Antara berkendara dan Khamar

Beberapa hari yang lalu Indonesia berduka karena tragedi tabrakan maut di Tugu Tani, Jakarta. Miris sekali rasanya menyaksikan peristiwa tersebut. Betapa kematian dapat terjadi kapan saja, tanpa diduga-duga, siap atau tidak siap. Faktor takdir ataupun human error, adanya tragedi tersebut  memberi pelajaran pada kita bahwa berhati-hati dalam berkendara sangat penting. Berhati-hati dalam berkendara kesannya memang sepele. Seperti menggampangkan masalah. Tapi berat dalam pelaksanaanya. Hmm… seandainya saja para pengguna jalan mempunyai rasa tanggung jawab dan berhati-hati dalam berkendara, tentulah jalan raya bakal aman-aman saja. Wallahu’alam…

Menurut saya, yang terpenting dalam berkendara adalah konsentrasi dan kontrol diri. Konsentrasi tercipta dari fikiran yang jernih. Dengan fikiran yang jernih kita mampu menciptakan kontrol diri dalam berkendara. Kontrol diri ini yang susah. Berkendara dan kecepatan tinggi akan menimbulkan sebuah efek ketagihan, tidak sadar. Orang-orang yang berdarah nekat dan pemberani mungkin lebih sulit dalam mengontrol diri. Ia terbawa nafsu untuk ngebut dijalan raya, menikmati kecepatan dan bahaya yang ada. Ada juga yang sifat kompetitifnya tinggi, nggak mau kalah,  nggak suka didahului orang lain. Jadilah ia saling menyalip kendaraan lain agar merasa menang, memuaskan ego-nya sendiri.

Belajar dari tragedi tersebut, semua orang juga tahu kalo narkoba, khamar dan sejenisnya adalah  obat-obatan dan minuman yang mampu  menurunkan kesadaran (konsentrasi), mengacaukan  bahkan mampu memutuskan system syaraf otak. Amat disayangkan jika kita yang masih muda-muda ini make narkoba, minum –minuman keras (khamar). Nggak ada gunanya, nggak bermanfaat. Efek narkoba itu nggak hanya berdampak bagi  si pengguna aja, tapi secara langsung pasti akan berdampak buruk untuk orang lain dan lingkungannya.

Kadang saya speechless dengan pengguna narkoba dan kawan-kawannya yang lain itu. Nggak simpati !!!. Nggak ada keren-kerennya sama sekali, itu malah perbuatan yang snagat bodoh !. Gimana mereka mau peduli dengan orang lain, wong sama dirinya dan keluarganya sendiri aja nggak peduli. Semogalah saudara-saudara saya yang menggunakan nerkoba itu diberi hidayah oleh Allah, selagi masih diberi kesempatan untuk bertaubat dan berubah. Selagi mereka belum menjadikan orang lain korban atas tindakan buruk mereka.

Rasulullah mengatakan,  “Semua yang memabukkan itu adalah khamar, dan semua khamar itu haram” (HSR Muslim).

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Khamr itu adalah induk dari segala kekejian dan dosa besar yang terbesar. Barangsiapa yang meminumnya berarti ia telah berbuat zina terhadap ibu dan bibinya,” (hadits Hasan).

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Khamr itu induk segala kotoran, barangsiapa yang meminumnya Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari dan apabila ia meninggal sementara di dalam perutnya terdapat khamr berarti ia mati jahiliyyah,” (hadits Hasan).

Semoga keluargaku, teman-temanku, saudara-saudaraku dilindungi oleh Allah agar dijauhkan dari hal-hal yang haram seperti narkoba dan kawan-kawannya itu.

Selain konsentrasi dan kontrol diri dalam berkendara, masalah kelayakan kendaraan juga perlu diperhatikan. Setidaknya kita musti rajin-rajin ngecek atau men-servis kendaraan secara teratur. Jadi kita bisa secepatnya tahu kerusakan-kerusakan pada kendaraan kita sebelum terjadi hal-hal yang bisa berakibat fatal seperti kecelakaan.

Sebelum berkendara, hendaknya kita gunakan perlengkapan keamanan seprti helm, jaket,sarung tangan bagi pengguna sepeda motor. Ataupun pastikan sekurang-kurangnya menggunakan safety belt bagi pengendara mobil. Meskipun kedengarannya sepele, pastikan kita tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas, jangan sekali-kali melanggarnya. Terakhir, berdo’a serta bertawakkal mohon keselamatan kepada Allah Subhanahu wata’ala, semoga kita sampai dengan selamat di tujuan.

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: