Seputar Kosmetik^^

Yang namanya wanita udah fitrahnya suka yang indah-indah, suka merawat diri, suka kelihatan bersih dan cantik. Wanita itu nggak bisa dipisahkan dari yang namanya kosmetik. Umumnya wanita menggunakan krim pelembab, bedak,body lotion, lip gloss, dll.

Meskipun kita pake kosmetik, tapi syariat harus  agama tetap diutamakan, ada batasan bagi wanita untuk tidak berlebihan. Tidak tabbaruj, tidak menor, dsb-lah. Gunakan kosmetik dengan tujuan untuk menjaga kesehatan kulit, sebagai wujud syukur nikmat kecantikan yang diberikan Allah Subhanallahu wata’ala.

Istilah kosmetik, yang dalam bahasa Inggris “cosmetics”, berasal dari bahasa Yunani “kosmētikos” yang berarti kecakapan dalam menghias; juga dari kata “kosmein” yang berarti menata atau menghias. Kata ini memiliki akar kata dari “kosmos” yang merujuk kepada keteraturan (order) dan harmoni dari seluruh semesta, juga merupakan bentuk atau struktur suatu benda. Dalam hal ini istilah kosmetik lebih dekat pengertiannya kepada sesuatu yang diletakkan pada anggota tubuh perempuan guna menjaga terpeliharanya keutuhan lingkungan alam, juga agar terbentuk suatu keteraturan (order) dan harmoni dari tubuh dan pikiran.

Kosmetik itu sendiri udah ada dari zaman dulu lho, Kosmetik—sejauh yang diketahui oleh para arkeolog—pertama kali digunakan di Mesir pada 4000 tahun SM yang dibuktikan dari sisa-sisa artefak yang kemungkinan digunakan untuk tata rias (make up) dan untuk penggunaan salep pewangi.

Orang yang pertama kali menggunakan kosmetik untuk wajahnya adalah Nabi Yusuf ketika menjabat sebagai wazir di negeri Mesir. Namun, berbeda dengan tujuan penggunaan kosmetik pada saat ini, Nabi Yusuf justru menggunakan kosmetik untuk menutupi ‘kecantikan’ wajahnya, yang bahkan digambarkan bisa membuat perempuan-perempuan Mesir menyayat tangannya sendiri akibat terpesona.

Kemudian bersamaan dengan permulaan era Kristen, kosmetik pun menjadi digunakan secara luas di Kekaisaran Romawi. Kohl (sebuah preparat yang diolah dari jelaga atau antimony2), misalnya, digunakan untuk menghitamkan bulu mata dan alis mata serta untuk mempertegas garis bentuk kelopak mata. Pemerah muka digunakan untuk pipi, dan berbagai bedak pemutih digunakan untuk mensimulasi atau menambah kewajaran corak kulit. Sedang minyak mandi digunakan secara luas, serta berbagai bahan abrasif yang digunakan sebagai pasta gigi, dan parfum, yang baru digunakan belakangan, diolah dari wewangian floral dan herbal yang diperoleh dari resin alami sebagai fiksatif.

Hmmm, kalo yang dari saya amati, kosmetik yang paling laris saat ini produk kosmetik pemutih kulit. Saya sendiri nggak tertarik  dengan penggunaan kosmetik pemutih. Nggak suka aja ngeliat kulit yang warnanya beda jauh antara kulit wajah dengan kulit tangan. Lagian saya suka kok sama warna kulit saya yang coklat, kesannya nggak pucat. Kadang sirik juga siih ngeliat temen yang mukanya kinclong bersinar, tapi kayaknya emang dasar kulitnya yang putih dan bagus, plus dirawat pake kosmetik yang tepat makin bersinar laaaaah🙂

Dari pengalaman menggunakan kosmetik, saya memilih kosmetik yang menjaga kesehatan kulit daripada memutihkan. Kulit bersih dan sehat lebih bagus daripada kulit putih yang nggak alami, karena berkesan pucat atau memerah berminyak pas kena matahari. Untuk memilih kosmetik biasanya saya menyesuaikan dengan jenis kulit saya yang kombinasi. Kering di area pipi, tapi berminyak di area hidung, dagu, dan dahi. Sebaiknya kalo teman mau membeli kosmetik dites dulu di area lengan atau leher belakang, kalo efeknya gatal atau memerah, jangan beli atau di stop.

Saya tuu tipe orang yang ogah ganti-ganti kosmetik, pernah dulu mencoba krim buatan Cina yang katanya bisa membuat kulit wajah terasa dingin, sejuk. Saya lupa mereknya apa, saya tergiur dengan bujuk rayu seorang teman dan harganya yang murah. Murah banget lho, kalo nggak salah 5000 ribu  untuk satu tube. Setelah dua hari pemakaian, kulit wajah saya jadi bintil-bintil gitu, kayak biang keringat. Apes dah😦. Langsung saya hentikan dan dua hari kemudian kulit saya normal. Huuuuuuh, saya antiiii banget deh sama kosmetik produk Ci*a yang mereknya gak jelas😦.

Dan sekarang saya puas dengan kosmetik yang saya pakai sekarang, biar kata orang kosmetik saya nggak beken tapi cocok banget buat kulit saya. Puas deh, Nggak mau ganti-ganti lagi🙂 !. Eh, saya mau share nih, kosmetik apa aja yang biasanya saya pake sehari-hari. Bukan untuk promosi lhoooo…

Kosmetik-kuuu

  • Untuk pelembab, saya pake BB Cream dari Maybelline. Krimnya bagus dan ringan untuk alas bedak, plus SPF 26. BB cream ini kalo dipake warnanya rada putih, jadi di pakenya tipis-tipis aja, setelah di baurkan ke kulit warnanya jadi gak putih lagi, menyatu sama warna kulit kita. Kadang saya gak perlu pake bedak lagi setelah pake cream ini.🙂
  • Untuk bedaknya, saya pake bedat padat dari Fanbo Gold, merek jadul emang. Tapi saya udah pake bedak ini dari zaman SMA, nggak ada masalah dan nyaman. Bedaknya ringan jadi nggak menor, trus katanya kadar Kimia di bedak ini nggak terlalu tinggi, jadi aman buat kulit.
  • Untuk body lotion saya biasanya pake Vaseline, tapi saya cobain Body Butter Zaitun-nya Mustika Ratu. Melembabkan banget, tapi rada berminyak sih di kulit, nggak begitu cepat meresap.
  • Untuk krim malam, saya pake Cream Zaitun Mubarok. Bagus lho, bikin kulit halus banget, noda bekas jerawat juga cepat hilang.
  • Untuk pelembab bibir, saya pake Hydrogloss dari Wardah. Nyaman, warnanya lembut nggak menor.
  • Untuk Facial wash dan masker wajah, saya pake Acnes yang anti jerawat. Sejauh ini cocok.
  • Terakhir, saya pake celak arab. Nggak tau mereknya apa, tapi celak ini bentuknya seperti crayon, dan ada mint-nya. Kalo dipake, mata terasa adem. Ohya, pake celak itu sunnah Rasul lho…

“Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut” (HR. At Tirmidzi no.1679 dalam Sunan-nya bab Maa jaa-a fil iktihaal, Ahmad no.15341 dalam Musnad-nya) At Tirmidzi berkata: “Hadits ini hasan gharib”.

Ayo pakai kosmetik dengan aman !!!

Catatan :

Definisi kosmetik saya ambil dari blog ini.

Foto punya saya sendiri doooong🙂.

Tagged: , , ,

26 thoughts on “Seputar Kosmetik^^

  1. kartikalyna January 11, 2012 at 3:59 am Reply

    waaah.. produk yg ga terlalu berat sist…
    kosmetik ga harus mahal, yg penting cocok aja..
    hihihi🙂

    • Eka Azzahra January 15, 2012 at 6:18 pm Reply

      Bener banget tuh mbak, yang penting cocok di kulit ajah…

  2. ayu February 13, 2012 at 9:16 am Reply

    cream zaitun mubarok beli dimana ya?

    • biyung December 20, 2013 at 2:38 pm Reply

      saya jualan cream zaitun mubarok insyaallah bisa kirim ke alamat anda,,hub via sms atw call 0274 6593661 bu yati yogya

  3. Eka Azzahra February 14, 2012 at 1:38 am Reply

    Saya beli di toko obat herbal di dekat rumah mbak,,, coba di cari di toko-toko obat herbal Muslim di daerah mbak…

  4. Alley Hardhiani May 13, 2012 at 10:47 am Reply

    Saya dari jaman SMP nyobain berbagai macam produk buat ngilangin jerawat, tapi tetep ga da yang ampuh. Habis lulus SMA akhirnya pake yg dokter kulit..ampuh sih…tapi harganya bikin bokek. Mau ganti produk lain bahkan sempat ganti dokter kulit pula, hasilnya tetap lebih ampuh dokter kulit yg lama. Bersyukur dah buat yang punya kulit bagus dan ga butuh perawatan ribet. Beauty is expensive T.T

  5. Eka Azzahra May 14, 2012 at 10:02 pm Reply

    Dulu saya smpat juga jerawatan sih mbak, ada niat sih ke dokter kulit, tapi dilarang teman. Katanya ketergantungan, tpi sya blum tau pasti bener atau nggak. jadi, cara saya ngilangin jerawat cuma rajin-rajin peeling, maskeran, sama pijat muka pake minyak zaitun mbak. Alhamdulillah jearawat saya skrg muncul cuma sekali2 aja kalo PMS.
    Mungkin mbak mau mencoba khasiat dr minyak zaitun ???

  6. Ayuni chani December 25, 2012 at 12:22 pm Reply

    kak..mau tanya..untuk cream malam zaitun mubarok beli dimana ya? waktu itu saya cuma nyoba beli yang buat pagi..terus bekas jerawatnya belum ilang sih..mungkin sekalian pake yg krim malamnya..beli dimana ya? saya belinya waktu pameran dan sekarang ga tau beli dimana tempat aslinya.. thanks kak..

    • Eka Azzahra December 25, 2012 at 2:28 pm Reply

      Krim zaitun mubarok kalo di kota saya Pekanbaru, ada di jual di toko-toko herbal Muslim. Saya nggak tau di kota-kota lain tersedia di toko apa. Kalo nggak ada krim zaitun, gunakan aja minyak zaitun murni. InsyaAllah bisa kok buat menghilangkan noda-noda di wajah…

      • Madyafa June 20, 2013 at 2:04 am

        Mbak,mnyak zaitun murni itu bs dibeli dtoko apa ya? Atao diapotek?

      • Eka Azzahra June 22, 2013 at 4:58 pm

        Minyak zaitun murni ada di toko-toko herbal muslim, apotek biasanya juga ada menyediakan kok mbak…

  7. supplier kosmetik murah June 30, 2013 at 2:41 pm Reply

    Thank you for sharing your thoughts. I really appreciate your efforts and I
    am waiting for your further post thank you once again.

  8. biyung December 20, 2013 at 2:30 pm Reply

    he3…komplit mbak iklannya…

  9. yeeyy September 2, 2014 at 8:44 am Reply

    ini saya coba pake cream zaitun mubarok sist, bener ya ampuh ? biasanya berapa lama bekas jerawat hilang ? thx.

    • Eka Novita September 2, 2014 at 12:34 pm Reply

      berapa lama-nya saya kurang perhatikan juga ya mbak, Tapi yg saya coba dg make teratur sebagai pelembab, alas bedak, terus krim malam… kira-kira dua mingguan udh lumayan memudar noda-nya. memang lumayan lama sih🙂

  10. yeeyy September 2, 2014 at 1:59 pm Reply

    Yang buat pake alas bedak itu sama kan sama yang buat krim malam ? ato beda jenis sist ?

    • Eka Novita September 2, 2014 at 9:54 pm Reply

      iya cream zaitun mubarok itu kujadikan alas bedak, pelembab, dan krim malam. Multifungsi🙂

  11. yeeyy September 3, 2014 at 7:13 am Reply

    Hehe, 1 untuk semua ya sist, oke deh, thx ya sharingnya. . .

  12. Giba Shin December 10, 2014 at 11:49 pm Reply

    mbak, kalau boleh ksh saran, sebelum pke bb cream/foundation pke cream dlu sprt make up base spy kulit gak terasa kering dan penting tuk perlindungan sel-sel kulit bagian dalam..🙂

  13. vita March 19, 2015 at 3:03 pm Reply

    . assalamu’alaikum mbak eka🙂 .
    . salam kenal saya vita .
    . seneng bgd baca” posting mbak🙂 .
    . oh ya mbak mau tanya nih klo untuk krim malam mbak kan pakeg Cream Zaitun Mubarok itu purchase nya dimana ya mbak ? aku dr smp smpeg sekarang setia bgd pakeg pelembab pond’s sama bedak marck’s cuman klo malam masih takut mbak pkai krim tapi aku googling katanya minyak zaitun itu baik buat kulit ,, .

    bagi info ya mbak ^_^ .

    • Eka Novita March 22, 2015 at 6:12 pm Reply

      Walaikumsalam Vita, makasih udah mampir dan baca-baca. Cream Zaitun Mubarok biasanya aku beli di toko obat herbal muslim. Mungkin bisa dikunjungi toko-toko herbal yg ada di kota Vita tinggal🙂.

      • vita March 22, 2015 at 6:46 pm

        . makasih ya mbak ,, coba saya hunting deh di surabaya . 🙂

  14. cha_sienna June 26, 2016 at 1:06 am Reply

    Halo sis, koreksi aja, yg dari mustika ratu itu body butter bukan body lotion, jd FYI bukan dipake harian tapi buat melembabkan kulit malam hari sblm tidur makanya lebih lengket. cmiiw

  15. Eka Novita July 1, 2016 at 1:17 am Reply

    Thankyou koreksinya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: