I ♥ Riau ~ Basic Info

Assalamualaikum… masyarakat Indonesia setanah air. Pernahkah kalian mendengar sebuah provinsi di pulau Sumatra yang bernama Riau ?, pasti pernah ya, walaupun jarang terdengar gaungnya hehehe🙂 Riau saat ini sedang hangat diperbincangkan, karena perhelatan PON XVIII 2012 yang di langsungkan di kota Pekanbaru. Sebagai salah satu provinsi bagian dari NKRI tercinta, saya ingin mengajak kalian untuk kenal lebih jauh dengan Riau. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta (petatah petitih orang Melayu). FYI, walaupun saya nggak terlahir di Riau, tapi saya tumbuh dan dibesarkan di provinsi ini. Jadi, saya mutlak cinta dengan provinsi yang sudah menjadi bagian dari hidup saya.

Lanjuuuut…

Secara etimologi kata Riau berasal dari bahasa Portugis, Rio berarti sungai. Provinsi Riau dikenal juga dengan nama Bumi Lancang Kuning. Provinsi Riau ini, adalah sebuah provinsi makmur yang terletak di tengah pulau Sumatra, dengan gross regional product per kapita sebesar USD 7.886 (2008).

Provinsi Riau beribukota di Pekanbaru yang disebut juga Kota Bertuah, berdasarkan Kepmendagri nomor Desember 52/I/44-25, pada tanggal 20 Januari 1959, Pekanbaru resmi menjadi ibu kota provinsi Riau menggantikan Tanjung Pinang. Namun pada tahun 2002, berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2002, Provinsi Riau kembali dimekarkan menjadi dua provinsi, yaitu Riau dan Kepulauan Riau.

Riau memiliki iklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar antara 2000-3000 milimeter per tahun, serta rata-rata hujan per tahun sekitar 160 hari. Udara di Riau tergolong panas dengan suhu udara rata‑rata  28,0 celcius dengan suhu maksimum 36,0 celcius dan suhu minimum 21,0 celcius.

Wilayah Adminstratif Provinsi Riau.

Keberadaan Provinsi Riau membentang dari lereng Bukit Barisan sampai ke Laut Cina Selatan, terletak antara 1o 15’ Lintang Selatan sampai 4o 45’ Lintang Utara atau antara 100o 03’ – 109o 19’ Bujur Timur Greenwich dan 6o 50’ – 1o 45’ Bujur Barat Jakarta.  Batas-batas Provinsi Riau bila dilihat posisinya dengan negara tetangga dan provinsi lainnya adalah sebagai berikut :
a. Sebelah Utara : Selat Singapura dan Selat Malaka
b. Sebelah Selatan : Provinsi Jambi dan Selat Berhala
c. Sebelah Timur : Provinsi Kepulauan Riau dan Laut Cina Selatan
d. Sebelah Barat : Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Berikut nama Kabupaten dan Kecamatan di Provinsi Riau :

Perekonomian

Bersumber dari Bps 2009, dihitung dari pendapatan per kapita, Provinsi Riau termasuk ke dalam 5 provinsi terkaya di Indonesia. (angka dalam ribu rupiah)  :

1. Kalimantan Timur    :  101.858

2. DKI Jakarta               :   74.065

3  Riau                             :   53.264

4  Kepulauan Riau        :   40.746

5  Papua                          :   26.615

Alhamdulillah Riau, dilimpahi begitu banyak kekayaan Sumber Daya Alam, seperti :

  1. Kandungan minyak bumi, gas alam, batubara, dan emas yang melimpah. Riau sendiri merupakan provinsi penghasil minyak terbesar di Indonesia, mulai dari awal eksplorasi tahun 1939 hingga sekarang total minyak yang telah disumbangkan dari eksplorasi di Riau mencapai lebih dari 11 Milyar barel.
  2. Industri, kayanya akan Sumber Daya Alam membuat pertumbuhan Industri berkembang pesat dalam mengolah SDA tersebut. Beberapa perusahaan besar tersebut diantaranya  Perusahaan Minyak PT. Pertamina di Dumai, Chevron Pacific Indonesia anak perusahaan Chevron Corporation yang tersebar di beberapa daerah Dumai-Duri-Minas, Perusahaan Minyak Daerah Bumi Siak Pusako dan Riau Petrolium.  Perusahaan Batubara PT. Riau Baraharum. Pabrik Kertas  PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk di Perawang Kabupaten Siak , PT. Riau Andalan Pulp & Paper di Pangkalan Kerinci, dll.
  3. Hasil perkebunan dan pertanian.  Perkebunan yang berkembang adalah perkebunan karet dan perkebunan kelapa sawit, baik itu yang dikelola oleh negara ataupun oleh rakyat. Selain itu juga terdapat perkebunan jeruk dan kelapa. Untuk luas lahan perkebunan kelapa sawit saat ini propinsi Riau telah memiliki lahan seluas 1.34 juta hektar. Selain itu telah terdapat sekitar 116 pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) yang beroperasi dengan produksi coconut palm oil (CPO) 3.386.800 ton per tahun.
  4. Hasil Hutan. Riau awalnya terkenal dengan hasil hutannya, namun saat ini mengalami masalah illegal logging yang  juga di hadapi oleh daerah lain di Indonesia.  Pengusahaan hutan yang mengabaikan aspek kelestarian telah menghilangkan tiga fungsi utama hutan, yaitu fungsi ekonomi jangka panjang, fungsi lindung, dan estetika. Dampaknya  adalah semakin luasnya lahan kritis, menurunnya produksi kayu hutan non HPH, sementara upaya reboisasi dan penghijauan belum optimal dilaksanakan😦.

Kependudukan

Jumlah penduduk provinsi Riau berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Riau tahun 2010 sebesar 5.543.031 jiwa. Kabupaten/Kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Pekanbaru dengan jumlah penduduk 903.902 jiwa, sedangkan Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk terkecil adalah Kabupaten Kepulauan Meranti yakni sebesar 176.371 jiwa.

Penduduk provinsi Riau terdiri dari bermacam-macam suku bangsa. Mereka terdiri dari Jawa (25,05%), Minangkabau (11,26%), Batak (7,31%), Banjar (3,78%), Tionghoa (3,72%), dan Bugis (2,27%). Suku Melayu merupakan masyarakat terbesar dengan komposisi 37,74% dari seluruh penduduk Riau. Selain itu di provinsi ini masih terdapat sekumpulan masyarakat asli yang tinggal di pedalaman dan pinggir sungai, seperti Orang Sakai, Suku Akit, Suku Talang Mamak, dan Suku Laut.

Dilihat dari komposisi penduduk provinsi Riau yang penuh kemajemukan dengan latar belakang sosial budaya, bahasa, dan agama yang berbeda, pada dasarnya merupakan aset bagi daerah Riau sendiri. Agama-agama yang dianut penduduk provinsi ini sangat beragam, diantaranya Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Berbagai sarana dan prasarana peribadatan bagi masyarakat Riau sudah terdapat di provinsi ini, seperti Mesjid Agung An-nur (Mesjid Raya di Pekanbaru), Masjid Agung Pasir Pengaraian, dan Masjid Raya Rengat bagi umat muslim. Bagi umat Katolik/Protestan diantaranya terdapat Gereja Santa Maria A Fatima, Gereja HKBP di Pekanbaru, GBI Dumai, Gereja Kalam Kudus di Selatpanjang, Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus di Bagansiapiapi, Gereja Methodist (Jemaat Wesley) di Bagansiapiapi. Bagi umat Buddha/Tridarma ada Vihara Dharma Loka dan Vihara Cetia Tri Ratna di Pekanbaru, Vihara Sejahtera Sakti di Selatpanjang, Kelenteng Ing Hok Kiong, Vihara Buddha Sasana, Vihara Buddha Sakyamuni di Bagansiapiapi. Bagi Umat Hindu adalah Pura Agung Jagatnatha di Pekanbaru.

Infrastruktur

Provinsi Riau memiliki fasilitas infrastruktur yang lengkap. Khususnya di kota Pekanbaru sarana seperti Jalan, Stadium, Pusat Perbelanjaan, Hotel, Sekolah, Rumah Sakit, Tata Kota / Kabupaten yang cukup bagus. Meskipun belum merata perkembangannya, masih berbenah-benah diri di area perkotaan saja. Semoga di kemudian hari desa-desa terpencil pun bisa tersentuh dengan sarana tersebut.

Provinsi Riau mempunyai beberapa perguruan tinggi, di antaranya Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Lancang Kuning, Universitas Abdurrab, Universitas Pasir Pengaraian, Politeknik Caltex Riau, dll.

Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru

Kantor Gubernur Riau

Perpustakaan Soeman HS Riau

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Kota Siak-Riau

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Universitas Riau

Politeknik Caltex Riau

Stadion Utama Riau

Opening Ceremony PON XVIII 2012 di Riau

Semenjak adanya otonomi daerah Riau tampaknya terus berbenah diri, semoga saja pembangunan bisa menyentuh ke daerah-daerah. Mengingat banyak sekali jalan-jalan daerah yang rusak, sekolah yang kondisinya memprihatinkan. Semoga Riau terus berkembang menjadi provinsi yang dicintai masyarakatnya.

Sumber : Wikipedia, skyscrapercity.com , dll.

Tagged: , , , , , ,

2 thoughts on “I ♥ Riau ~ Basic Info

  1. Afrioni September 22, 2012 at 11:15 am Reply

    waahhh.. tapi sayang ya,, penyelenggaraan PON-nya kurang maksimal,, tapi the best deh buat Riau..🙂

    • Eka Azzahra October 14, 2012 at 12:00 am Reply

      Maklum Riau bru pertama kali jd tuan rumah event besar kyk gini. Terlepas dr isu korupsinya yg bikin sesak napas, so go ahead Riau, Learning by doing rite ?…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: