Fallin’ in Love with Zaitun ♥

Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit, saya percaya minyak zaitun bener-bener bagus khasiatnya. Minyak zaitun ampuh banget untuk membantu menjaga kelembutan kulit dan menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Sip banget deh !. Awalnya saya pake minyak zaitun untuk sekedar merawat kulit aja, tapi setelah cari-cari info sana-sini dari gooling, saya menemukan banyak khasiat dan manfaat dari minyak zaitun…

Hebat bener nih buah zaitun…

Dalam seratus gram minyak zaitun mengandung 163 kalori, 70.8 persen air, 1,2 gram protein, 18.6 lemak, 1.7 gram serat dan 79 mg kalsium, 200 IU vitamin A, 0.01 mg vitamin B1, 0.18 mg vitamin B2, 0.1 mg vitamin B3, dan 3 mg vitamin C, 2.3 IU vitamin E. Kaya vitamin banget minyak ini. Dan ternyata minyak zaitun ini sudah digunakan dan dipercaya khasiatnya sejak berabad-abad lalu.

Karena minyak zaitun mengandung banyak vitamin E, jadi sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan sehat. Minyak zaitun kalo dioleskan bisa melembapkan kulit kering saat digunakan sebagai masker. Kemudian dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari jika dioleskan. Konon, para ratu dan putri di zaman Yunani kuno menggunakan minyak zaitun dalam ritual kecantikan mereka. Bahkan, kandungan minyak jenuh tunggal di dalamnya sangat bermanfaat dalam menghilangkan noda hitam pada kulit.

Minyak zaitun juga bisa melindungi kulit dari pertumbuhan bakteri, memberi perlindungan lebih dari serangan bakteri pada kulit. Mencegah rambut rontok, menjaga kelembapan kulit kepala sehingga mampu mencegah datangnya ketombe. Menghilangkan beragam penyakit kulit, seperti jamur, kulit bersisik dan lainnya. Intinya minyak zaitun itu bagus banget untuk merawat kecantikan kulit dari rambut sampai kaki. Subhanallah…

Manfaat minyak zaitu ternyata nggak cuma untuk perawatan kulit aja, minyak zaitun sangat bagus untuk kesehatan tubuh.  Seperti dilansir Reuters, disebutkan orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat terhindar dari bahaya kanker. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan kepada 182 orang.

Hasil penelitian menyebutkan, minyak zaitun terbukti mengurangi kadar hasil metabolik sekunder yang dapat menjadi salah satu faktor pemicu sel kanker. Oleh karenanya, para peneliti menganjurkan masyarakat Eropa untuk memasukkan minyak zaitun sebagai bagian dari diet mereka.

Dr Henrik E Poulsen dari Rumah Sakit Universitas Copenhagen, Denmark, mengatakan sangat menganjutkan untuk mengganti lemak hewani yang terkandung dalam mentega dan daging dengan lemak nabati, khususnya minyak zaitun. “Minyak zaiktun mengandung phenol yang dipercaya sebagai antioksidan pencegah kanker,” jelasnya.

Zaitun juga mengandung omega 9 yang erat kaitannya kolesterol. Omega 9 mampu menekan tingkat low density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Oleh karenanya, minyak zaitun juga sangat dianjurkan dalam diet penderita kolesterol dan jantung.

Selain itu minyak zaitun juga mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam aliran darah, menguatkan fungsi dan kesehatan kandung empedu. Menurunkan, menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Menurunkan asam lambung atau mencegah penyakit mag, bila dikonsumsi secara teratur tentunya.

Minyak zaitun sekarang udah mudah banget ditemukan. Apalagi semenjak pengobatan ala Nabi “Thibbun Nabawi” udah mulai popular di masyarakat. Di toko-toko obat herbal kita bisa menemukan berbagai jenis minyak zaitun sesuai dengan kebutuhan kita. Ada minyak zaitun yang dikemas dalam bentuk kapsul, dan ada yang dijual botolan (untuk dioleskan / digunakan untuk memasak).

Nggak heran kalo nama dari buah Zaitun ini di sebut-sebut Allah SWT didalam Al Qur’an, menunjukkan betapa besar khasiat yang dimilikinya.

”Demi pohon Tiiin dan Zaitun.” (At-Tin 1-2).

”Dinyalakan (dengan minyak) dari sebuah pohon yang diberkahi, (yaitu) zaitun yang tidak tumbuh di sebelah timurnya dan tidak pula disebelah baratnya, hampir-hampir minyaknya saja menerangi walaupun tidak disentuh api.” (An-Nuur ayat 35).

”Dan pohon yang (tumbuh) keluar dari Tursina, yang (pohon zaitun) itu menghasilkan minyak dan menjadi kuat bagi orang-orang yang makan.”  (Al Mukmin ayat 20).

Demikian pula didalam hadits Rasulullah Saw, beliau bersabda,

”Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR Abu Daud).

Subhanallah, walhamdulillah Allah SWT menciptakan tumbuhan yang begitu besar bagi umat manusia, ayo pake minyak Zaitun !!!

Tulisan ini bersumber dari sini, sini, dan sini

Tagged: , , , , , , ,

3 thoughts on “Fallin’ in Love with Zaitun ♥

  1. imardiantoro February 24, 2012 at 7:37 am Reply

    Terima kasih atas tulisannya. Selain untuk penderita kolesterol dan jantung, apakah dapat juga untuk pencegahan penyakitnya ya?

    • Eka Azzahra February 26, 2012 at 11:43 pm Reply

      InsyaAllah bisa, untuk pencegahan selain mengkonsumsi zaitun akan lebih baik lagi jika ditambah dengan mengkonsumsi Habbatus sauda (jintan hitam). Manfaatnya akan lebih terasa… Selamat mencoba ^^

  2. yosephvera January 27, 2014 at 2:45 pm Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: