Resolusi 2013

Penghujung tahun. Ada banyak hal yang terjadi selama tahun 2012, seperti layaknya kehidupan… ada suka dan duka. Ada banyak pelajaran hidup yang amat berharga di tahun ini. Aku ingin jujur pada diriku sendiri, tahun ini adalah tahun kemunduran diriku dalam segala hal. Aku yang  begitu semangat dan optimis di awal 2012, tapi dipertengahan tahun amunisi semangatku sudah habis. Jadilah aku menghabiskan akhir tahun dengan semangat yang tertatih-tatih. Ditambah lagi dengan banyaknya hal-hal diluar dugaan yang membuat mental breakdown. Sepertinya hal ini tidak hanya aku sendiri yang merasakan, orang-orang disekelilingku juga. Bukan aku mencela masa, tapi aku merasa 2012 adalah tahun yang berat. Tapi sisi positifnya, aku merasa terpacu untuk memulai tahun 2013 dengan penuh semangat !!!

Malu rasanya melihat daftar resolusi  yang aku buat di tahun 2012, hanya sedikit yang bisa dicapai, itupun tidak maksimal.  Tahun lalu, ada 7 resolusi yang aku buat, dan sekarang aku evaluasi satu-satu…

Pertama, Aku mau meningkatkan amalan ibadah. Malu aku… Aku terlalu disibukkan dengan ambisi untuk mengejar ilmu dunia, dilalaikan oleh urusan-urusan dunia, hingga urusan ibadahku keteteran. Ini yang harus aku koreksi dan aku benahi dari semua resolusi yang ada. Jelas terasa perubahan dalam diriku, berkurangnya semangat menjalani aktivitas bisa jadi karena ibadahku gak terjaga. Hatiku jadi kering, dan ini berimbas pada seluruh aspek kehidupanku. Mood-ku naik turun, mudah stress, susah bersabar, susah ikhlas. Ya Allah Ya Rabb, sungguh menjadi konsisten itu sulit, mendapatkan hidayah itu mudah namun menjaga hidayah itu tetap ada di hati sungguh sulit.

Kedua, Aku mau hidup lebih sehat. Alhamdulillah, sepertinya sepanjang tahun ini kesehatanku gak ada masalah walaupun di azab setiap hari. Sampe-sampe temenku bilang, pola hidup gak sehatku ini belum kelihatan efeknya, bisa jadi suatu hari efek buruk itu terakumulasi dan menyerangku seketika. Astghfirullah hal adziim, serem banget sih, semoga  nggak terjadi !. Di awal tahun 2012, aku semangat banget menerapkan hidup sehat. Tapi lama kelamaan jadi males. Frekuensi begadang meningkat, hampir tiap hari aku baru bisa tidur pukul 3 pagi, kadang malah gak tidur sama sekali, nemenin pemuda setempat ngeronda. Aku jarang banget sarapan. Makin nggak doyan minum susu, malah minum kopi instan dua cangkir setiap hari (pagi dan malam). Setahun ini juga baru sekali jogging pagi-pagi, selebihnya olahraga-ku cuma ngerjain kerjaan rumah kayak nyuci, nyapu, ngepel, nyetrika secara teratur. Lumayan nguras keringat juga kan ? Ngeles !. Untuk pola makan, aku udah jarang banget makan mie instan, aku makan mie kalo udah kepengen berat aja. Tapiii aku Cuma makan dua kali sehari dengan porsi jumbo. Entah kenapa aq bener-bener gak suka sarapan, kalo sarapan perutku malah jadi nggak enak. Karena aku semi-semi vegetarian, aku rajin makan sayur, dan jadwal pup-ku lancar kok. Alhamdulillah kesehatanku baik-baik aja, cuma di akhir tahun ini siklus datang bulan-ku yang kacau dan berat badanku turun gara-gara stress. Semoga tahun depan aku bisa memulai pola hidup dengan baik. Aku nggak mau begadang terus, capeeek !

Ketiga, Aku mau lulus kuliah tahun 2012 dan IPK memuaskan. Huweeeeeeeeeeeeeeee, ini adalah puncak segala masalah di hidupku sepanjang tahun ini. Menguras tenaga dan air mata. Lebay ??? nggak dong, kamu nggak ngerasain sih !. Proposal udah di ACC dari kapan taun, dan bodohnya karena kelalaianku ditambah keleletan pihak-pihak tertentu menyebabkan nilai-nilaiku berceceran kesana kemari, hingga harus dikumpulin lagi satu persatu , dan masih ada tiga nilai lagi yang belum ketemu…  gara-gara itu semua aku belum juga seminar proposal hingga detik ini, STRESS gak tuh !!!.  Hosh hosh hosh !!! Lenyap kebahagiaanku kayak dihisap Dementor gara-gara masalah ini. Tapi yasudahlah, mengeluh juga gak ada gunanya. Beidewei, IPK tetep aman di posisi 3 koma sekian. Alhamdulillah… Pokoknya 2013, kudu wajib harus lulus dan angkat kaki dari kampus !

Keempat, Aku udah dapat pekerjaan. Emmmm, aku kerja kok, ngajar les privat dari awal kuliah dulu. Jadi nggak terlalu merasa bersalah. Dan musti buru-buru cari kerja selepas lulus kuliah. Seperti yang aku impikan selama ini, aku nggak sabar banget merasakan jadi pribadi mandiri yang bener-bener udah bisa menopang kehidupanku sendiri. Tapi pekerjaan yang kuinginkan tetaplah berada di dalam lingkungan kerja yang Islami dan syar’i, jauh dari riba, dan coba-coba ikutan tes PNS kali yaaa. Teteup !!!

Kelima, Aku mau belajar masak, menjahit, menghemat duit dan urusan seputar rumah tangga. Sejauh ini aku udah bisa dipercaya untuk masakan tumis-tumisan, dan bikin aneka lauk dengan saos cabe balado. Masih ragu-ragu kalo disuruh masak gulai-gulaian, dan nggak bisa sama sekali masak rendang. Huuffttth. Soalnya ngeliat proses pembuatan rendang aku udah capek duluan. Aku sekali bikin kue bolu, luamayan enak dan ngembang walaupun kurang manis. Kayaknya tertarik deh untuk belajar bikin cake-cake, siapa tau bisa jadi peluang usaha. Gimana dengan niat belajar menjahit kemaren ???. Emmm, aku belum bisa ambil kursus, secara urusan kuliah menyita fikiran dan waktuku. Tapi kemarin udah bilang sama ibuku, katanya sih boleh-boleh aja. Kayaknya aku bakalan ngambil kursus setelah lulus, memanfaatkan waktu selagi menjadi pengangguran sebelum dapat kerja. Hehehehe. Urusan berhemat ??? aku tetaplah NOL besar… ckckck (ngelap jidat).

Keenam, Aku ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Memperbaiki diri adalah resolusi wajib tiap tahun . Hmmm… sedikit banyak sifat judesku udah berkurang, udah gak kayak kompor gas LPG yang suka meledak-ledak. Tapi masih banyak sifat-sifat yang harus diperbaiki di masa depan.

Ketujuh, Aku pengen hubungan dengan orangtua, saudara, dan teman-teman menjadi lebih baik. Yeeeaay !!! paling gak sifat cuek-ku pelan-pelan udah mulai terkikis, aku udah lumayan care dengan teman-teman terdekatku. Masih lumayan lho ya, soalnya kadang-kadang aku masih nggak ngeh kapan waktunya aku harus peduli dengan mereka. Dan kadang-kadang aku masih sulit mengekspresikan wujud kepedulianku sama teman. Siigh sepertinya ini karena aku kelamaan hidup soliter di kamar 3×3,5 m. Hubungan dengan orangtua dan saudara semakin membaik, semakin dekat, semakin mencintai mereka setulus hati, tanpa syarat. Dan harus seperti ini untuk selamanya…

Harapanku ditahun depan gak muluk-muluk, aku cuma ingin 7 poin diatas bisa aku perbaiki, bisa kucapai, menjalani kehidupan dengan semangat dan sungguh-sungguh. Di atas apapun, aku ingin kehidupan spiritual-ku kembali semarak, aku ingin mengutamakan urusan ibadah-ku dulu dibanding urusan dunia. Semoga hatiku tidak tergoyahkan oleh lambaian-lambaian hiburan duniawai yang membuat lalai. Tuntunlah aku disepanjang kehidupanku Ya Allah Ya Rabb. Aamiin…

Oke everybody, we all must be run our life with HIGH SPIRIT, GANBARIMASHOU !

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: