Sakit Maag

Hampir semua anak kos dan mahasiswa (lebih tepatnya semua orang)  pernah ngerasain sakitnya Maag ataupun gejalanya, Huhuhuhu… Bagi anak kos sakit maag didapat kemungkinan  karena pola hidup kita yang kurang teratur kali yaa ?. Saat ini maag saya lagi kambuh (La ba’sa thohurun InsyaAllah), di saat sakit maag gini saya sempetin googling, cari tahu gimana cara meredakan sakit maag, walaupun udah minum obat maag tetep aja masih nyeri, rasanya pengen banget nelfon ortu, tapi takut malah bikin mereka khawatir, coba cari solusi sendiri dulu ah !!!…

Dari hasil googling saya temukan, sakit maag itu dalam bahasa kedokteran sekarang disebut sebagai Dyspepsia, bukan merupakan penyakit yang asing bagi kita. Baik gejala maupun pengobatannya masyarakat umum sudah banyak mengetahuinya. Meskipun demikian pengetahuan masyarakat tentang akibat atau komplikasi yang akan muncul bila kejadian sakit maag ini berulang belum banyak diketahui.

Kelainan lanjut mulai dari tukak lambung (ulcus pepticum), reflux gastroesofageal (gastroesofageal reflux disease) hingga Zollinger – Ellison dapat terjadi akibat kejadian berulang dari dyspepsia ini. Hiiiiy, jangan sampai lah kena tukak lambung. Pernah dengar cerita dari teman yang sampai masuk rumah sakit gara-gara tukak lambung… oooooh gak kebayang sakitnya.

Umumnya mereka yang sakit maag merasakan gejala-gejala seperti nyeri, rasa panas, melilit ulu hati terutama saat perut kosong. Biasanya nyeri akan membaik segera setelah makan dan minum, tetapi beberapa jam kemudian muncul lagi. Tidak jarang gejala yang muncul berupa mual, muntah, kembung, hilang nafsu makan dan badan lemah.

Sakit maag dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, rangsangan produksi asam lambung oleh berbagai sebab dan obat-obatan yang dapat menyebabkan perih di lambung.

Pemakaian berbagai obat misalnya obat pereda nyeri dan radang dari golongan salisilat seperti aspirin/asetosal ternyata dapat mengiritasi dinding lambung sehingga perut terasa perih. Oleh sebab itu, obat ini sebaiknya diminum setelah makan.

Gaya hidup ikut andil dalam menyebabkan seseorang sakit maag seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas, coklat, minum alkohol dan kopi. Hal ini disebabkan makanan & minuman tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Kebiasaan makan tidak teratur dan merokok juga meningkatkan risiko sakit maag.

Faktor psikis memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan produksi asam lambung. Waspada bila Anda sering merasa cemas, emosi atau stres. Bisa-bisa, produksi asam lambung meningkat dan terserang sakit maag.

Disini ada beberapa tips untuk para penderita maag (termasuk saya) yang mungkin dapat membantu dalam mencegah munculnya, mengobati gejala hingga mencegah munculnya komplikasi yang ada :

1. Berusahalah untuk selalu makan teratur.
2. Sebaiknya sering makan makanan dalam porsi kecil untuk menghindari agar lambung tidak   kosong.
3. Hindari makan makanan yang bersifat asam dan pedas karena dapat memproduksi gas dalam lambung dan dapat merangsang lambung.
4. Hindari minum minuman beralkohol, kopi dan sebaiknya jangan merokok.
5. Makan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan untuk memperlancar saluran pencernaan.
6. Olahraga teratur untuk meningkatkan stamina dan memperbaiki kondisi fisik.
7. Hindari keadaan-keadaan yang dapat memacu asam lambung seperti stress, karena stress merupakan faktor psikis yang dapat merangsang asam lambung.
8. Cobalah untuk berobat secara teratur.
9. Siapkan persediaan antasida/obat maag dalam rumah maupun selama kegiatan diluar rumah untuk mengatasi keadaan darurat.

Yakkk, baiklah harus segera merubah pola hidup nih kayaknya, sehat itu nikmat Allah yang sangat berharga, semangat !!!

Tagged: , , , , ,

4 thoughts on “Sakit Maag

  1. mbojosouvenir October 28, 2011 at 5:21 pm Reply

    terima kasih info nya yah, saya juga sering mengalami maag, biasanya karena psikis. Apalagi waktu S1 dulu mendekati ujian, dikit2 mual2 kalo belum makan😀 apalagi sebelum masuk ruang ujian, bisa2 hampir muntah di pintu masuk. saking kepikiran takut ga bisa jawab. tapi sekarang alhamdulillah sudah sering melatih tetap tenang, ga terlalu memikirkan terlalu dalam hal yang ditakutkan. Salam kenal yah. kunjungi juga blog kami🙂

    • Eka Azzahra October 28, 2011 at 10:18 pm Reply

      ya sama2, hampir semua orang pernah ngalamin sakitnya maag , InsyaAllah saya mampir…

  2. chy-meong October 31, 2011 at 12:59 pm Reply

    persatuan MAGG sedunia
    hiks,,,,hiks,,,,
    beginilah nasib penyakit magg…
    di isi sakit
    g’ diisi sakit juga

    • Eka October 31, 2011 at 4:24 pm Reply

      ya emang kyk gitu tuh rasanya sakit maag, serba salah … hehehhehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: