Sayuran Favorit ^^ !

Sebagai pencinta sayuran, hampir semua jenis sayuran aku suka. Tapi aku belum mau jadi vegetarian, secara badanku kurus begini, kalo gak makan daging-dagingan gimana aku bisa nambah berat badan. Hehehe.

Jadi, ya begitulah hampir semua sayuran aku suka kecuali beberapa sayuran kayak daun dan bunga pepaya, rebung, dan nangka. Daun dan bunga pepaya itu yaaa kalo dimakan rasanya kayak dikasih racun, pahiiiiiiit nya bikin nangis, aha lebay !.Tapi khasiatnya bagus lho, bisa mengobati sakit malaria, tapiiii berkhasiat kayak gimanapun kalo nggak cocok di lidah ya gak doyan juga. Kalo rebung, ini tergantung kondisi, kalo yang masak pandai rasanya bakalan enak dan aku doyan. Tapi, kadang-kadang olahan rebung yang sering aku jumpai aroma-nya itu lhooo, kok sering bau pesing ya ??? jadi ilfeel mau makannya. Kalau nangka, dari rumor yang beredar bisa memicu kambuhnya sakit maag. Jadi, untuk amannya aku menghindari aja. Tapi beneran nggak sih nangka bisa bikin sakit maag ???

Dan, aku punya sayuran favorit  yang bener-bener aku suka. Mereka adalah :

  • Brokoli, ini sayuran aku sukaaaa banget. Sayuran ini nggak perlu dibumbuin aneh-aneh , cukup direbus aja udh enak. Rasanya manis dan krenyes-krenyes. Ohya masak brokoli nggak usah lama-lama, justru kalo dimasak kelamaan gizi dan khasiatnya bisa berkurang. Di brokoli mengandung sebuah senyawa bernama sulforaphane, yang diyakini berkhasiat untuk melawan kanker. Kandungan senyawa lain yang terdapat pada brokoli: air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, betakaroten, dan glutation. Selain itu, brokoli mengandung sulforafan dan iberin yang merangsang pembentukan glutation, mencegah gangguan pernafasan, meningkatkan daya kerja otak, mengatur tingkat gula darah, menetralkan zat penyebab kanker, melindungi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kecantikan kulit.

  • Jagung muda, sayuran ini enak banget dimasak untuk campuran cap cay, atau ditumis. Rasanya manis dan renyah. Bentuk juga lucu imut-imut J, hehehe. Ternyata selain enak untuk dimakan jagung muda bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Jenis penyakit yang dipercaya dapt disembuhkan oleh jagung muda ini adalah: Batu ginjal, Batu empedu, dan tekanan darah tinggi. Caranya  cukup meminum Air rebusan 5-7 tongkol dan rambut jagung muda tersebut.

  • Jamur, jenis yang biasa aku konsumsi adalah jamur tiram, jamur kancing, jamur kuping, dan jamur sawit. Bagi yang belum tahu, jamur sawit itu tumbuhnya banyak di area perkebunan kelapa sawit. Kebetulan di daerah saya tinggal (Riau) yang banyak terdapat perkebunan sawit, jadi jamur jenis ini mudah ditemukan. Harganya murah meriah, bentuknya sih jelek, tapi rasanya enak, kenyal, kayak rasa daging ayam gak kalah rasanya sama jamur-jamur lainnya. Jamur sawit ini, ups… hampir semua jamur enak diolah dengan cara apapun. Nyumm !

Jamur sawit - mirip jamur merang ya...

  • Kangkung, hampir semua orang suka kangkung deh kayaknya, tapi aku lebih suka kangkung darat daripada kangkung air (rawa). Rasanya lebih enak aja menurutku, dan penampilannya yang lebih cantik, batangnya lebih langsing dan tekstur daunnya yang licin mulus. Kangkung enak diapain aja, di tumis, di-cah, di sayur asem pun oke. Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (obat tidur) jadi nggak heran  kalo habis makan kangkung efeknya ngantuk Zzzzzzz.

  • Daun ubi (singkong), sayuran ini bisa dibilang selalu ada dirumah.  Ini karena orang tua saya hobi berkebun, dan kebun itu dipagari dengan tenaman singkong, jadi kapan pengen bisa langsung petik daunnya. Daun ini rasanya enak, biasanya daun ini untuk lalapan, nggak perlu ada lauk kalo makan sayur ini. Cukup daun singkong rebus ditemenin sambel cobek terasi, kami bisa makan sampe nambah ebrkali-kali, enak bah !. Orang tua saya yang berasal dari daerah Sumatra Utara punya menu favorit dari daun ubi ini yaitu gulai daun ubi tumbuk,sedaaap !. Daun ubi itu mengandung vitamin B17 sehingga merangsang hemoglobin sel darah merah. Daun ubi juga  dipercaya mampu mengusir Reumatik atau encok, sakit diare dan  sakit kepala.

  • Terong, uuuuuuh enaknya sayur yang satu ini, digoreng, dibakar, di balado, di sayur lodeh, di sayur asem, semua enaaaak !. Kandungan terong yang terdiri dari skoparon, skopolamin, skopoletin dan striknin membuat terong memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit epilepsi seperti kekejangan pada saraf, atau gugup/sawanan. Terong juga ber manfaat untuk menekan dan mengatasi arterosklerosi sehingga terong disebut juga sebagai buah penetral kerusakan pembuluh arteri.

Jadiiii, mudah kan kalo mau nraktir aku gak usah makan yang mahal-mahal. Di traktir, sayuran di atas, aku bakalan senang sekali. So, apa sayur favoritmu ???

Sumber: dari sini, sini, sini, dan sini.

Gambar dari Google.

Tagged: , , ,

Leave a Reply

