Menuntunmu Kembali…

Well, anggaplah aku menilai suatu hal dari satu sisi, tapi aku merasa lebih baik menilainya dari sisi positif terlebih dahulu, ini membuat hatiku jauh lebih tenang…

Apakah kau menyadari, manusia terjebak dalam pola kehidupan yang rumit. Membentuk sifat dan karakter yang unik. Kadang manusia terjebak dalam lingkungan yang kadang sama sekali tidak pernah ia harapkan. Berada dalam posisi yang sama sekali ia tidak pernah bayangkan. Hidup dalam kondisi yang sama sekali tidak pernah ia inginkan. Takdir dan ketentuan Allah berlaku kepada setiap makhluk-Nya. Manusia hanya menjalankan apa yang sudah Allah gariskan. Menjalani apa adanya.

Allah memberikan manusia akal dan hati untuk berfikir dan merasa. Di beri naluriah untuk mencari ilmu, mencari makna Tauhid, keimanan, benar-salah dalam hidup. Aku percaya persepsi benar-salah mutlak ditentukan oleh Allah. Seperti  yang telah di jelaskan oleh Rasulullah. Dosa adalah kesalahan… Dosa adalah sesuatu yang membuatmu merasa tidak nyaman dan malu apabila diketahui oleh manusia. Dosa kecil yang terus berlanjut mampu menutup hati nuranimu. Itu benar, mutlak !

Tidak ada orang yang benar-benar suci, seluruh manusia tidak akan terlepas dari dosa dan kesalahan, bagaimanapun tinggi kedudukannya. Nabi Adam ‘alaihi salam telah melakukan dosa, anak keturunannya pun juga akan mengikutinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bercerita tentang kisah Nabi Adam, beliau mengatakan, “Adam telah melanggar larangan Allah, maka anak keturunannya pun juga akan melanggar larangan Allah. Adam telah lupa, maka anak keturunannya pun juga akan lupa. Adam telah berbuat dosa, maka anak keturunannya pun juga berbuat dosa” (HR. Tirmidzi, hasan shahih). 

Bukankah dosa sudah menjadi watak dan tabiat manusia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, seandainya kalian tidak pernah berbuat dosa, niscaya Allah akan mengganti kalian dengan mendatangkan suatu kaum yang kemudian kaum tersebut berbuat dosa, kemudian mereka meminta ampun kepada Allah, dan Allah akan mengampuni mereka” (HR. Muslim).

Aku tahu Allah Subhanahu wata’ala amat luas ampunan-Nya. Ia Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ia Maha Pemberi Ampunan. Ia selalu membuka pintu untuk menerima taubat hambaNya. Kadang, kita manusia selalu merasa lebih benar, lebih suci daripada orang lain. Bukankah kita sama saja, sama-sama pernah berdosa. Apakah kita pantas menghakiminya, menyudutkan nya… Seorang pendosa tidaklah hidup dengan tenang. Ia sudah terhukum oleh dosa yang ia ciptakan sendiri.

Siapa sih kita hingga merasa pantas menghakimi orang lain ?, bukankah kita tidak pernah tahu apa yang melatarbelakangi penyebab mengapa ia melakukan kesalahan. Kita tidak berada di posisinya. Kita tidak mengalaminya. Percayalah dampak psikologis yang ditanggung oleh pendosa begitu berat. Ia akan dikejar-kejar perasaan bersalah dan takut. Takut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Semua akibat pasti ada konsekuensinya. Well, Ia sudah tersesat karena kesalahan yang fatal, apakah kita akan tetap menekannya, dan membuatnya justru lari dari kebenaran.

Meraih tangannya, menuntunnya untuk kembali, mendekatinya secara personal, dan nasihat yang lunak akan lebih masuk ke hatinya dibandingkan dengan amarah, hinaan, dan caci-maki… Adakah kita pantas untuk menyudutkannya ?…

Allah lebih berkuasa dalam menilai para hamba-Nya, Ia Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, tapi ingatlah Allah Maha Keras Siksaanya…

Rasulullah mengatakan, Katakanlah, Allahuma inni dzolamtu nafsi dzulman kabiran laa yaghfiru dzunuba illa anta, faghfirli maghfiratan min ‘indika, innaka anta alghafur ar rahim (Ya Allah, sungguh aku telah mendzolimi diriku sendiri, dengan kedzaliman yang sangat besar, tidak ada yang bisa mengampuni diriku melainkan Engkau, maka ampunilah diriku dengan ampunan dari sisi-Mu, dan sayangilah diriku, sungguh Engkau adalah Dzat yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang) – (HR. Bukhari-Muslim).

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: