayuran, dan komponennya tidak mudah didapat pada makanan lain.
  • Teh mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan mineral dan berbagai vitamin. Seorang peminum teh yang secara teratur minum teh dengan dosis rasional, akan mendapatkan suplai nutrisi yang teratur bagi tubuhnya dan menyebabkan terbentuknya kekebalan alami.
  • Dari hasil penelitian di Uni Soviet teh hijau maupun teh hitam, berfungsi sebagai salah satu unsur yang dapat membantu agar tak mudah terserang penyakit. Pakar peneliti dari Chinnese Academy of Preventife Medicine di Cina, setelah mempelajari 17 jenis teh dapat membuktikan bahwa teh dapat memperlambat terbentuknya nitrosamin di dalam tubuh. Selain itu beberapa unsur dalam teh dapat mendeteksi perkembangan sel tumor yang terdapat pada beberapa bagian dari tubuh manusia.

Ada yang perlu diperhatikan saat minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain:

  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Waaah, banyak juga ya manfaatnya teh hijau. Aku pikir dulunya teh hijau itu cuma untuk mereka yang pengen kurus aja, ternyata enggak. Soalnya, aku yang kurus dari lahir jadi khawatir kalo minum teh hijau badanku tambah ceking. Hehehe. Kasihan orangtuaku yang berharap anaknya agak gemukan suatu saat nanti😀

Nah, udah dua minggu ini aku rutin minum teh hijau. Mulai membiasakan diri minum teh, aku mau pelan-pelan beralih dari kopi ke teh, biar lebih sehat. Aku beli teh hijau merek Kepala Djenggot (bukan bermaksud promosi) yang isi 2 sachet, harganya kalo gak salah 8 ribu berapa gitu (lupa). Aku pilih yang sachet daripada yang pake kantong-kantong kecil gitu. Aku khawatir sama zat pemutih yang ada di kantong celupannya, yah buat jaga-jaga lah, gak apa-apa ribet sedikit nyeduh pake poci. Biar berasa tradisional😛

Teh hijau Kepala Djenggot

Teh hijau Kepala Djenggot

Seduhan pertama ^^

Seduhan pertama ^^

Rasa teh hijau sendiri, agak-agak pahit kelat, jangan berharap rasanya kayak teh hijau kemasan yang siap minum yaa, beda banget ! Ohya teh-nya haruuuum, suka deh sama aromanya. Karena aku gak tahan minum teh pahit, jadi aku kasih aja gula sedikit (ngeyel)😛

Eh, karena katanya teh hijau bagus untuk menjaga kesehatan kulit, aku jadiin teh hijau sebagai toner, mencegah jerawat. Air sisa seduhan teh aku pake untuk bersihin muka sebelum dan sesudah tidur, tinggal ambil kapas atau handuk kecil, rendam ke teh terus usap-usap merata. Enak deh, muka jadi segar banget😉

Nah karena teh hijau banyak manfaatnya, yuk mari nge-teh temans…

 Sumber : http://doktersehat.com

Tagged: , , ,

19 thoughts on “Nyobain Teh Hijau

  1. bali tour August 27, 2013 at 3:50 pm Reply

    Terima kasih atas informasinya
    artikel yang sangat bagus🙂

    bagi kalian yang ingin berlibur ke Bali. Silahkan kunjungi situs kami di febri’s bali tour

  2. Ani Cico February 10, 2014 at 3:58 am Reply

    >_< makasih infonya, aku lagi nyari artikel tentang toner the hijau, eh malah ketemu blog ini. Aku beli teh hijau (tapi yg kantongan), soalnya yg bukan kantongan (seduhan) susah didapat, takut juga sama zat kimia di kantongnya T_T

    • Eka Azzahra February 10, 2014 at 4:46 pm Reply

      nggak apa-apa kok pake teh yang celupan, asal jangan dcelup lebih dari 3 menit ya…

  3. Putria Febriana September 19, 2014 at 10:42 am Reply

    kalau lebih dari 3 menit kenapa ya teh? soalnya biasanya kalo udah di celup,lgsug aja di tinggal

    • Eka Novita September 19, 2014 at 10:57 pm Reply

      katanya sih zat pemutih di kertas kantong celupannya itu bisa ikutan larut dg teh-nya. ga bagus buat kesehatan🙂

  4. Tika November 22, 2014 at 5:22 pm Reply

    pengen deh minum teh hijau cap kepala djenggot,tapi di palembang belum ada deh yg jual.info donk dmna ordernya????

    • Eka Novita November 23, 2014 at 10:26 pm Reply

      Ada kok, cari aja di swalayan🙂

  5. ikut copas ya mbak artikelnya buat koleksi di blog, soalnya aq suka bgt sama teh hijau

  6. alrisblog February 11, 2015 at 11:46 pm Reply

    Saya juga suka minum teh hijau tanpa gula. Dan kalo teh celup kayak begitu saya cuma ambil tehnya doang, kantong celupnya tidak ikut saya rendam di air panas.

  7. Wulandariend March 4, 2015 at 5:11 am Reply

    Bagus banget artikelnya. Aku juga suka minum teh hijau yang satu ini mba. Bagusnya sehari diminum berapa cangkir ya? Tapi kakau diminum seudah makan gapapa kan mba??

  8. Irma April 23, 2015 at 7:53 am Reply

    Saya bungung dengan kalimat ini
    ” Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.”

    Dan kalimat ini
    ” Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.

    Jadi yang baik minumnya kapan???

    Tolong dijawab ya teman-teman!!!

    Terimakasih.

    • Eka Novita April 23, 2015 at 9:30 am Reply

      kalo menurut aku, minum teh itu bagusnya dinikmati pas lagi santai di sore hari… Dan tidak diwaktu kita sarapan/makan siang/makan malam.

  9. […] pahitnya. Harganya Rp.9rb untuk kemasan isi 25 teabag. Nyobain Teh Hijau | Eka’s Voyage https://ekaazzahra.wordpress.com/2013/02/17/nyobain-teh-hijau/ 17 Feb 2013 – Teh hijau bagus untuk antioksidan dan jaga kesehatan tubuh. … Aku beli […]

  10. Indah dwi February 17, 2016 at 9:44 am Reply

    Kalau d pakai buat wajah ,d bilas lagi pakai air gk ? Soalnya taut jd gk enak k wajahnya

  11. elda grisantina April 3, 2016 at 1:11 am Reply

    Sist sya mau pesan teh hijau ny.tlg no yg bisa di hubungi.thks

    • Eka Novita April 3, 2016 at 1:19 am Reply

      Maaf saya ga jual teh hijau😀

      • fuad July 17, 2016 at 8:05 pm

        Tolong ksih tau alamatnya mba

  12. ILYAS AFSOHLYAS May 20, 2016 at 3:56 pm Reply

    Wuihhh … Roman2 nya seger tuh lewat tenggoroan😀
    jadi ngilerrr
    Public Speaking Semarang

  13. fuad jokau July 17, 2016 at 8:03 pm Reply

    Dimana aja yg ada di cirbon ada nga tolong kasih tau alamat nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: