Begadang Ups…!!!

Kemarin saya benar-benar gak habis pikir dengan diri saya ini !!!

Memang sudah cukup lama saya mengalami  jam tidur terganggu, saya gak bisa tidur kalo tidak lewat tengah malam, kira-kira jam 1 atau 2 malam saya baru bisa tidur. Walaupun malam saya tidur terlambat, kelewat larut, tapi saya harus bangun sholat subuh dan siap-siap kuliah pagi. Kadang, kalau mata kelewat ngantuk gak jarang abis sholat subuh saya tidur lagi. Dan ketika bangun badan saya bener-bener gak karuan rasanya, jadi agak-agak demam gitu. Hhhhhuuuuufffthh… Saya tersiksa banget sebenernya dengan pola tidur kayak gini, kerasa banget saya jadi gak produktif, bawaanya cepat capek, kalau siang waktunya kita beraktivitas, saya malah bawaannya mau molor terus. Nyiksa banget deh ! gak enak .

Saya itu udah berusaha untuk mencapek-capek kan diri di waktu siang, dengan harapan malamnya saya bisa tidur lebih cepat. Namun, banyak banget godaan yang harus saya hadapi untuk tidur cepat. Internet bener-bener menggoda, ia memanggil-manggil saya untuk sekedar googling, chatting, browsing, meskipun saya dalam keadaan capek berat, atau ngantuk berat, huuuuuuuuuaaaaaa !!!  Sekali saya buka internet, ngantuk saya hilang dan saya gak sadar betapa banyak waktu yang udah terlewati, tau tau udah jam 2 malam aja. Ampuuuun deeeh…  Saya bener-bener ingin mengubah pola tidur saya ini sebelum terlambat, dan saya jadi insomnia. Saya merasa emang gak ada manfaatnya tidur kelewat larut.

Aisyah ra berkata: “Tidak boleh begadang kecuali untuk tiga hal: Orang yang sholat, pengantin atau musafir.”

Nah, yang bikin saya kecewa berat dan gak habis pikir dengan diri saya adalah… Bisa-bisanya saya gak tidur semalaman, dan tanpa saya sadari kapan saya tidur, tiba-tiba saya udah terbangun jam setengah 6 sore !!! Emang sih waktu itu saya lagi “dapet” jadi gak ada kewajiban untuk sholat, plus gak ada kuliah hari itu. Tapi saya nyeseeeel banget, kok rasanya saya menyia-nyiakan waktu satu hari tanpa melakukan aktivitas apapun, bener-bener ngerasa useless banget ! hiks😥

Pas bangun saya cuma bisa bengong  ngeliatin jam, bener gak sih udah jam setengah 6 sore ??? Ampuuun deh. Tiba-tiba saya jadi kefikiran sama orang tua saya. Mereka dari pagi sampe sore pasti masih sibuk beraktivitas, kerjain apapun yang bisa di kerjain, eh anaknya yang gak perlu kerja, kuliah tinggal kuliah gak perlu susah payah malah ngorok seharian.

Dari Abi Barzah Al-Aslami ra bahwa Nabi saw bersabda: “Tidak akan melangkah dua kaki seorang hamba sehingga Allah akan bertanya kepadanya tentang umurnya di manakah dia pergunakan, tentang ilmunya apakah yang dikerjakan dengannya, tentang hartanya dari manakah dia mendapatkannya dan kemanakah disalurkan dan tentang jasadnya untuk apakah dia menghabiskannya”. [Sunan Tirmidzi: 4/612 no: 2417]

Duuuuuuh, saya gak mau digolongkan kedalam manusia yang menyia-nyiakan waktu, saya harus mengubah pola tidur saya secepatnya. Saya bener-bener gak enak hati ma orang tua saya, dan saya kesal dengan diri saya. Semoga ini gak terulang lagi kedepannya. Malam ini saya harus tidur cepat, pokoknya sekitar jam 12 malam internet harus udah mati, dan saya tampaknya harus mengikat diri saya ditempat tidur dan me-lak ban mata biar tetep merem (kok berlebihan sekali ya???). Hmmmm, sepertinya saya tidak akan sanggup berbuat kayak gitu, rasanya cara yang paling efektif adalah saya harus matikan internet, berwudhu, berdzikir, dan berdo’a agar segera diberi kemudahan untuk tidur dan bangun cepat keesokan harinya. Semoga ini berhasil.

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Rasulullah Muhammad saw jika mau tidur berdoa, “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa” (Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup) Bila bangun tidur berdoa, “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.” (HR. Muslim)

Aisyah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw berbaring di tempat tidurnya, beliau kumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya dan dibaca pada keduanya surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudian disapunya seluruh badan yang dapat disapunya dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepalanya, mukanya dan bagian depan dari badannya. Beliau lakukan hal ini sebanyak tiga kali.” (HR. At Tarmidzi)

Tagged: , , , , , ,

One thought on “Begadang Ups…!!!

  1. Afrioni Online October 21, 2011 at 10:14 pm Reply

    waaaahhh,, coba ubah lagi pola tidurnya,,,terkadang ane sama juga ne yg spt itu.. tp bisa ane ubah sedikit demi sedikit..

Leave a Reply

