Jangan Tunda Lagi !

Waktu sangat berharga, kehidupan kita sangat di batasai oleh waktu. Hari-hari kita lewati begitu saja, sesaat demi sesaat. Semua berlalu begitu  cepatnya. Begitulah. Kehidupan kita berpindah dari pagi ke petang, dan dari petang hingga  pagi kembali. Sungguh saya merupakan orang yang sering lalai oleh waktu. Saudaraku, saya hanya ingin berbagi. Berbagi sebuah nasihat yang sebenarnya diperuntukkan bagi diri sendiri.

Sebagian orang yang bijak berkata, “Jika seseorang memasuki waktu pagi,  hendaklah ia berniat dengan empat perkara. Pertama, melaksanakan yang diperintahkan  Allah. Kedua, menjauhi laranganNya. Ketiga, inshaf (berbuat adil) terhadap orang  yang ada diantara mereka, dan dalam bermu`alamahnya. Keempat, ishlah (memperbaiki  hubungan) antara ia dengan musuh-musuhnya. Apabila ia berada di atas niat ini,  maka aku berharap ia termasuk orang yang shalih dan beruntung.”

Rasulullah bersabda, “Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang lima perkara. Masa mudamu sebelum  masa tuamu, sehatmu sebelum tiba masa sakitmu, kayamu sebelum tiba masa fakirmu,  masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan hidupmu sebelum masa matimu”. (Riwayat  Al Hakim, Shahih Thargib Al Albani, 3355).

Manusia diliputi banyak harapan, keinginan, cita-cita, dan angan-angan. Kadang sulit rasanya membedakan antara itu semua. Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Yang akan terlahir karena banyaknya berangan-angan  adalah kemalasan menjalankan ketaatan, menunda-nunda taubat, ambisi terhadap  dunia, lupa akhirat, serta mengeraskan hati. Karena kelembutan dan kejernihan  hati terbentuk hanyalah dengan mengingat kematian, alam kubur, pahala, dosa  dan dahsyatnya hari kiamat.

Sungguh, hanya Allah-lah yang mampu memberikan petunjuk dan hidayah bagi kita. Semoga kita salah satu manusai yang mendapatkannya. Hingga terketuk hati kita untuk memulai kebaikan mulai dari saat ini. Saudaraku, hendaknya kita mulai hari dengan berdzikir kepada Allah , sebagaimana  diajarkan Rasulullah :

Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah Dia mematikan  kami, dan hanya kepadaNya kami kembali. (HR Bukhari).

Kemudian lakukanlah hal ini dalam hari-harimu, jangan lagi ada kata menunda untuk menjemput amalan baik !

  • Sambut  harimu dengan niat yang benar, berazam (bertekad) berbuat taat, menjauhi maksiat dan tidak lupa meminta kepada Allah taufikNya menuju keridhaanNya.
  • Janganlah dirimu melupakan dzikir kepada Allah.
  • Laksanakanlah perintah-perintah Allah yang telah diwajibkan kepadamu, terutama shalat lima waktu ketika muadzin memanggilmu.
  • Tahanlah sifat yang merugikan kaum muslimin. Berikanlah kasih-sayang kepada orang-orang lemah dan ajarilah orang yang tidak mengetahui.
  • Tersenyumlah di hadapan kaum muslimin. Karena itu merupakan shadaqah.
  • Jadikanlah dirimu sebagi orang yang suka memberi nasihat di hadapan muslimin, dan jangan melalaikan mereka.
  • Cintailah kebaikan pada kaum muslimin, sebagaimana engkau mencintai kebaikan untuk dirimu sendiri.
  • Janganlah meremehkan amal kebaikan, meskipun hal itu remeh menurutmu.
  • Janganlah engkau membiarkan berlalu satu kesempatan pun untuk bertaqarrub kepada Allah.
  • Semangatlah memperbanyak mengintai kebaikan, sebagaimana engkau bersemangat mengintai harta dunia.
  • Jauhilah tempat-tempat syubhat (merugikan).
  • Jauhkanlah dirimu dari segala sesuatu yang membawa ke dalam kemaksiatan kepada Allah.
  • Berniatlah selalu untuk berbuat kebaikan dan menjauhi yang haram. Di dalam niat berbuat baik terdapat balasan dan pahala.

Tulisan saya ini bersumber dari sini. Ayo semangat saudaraku !!!

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: