After Holiday

Well, udah habis aja libur semester ganjil ini. Dua mingguan liburan dirumah mengubah semua pola kehidupan, kebiasaan selama di kos. Perubahan yang lebih baik tentunya. Yah namanya tinggal sama orangtua, pastinya semua serba teratur. Jadwal makan, tidur, beraktivitas, bahkan untuk urusan ibadah juga terus dipantau. Inilah bedanya tinggal sendirian sama tinggal di rumah orangtua, gak bisa suka-sukanya sendiri.

Hmmm, saya  keenakan di rumah nih, jadinya gak ada nyentuh-nyentuh laptop buat nulis-nulis, hehe. Selama liburan aktivitas saya hanya dilingkungan rumah aja, sekali-kali jalan dan cari makanan enak bareng sahabatku Ika Rumi. Seneng  ngobrol seru sama dia, menikmati quality time yang jarang banget bisa dilewati bersama. Sahabatku ini udah lulus kuliah, sekarang sedang menikmati masa-masa bebas dan santai.

Selama liburan saya jadi juru masak lho, hahaha. Yah, orangtua saya dua-duanya bekerja, dan mereka sibuk. Nggak tega rasanya ngeliat Ummi saya capek pulang ngajar harus masak dulu untuk makan sekeluarga. Jadilah tenaga saya diberdayagunakan  selama dirumah, mengerjakan tugas-tugas ala ibu rumah tangga, masak, nyuci-nyuci, bersih-bersih, dll.

Alhasil, selama dua minggu ini saya jadi mahir masak-memasak, ya walaupun cuma masakan sederhana sih. Jujur, saya paling gak suka yang namanya masak dan mencuci-cuci, biarlah disuruh menyetrika baju sebanyak apapun asaal jangan masak dan nyuci. Tapi, mumpung sekali-kali di rumah dan nganggur, saya kerjakan deh tugas masak buat serumah.

Masak itu yang bikin males adalah prosesnya, memotong bahan makanan, mencucinya, dan mengolahnya dengan bumbu ini-itu dengan takaran yang pas. Saya takut dikritik sama Abi. Takut nggak sesuai dengan seleranya. Yah, Abi saya itu tipikal suami yang selalu makan masakan istrinya. Bagi Abi masakan yang paling enak adalah masakan Ummi, menurut saya pun begitu. Meskipun masakan yang di masak Ummi sederhana, bahkan cuma sambel terasi sekalipun, tetap terasa enak dan bikin selera makan meningkat. Anehnya, walaupun semua proses memasak saya lakukan sama persis seperti yang dilakukan Ummi , toh cita rasa masakan buatan saya  pasti berbeda dengan masakan Ummi.

Setelah masak beberapa kali masak, saya mulai percaya diri. Entah sekedar menyenangkan hati saya saja, Abi selalu bilang masakan saya enak. Hehehe🙂, rasa percaya diri semakin bertambah ketika adik saya selalu nambah kalo makan. Alhamdulillah berarti masakan saya lumayanlah rasanya, hahahaha… Senaaaaang !!! Semakin termotivasi nih untuk bisa jago masak, itung-itung persiapan untuk berumah tangga.

Menurut saya jadi ibu rumah tangga itu berat lho. Keliatannya aja kerjaan ibu rumah tangga itu-itu aja, ternyata kalo kamu kerjakan kerasa banget kerjaan ibu rumah tangga gak ada habisnya. Capek ??? pasti !. Salut sama ibu-ibu rumah tangga yang masih sempat berkarier di luar rumah. Saya jadi kefikiran nih, gimana capeknya ibu saya kalo harus ngerjain semua kerjaan rumah sendirian, pas saya lagi kuliah. Sedih, tapi gimana lagi demi kuliah, demi menuntasakan harapan orang tua, saya harus tinggal jauh dari mereka.

Dua minggu liburan,berkumpul dengan keluarga, seakan mengisi kembali baterai semangat yang udah mulai kosong. Yah, nggak ada yang ngalahin hangatnya kasih sayang dari keluarga, kebersamaan dengan mereka selalu memberi energy positif dan curahan semangat. Ah, belum apa-apa udah rindu ortu dan adikku tersayang, hiks😦. Setelah liburan ini saya harus siap-siap kembali menjalani aktivitas kuliah, dan kerja sambilan. Pastinya saya nggak boleh ngecewain harapan ortu untuk lulus kuliah semester ini. Saya harus fokus, nggak boleh main-main. Semoga proses proposal hingga skripsi saya lancar, nggak ada masalah yang berarti. Mudahkanlah ya Allah ya Rabb, semangaaaaaaaat !!!.

Welcome back to campus life.

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

